Mendadak saya teringat tentang kehidupan saya beberapa windu yang lalu.. Tepatnya saat saya pertama kali menginjakkan kaki saya di kota Yogyakarta. Di sana, saya berjuang untuk masuk ke universitas favorit saya, dan... ditolak. Lalu saya melarikan diri ke universitas kurang favorit saya, dan... diterima.

Duh.. Kenapa tulisan gue jadi kayak bapak-bapak gini?

Nah, singkat cerita, setelah diterima, gue pun nyari kost-kostan buat gue tinggalin selama gue kuliah. Tapi kesalahan gue waktu itu adalah minta orang lain nyariin kost-kostan buat gue, tanpa gue cek lokasinya kayak apa. Soalnya waktu itu gue kudu balik ke sragen dulu buat ngambil ijazah, jadinya gue nitip duit ke temen gue buat nyariin kost dan buruan dibayar sebelum diserobot orang.

Setelah gue ngambil ijazah, gue balik ke Jogja dengan membawa barang-barang gue. Tapi gue shock begitu mengetahui kondisi kostan gue yang dipilihin ama temen gue itu. Selain kumuh, gelap, jamban nyambung ke sungai, ternyata juga sempit. Kalo gak salah, ukuran kamarnya 2x2,5 meter. Gue masukin kasur, pintunya udah gak bisa ditutup. PENUH!! -_______-"

Nah, dari pengalaman di atas, gue mau berbaik hati sama kalian, adek-adek yang mau masuk kuliah, biar gak mengulangi kesalahan yang sama kayak yang gue lakuin dulu. Penasaran? Cekidot:

1. Pilih Sendiri

Nyari kost itu kayak nyari cewek. Nggak enak kalo dijodohin orang. Paling tepat, kita harus nyoba ngecek sendiri, kenali sendiri, pedekate sendiri, sehingga cocok atau nggak nya ketauan dari awal. Dengan begitu elo gak bakal nyesek di belakang.

2. Mulai Lebih awal

Buat catetan para adek-adek mahasiswa baru nih. Bulan depan kan udah hampir mulai taun ajaran baru, so, bakal banyak mahasiswa-mahasiswa baru lain yang bakal nyari kostan juga. So, gak heran kalo elo nyarinya pas mepet tanggal mulai kuliah, elo bakal sangat kesusahan buat nyari kostan yang masih kosong. Misal pun dapet yang masih kosong, paling-paling itu kamar bekas ada orang yang gantung diri.. Atau kamar bekas dipake buat pembantaian perampok.. Hayoloh..

So, kalo elo udah nyari kostan dari awal, elo bakal punya banyak pilihan. Itu juga kalo elo nggak mau terpaksa nginep di serambi mushola selama satu semester sih..

3. Perhatikan Lingkungan

Inih adalah faktor penting buat kalian yang lagi nyari kost. "Lingkungan" di sini artinya adalah karakter orang-orang di calon kostan elo ini. Perhatiin orang-orangnya kayak apa, soalnya elo bakal hidup bareng mereka dalam kurun waktu yang lumayan lama. Kalo lagi milih kamar, diem-diem perhatiin kamar-kamar tetangga. Pada jorok-jorok gak? Banyak botol minuman keras gak? Ada mayat korban mutilasi gak?

Perhatiin juga sikap orang-orang di situ. Suka melotot-melotot nggak? Suka ngasah pisau lipet nggak? Suka nyiumin lem nggak?

Perhatiin juga karakter yang punya kost. Galak gak? mata duitan gak? Suka nginjek leher anak kost yang telat bayar duit kost gak?

So, kalo lo ngerasa nyaman sama lingkungan elo di situ, elo bakal betah juga tinggal bareng mereka. Tapi kalo nggak nyaman, tinggalin aja. Soalnya kalo lingkungan calon kostan elo itu gak baik, konsekuensinya ada 2:

1. Elo bakal jadi korban kenakalan mereka
2. Elo bakal ikutan punya karakter yang sama kayak mereka

Who you will be, depends on what you do, and where you live..

Be wise, guys!

4. Gampang Dapet Sinyal

Point ini juga gak kalah penting. Bete gak sih lo, kalo lagi di dalem kamar tiba-tiba sinyal hape ilang? Gak bisa internetan? Masak iyah, mau twitteran doang elo kudu naik ke genteng? Nah.. Kalo lagi milih kost, jangan lupa bawa hape buat ngetest sinyal internetnya yah.. Kalo perlu coba pake internet SPEEDTESTER di sana, buat ngeliat berapa speed internet elo di sekitar situ.

Ini contohnya:

It was tested on Thursday May 31, 2012 in Brawijaya Jakarta Selatan

Pake internet dari smartfren yang Evdo Rev-B nih... Buat kalian yang belom tau, Evdo Rev-B itu jaringan internet baru dari Smartfren yang jauh lebih kenceng dari jaringan yang lama (Evdo Rev-A). Kalo jaringan Evdo rev-A, itu kan speednya up to 3,1 Mbps.. nah, yang Rev-B ini speednya up to 14,7 Mbps.. For more info, lo bisa ngecek langsung produknya ke TKP yeee.. dan INI untuk FAQ nya! Review produk, kapan-kapan gue kasih ye.. ingetin aje.. :p

Faktor sinyal ini penting loh. Apalagi sekarang tugas kuliah sangat ngandelin internet, at least buat nyari referensi. Kalo ampe internet ndut-ndutan, kalian bakal stress waktu deadline dateng, terus putus asa, terus nunda-nunda wisuda.

5. Akses Mudah

Jangan lupain point yang ini juga.. Kalo milih kost tuh cari yang aksesnya mudah, untuk menjangkau tempat itu juga gampang. Ada kendaraan umum yang lewat deket situ, atau deket sama kampus (biasanya mahal kalo deket kampus sih). Karena kalo elo dapet kostan yang terpencil, di mana untuk ke kampus elo kudu nyebrangin sungai yang ada buayanya, dan elo kudu naik sepeda karena gak ada jalur MRT di sana, elo bakal sering bolos kuliah gara-gara males dulu ngebayangin perjuangan buat nyampe di kampus. Endingnya? Gak lulus-lulus dehhh..

6. Jangka Pembayaran

Gue saranin untuk awal-awal nyari kost sih, cari yang bisa dibayar per bulan. Kan ada banyak tuh, kostan yang maunya dibayar per 6 bulan, atau per tahun. Kenapa gue saranin buat nyari kostan yang bisa dibayar per bulan? Ya buat ngetest aja sih.. Selama sebulan di situ, elo digangguin makhluk halus gak, dipalak anak sebelah atau gak, jadinya kalo terpaksa pindah dalam waktu dekat, gak rugi-rugi banget lah baru bayar sebulan ini. Kalo udah bayar setahun, dan seminggu elo udah gak betah dan pindah, rugi banget dong..

7. Bawa Temen

Kalo ada temen sekampung yang kuliah di kampus yang sama, ajak aja nyari kostan bareng, dan ntar tinggal bareng di kostan yang sama. Biar hari-hari pertama di kostan saat elo belom punya temen baru, gak kerasa sepi-sepi banget. Atau setidaknya kalo temen sekostan nakal-nakal, dan suka malak, ada yang belain elo.. Atau malah ikutan dipalak juga.. Yah.. itulah persahabatan. Kalo gak bisa seneng-seneng bareng ya at least menanggung penderitaan bersama-sama..

Nah, kayaknya itu aja dulu ye tips-tips dari gue buat nyari kostan. Semoga tips-tips ini berguna buat adek-adek yang mau mulai kuliah. Buat abang-abang yang  udah berkecimpung di dunia perkuliahan lama, kalo ada info tambahan soal tips milih kostan, boleh dishare di comment box loh! Thanks! :D