Kali ini gue mau sok “geek” biar mind-set kalian yang nganggep gue mahasiswa abadi ber-IQ ceper bisa berubah dikit. At least kalian bisa beranggapan kalo gue ini adalah seorang mahasiswa abadi ber-IQ tengkurep. Nah.. Karena mau sok nge-geek, gue mau bahas soal Laptop nih.. Ya kali gue mau bahas soal bulu ketek. Sebagai pelajar, tentunya kita gak bakal lepas dari gadget bernama komputer.

Dan biasanya yang sangat kecanduan komputer itu cowok. Menurut gue, karakter cowok itu bisa dilihat dari bentuk komputernya. Contohnya kayak gini:

Monster PC


Yang ini sih mungkin hampir sama kayak anak motor, atau anak mobil yang doyan utak-atik benda kesayangannya. Gue pernah mengalami fase-fase ini, jaman semester-semester awal kuliah gue, gue demen yang namanya over-clocking PC. Alhamdulillah waktu itu PC gue endingnya meninggal dan data-data penting (termasuk poto-poto mantan calon gebetan gue) pada kehapus bersih. #nangis

Cowok yang terlalu getol ngutak-atik PC model kayak gini, biasanya nggak punya pacar. Soalnya mereka bakal lebih sering memberikan perhatian mereka kepada PC-nya daripada sama ceweknya.

PC Gamer


Cowok dengan komputer kayak gini, biasanya sangat doyan game. 75% dari kegiatan sehari-hari dia bakal diabisin buat ngegame, sedangkan 25% waktu yang tersisa bakal dia gunain buat nginstall game baru. Biasanya cowok kayak gini nggak punya pacar, karena dia nggak suka menjalin sebuah hubungan yang nggak bisa di"restart" setelah "game over".

Cute PC


Cowok yang punya komputer dengan model kayak gini sih... diraguin kejantanannya.

PC jadul


Cowok yang miara komputer kayak gini, kemungkinannya cuma 2:
1. Dia kolektor barang antik.
2. Dia baru bangun dari hibernasinya sejak tahun 70an.

Nah, lanjut ngomongin soal PC nih, gue mau bagi-bagi info soal PC di postingan ini. Soalnya di jaman multimedia kayak sekarang, kita bakal ngerasa mati gaya kalo nggak ada yang namanya komputer. Apalagi sebagai pelajar di jaman sekarang, komputer udah jadi semacam pacar ke dua kita setelah hape. So, dalam memilih laptop, kita kudu bener-bener ngerti banget bibit-bebet-bobot dan bubut dari laptop itu. So.. Gue mau ngasih guide line nih buat milih laptop yang mampu mencukupi segala nafsu kalian sebagai pelajar.

1. Cerdas.
 Gue ngerti banget, sebagai pelajar pasti sebagian besar dari kalian suka banget ngerjain tugas di detik-detik terakhir pengumpulan tugas. Nah, kebayang gak tuh kalo pas lagi dikejer-kejer deadline tau-tau computer ngeblank gara-gara terlalu lemot. Jadi, computer dengan prosessor kenceng sangat diperluin ama pelajar kayak kita. Rekomendasi gue sih pake yang prosesornya udah intel i7. Biar laptopnya dipake multi-tasking dengan binal pun bakal tetep ngacir.

2. Hi-Speed Start.
Sebagai pengejar deadline, sudah pasti kalian butuh banget laptop yang bisa nyala (start-up) cepet-cepet, biar gak kehabisan waktu cuma buat nunggu booting. Nah, cari deh laptop yang punya fitur “Hi-Speed Start”. Misal kayak Toshiba New Satellite M840 tuh.

3. USB 3.0.
Dulu kerjaan gue tuh kalo lagi ada waktu senggang, kerjaannya nonton film. Filmnya dapet dari warnet. Cuma, ukuran file film kan biasanya gede-gede gitu, cukup ribet juga kalo ditransfer via USB, bakal makan waktu lamaaaa.. Nah, FYI USB yang ada di computer-komputer sekarang tuh rata-rata masih make USB 2.0. Sedangkan port USB versi baru udah keluar, yaitu USB 3.0 yang diyakini memiliki kecepatan transfer file yang jauh lebih tinggi dibandingkan USB 2.0. So, dengan USB 3.0, urusan transfer file-file gede, gak bakal jadi masalah.

4. Sound Card Dahsyat.
Kalo di kost pas nyante, paling enak nonton film atau dengerin musik. Apalagi kalo dengerin dangdut Pantura kenceng-kenceng. Dan kegiatan-kegiatan itu bakal lebih enak kalo ditemenin dengan device yang suaranya mantab juga. Gue rekomendasiin kalian buat beli laptop yang udah punya fitur SRS Premium Sound kayak Toshiba New Satellite M840 gitu. Dengerin music bakal lebih kerasa empuk bassnya, nonton film bakal lebih terasa realistis suasananya. Nonton film perang, bakal dahsyat juga suara orkes melayunya..

5. Display.
Soal display ini juga jadi pertimbangan tersendiri loh. Nggak mau kan nonton film sekelas blue-ray tapi gambarnya di display laptop jadi burem kayak film .3gp? Nah.. Sebelum beli laptop jangan lupa buat mastiin kalo tuh laptop punya gambar yang tajem. Resolusinya kudu gede.. Biar gambar pixelnya nggak kayak gambar Nintendo jadul. :p

6. Stylish.
Urusan laptop, pastinya kalian juga pengen laptop yang matching sama karakter kalian kan? Kalian pastinya nggak mau dikira mas-mas tukang nagih kredit panci gara-gara model laptop kalian kayak laptop keluaran jaman fir’aun abis disunat kan? So, pilih laptop yang desainnya sesuai ama semangat muda, yang warnanya tuh sesuai sama penampilan dan karakter kalian kan? Nih, Toshiba New Satellite M840 punya beberapa pilihan warna yang berjiwa muda banget!

Pilih aja yang sesuai sama karakter lo!

Overall sih, menurut gue laptop Toshiba New Satellite M840 ini udah sesuai banget sama jiwa pelajar. Mulai dari fitur, software, hardware dan style semua matching banget sama karakter kita. Kalo penasaran, dan butuh info lebih lanjut, kalian bisa maen-maen ke official website Toshiba New Satellite M840 ini. Selamat berwindow shopping! Keracunan nggak gue tanggung loh yaaa~ :D

This post is brought to you by Toshiba and Intel. Join the conversation on the Toshiba Notebook, Inspired by Intel at www.toshibaintelqueue.com.