Gue baru aja nempelin pantat gue di kasur setelah naek kereta selama kurang lebih 8 jam dari Malang ke Yogyakarta. Pedih banget rasanya pantat ini gara-gara gue pake duduk seharian penuh. Selain pedihnya pantat, perut gue rasanya juga nggak karuan gara-gara gue nahan pipis selama perjalanan. Why? karena gue nggak tega ninggalin barang-barang gue di tempat duduk cuma buat sekedar pipis sekalipun. Kehidupan, karier, dan masa depan gue ada di tas ransel itu semua. Kalo sampe ilang, gue bakal jadi pengangguran. So, sesampainya di kost, gue pun pipis tiga galon.

Tapi itu semua gak bisa dibandingin dengan bahagianya gue hari ini bisa talkshow bareng #SPBU di Malang. Talkshownya seru dan rame!!

Dipilih.. Dipilih!!!

 Ini ngedance, atau nunjukin contoh korban cacing pita?

Ehhhh.. ada kembaran..

Sempet ketemu sama Indra Widjaya juga, sang Indonesian Idol gagal dari Malang..

Diajakin ngamar bentar..

Nah, itu aja cerita singkat gue selama di Malang. Back to the topic, ngomongin soal kendaraan umum nih.. Gue mau cerita-cerita tentang beberapa pengalaman nggak ngenakin selama gue bepergian pake kendaraan umum. Berikut ini pembahasan lebih lanjutnya yak!

1. Sebelahan Sama Orang Asing

Gue adalah tipikal orang yang insecure. Gue suka ngerasa nggak nyaman kalo duduk sama orang asing. Apa lagi kalo sebelahan sama om-om. Sumpah demi Tuhan, selama gue bepergian ntah itu naik kereta, bus atau pesawat sekalipun, nggak pernah seindah di sinetron-sinetron di mana gue bisa ketemu cewek cakep, terus kita saling lempar senyuman, dan satu hari kemudian, keperjakaan gue ilang.

Kenyataannya, selama gue bepergian sendirian pake kendaraan umum, yang duduk di sebelah gue kalo nggak nenek-nenek menopause, ya om-om obesitas. Yang paling ngeselin dari keadaan kayak gitu adalah, orang-orang yang lanjut usia ini gampang banget tidur. Kalo mereka udah tidur, mereka nggak bakal peduli ama dunia luar. Tapi perasaan paling gak nyaman itu muncul saat misal gue lagi di bus yang lumayan kosong. Banyak kursi kosong di belakang gue, tapi ntah kenapa ada om-om yang duduknya milih sebelahan sama gue. Sumpah, serem abis..

Pengalaman paling parah, baru aja gue alamin tadi, di mana gue duduk bareng om-om yang sangat takut kelewatan stasiun tujuan dia.. Sampe-sampe dia bawa jam waker yang sengaja dia bunyiin tiap satu jam!

Jam waker kampret!

Sempet stress gara-gara jam waker itu, gue nggak bisa tidur juga. Akhirnya, gue ngabisin waktu dengan nonton film di laptop, berharap itu bisa jadi pembunuh waktu. Tapi apa yang terjadi??

Om-om sebelah gue ini tidur ngorok!! Sumpah gue kesel abiss!! Pengen rasanya nyumpel mulut tuh om-om pake lokomotif, cuma karena gue takut kualat, gue ngalah.. Gue pake headphone gue dan nyalain volume film kenceng-kenceng biar suara ngorok tuh om-om nggak kedengeran.

Sempet ngerasa nyaman beberapa saat, tiba-tiba gangguan lain dateng. Tuh om-om yang tidur pules kayak bayi komodo, tiba-tiba senderan di pundak gue tanpa bilang "Assalamualaikum" lebih dulu. Gue cuma bisa nepok jidat. Gue sabar-sabarin, gue istighfar, gue ganti nonton film .3gp..

Tapi ternyata cobaannya gak sampe situ doang.. Baru aja gue bisa ngalihin perhatian gue ke film di laptop dengan volume maksimal dan mencoba melupakan ada sebongkah kepala om-om bersandar di pundak, pelan-pelan gue ngerasa ada yang dingin-dingin gitu di pundak gue. Dan yap.. Om-om yang tidur pules di pundak gue tadi, NGILER.. KAMPRET RUSIA! BADAK JAWA! UPIL ANOA! GUE LANGSUNG LEMPAR TUH OM-OM DARI JENDELA!!!

2.  Nyasar

Ini sih biasanya bakal dialamin sama orang yang baru nyoba-nyoba naik kendaraan umum. Kejadiannya sama persis jaman gue pertama kali ke Jakarta. Niatnya dari bandara Soekarno-Hatta mau naik taksi ke Pondok Indah. Tapi nggak tau supirnya rabun, apa amnesia, bisa-bisanya gue diajakin muter-muter ke daerah kampung melayu. Di mana kalo dilogikain, misal gue dari jogja, mau ke Jakarta, eh diajak lewat Sulawesi dulu. Endingnya, argo membengkak, dompet gue mendadak jadi kerempeng drastis.

3. Rawan

Sudah pasti yang namanya kendaraan umum, gak bakal lepas dari fenomena-fenomena kriminal. Bisa aja pencopetan, perampokan, sampe bahkan pelecehan seksual bisa menimpa penumpang yang nggak waspada. Sebenernya semua itu bisa dihindari asalkan kita punya tindakan preventif. Misal nggak make barang-barang yang terlalu mewah dan mencolok, nggak make pakean yang terlalu seksi, dan kalo cowok, jangan make hot-pants waktu naek busway.

Ngomongin soal perampokan nih, gue ada video pas si @poconggg lagi magang jadi pembajak Bus. Kebayang nggak, badan kurus kering kayak ikan asin zimbabwe gitu ngebajak bus? Cekidot aja yuk! :D




Mihihihihi.. Gue tau kalian pasti ngerasa iba ngeliat pembajak bus tapi dandanannya malah kayak emak-emak mau pengajian gitu.. Anyway, itu sebenernya Video yang ngajakin kalian buat ikut event serunya Cornetto! Nama eventnya tuh Cornetto Summer Ice Cream Festival, di mana kalian bakal diajakin party seru yang bentuk partynya bisa kalian pilih sendiri!

Caranya simpel..

- Via Twitter.
Twit ide dengan format -> #CornettoShoutIdea @SiCornettoBoy [ide party versi kamu]
Contoh: #CornettoShoutIdea @SiCornettoBoy Ada tempat mandi bola raksasa, biar bisa mandi bola ama gebetan!
- Via Facebook.
Post ide di FB Page Cornetto dengan format -> #CornettoShoutIdea [ide party versi kamu]
- Via Website.
Buka link ini -> Cornetto Summer Ice Cream Festival, klik menu Shout Out Your Summer Dream Fest! di homepage

Partynya sendiri bakal diadain di Kridaloka, Stadion Renang Senayan Jakarta, tanggal 14 Juli 2012, jam 11am (open gate) - 11pm! :D
Jangan sampe ketinggalan yak! :D
4. Lamaaaaa
Ya namanya kendaraan umum, kan yang dilayanin gak cuma kita doang. Jadinya, bakal makan waktu lebih lama daripada naik kendaraan pribadi. Contoh paling simpel, misal kalian naek travel deh. Niatnya sih cuma mau ke Bandung misal, tapi sebelum perjalanan menuju Bandung, kalian bakal diajakin muter-muter dulu jemputin para calon penumpang lain di rumah masing-masing. Jadinya, Jakarta-Bandung yang harusnya cuma 2-3 jam, jadinya 5-6 jam gara-gara kalian kudu muter-muter dulu ke JABODETABEK.

5. Susah Dapet Jodoh

Sudah bisa ditebak, cowok yang kemana-mana selalu naik kendaraan umum itu bakal susah buat dapet jodoh. Kenapa? Karena cewek biasanya lebih suka dijemput pake kendaraan pribadi biar kesan "pribadi"nya kian berasa. Gak mungkin kan, kalian naek angkot sama gebetan sambil pelukan mesra? Atau kalian bisa nyanyi-nyanyi kenceng waktu lagi sama-sama naik ojek sebelahan? Yap, resiko terakhir ini emang resiko yang paling horor dari memakai kendaraan umum. Jadi, pikirin baik-baik.. Mau cepet dapet jodoh apa enggak?

Kayaknya itu aja dulu tulisan gue kali ini.. Gue mau lanjut istirahat.. Tidur tengkurep.. Bokong gue ternyata memar-memar gara-gara perjalanan tadi..

Anyway.. Kalo kalian mau sharing soal pengalaman-pengalaman aneh di kendaraan umum yang pernah kalian alamin, silakan share di comment box! :D