Jadi kemaren seharian gue maen-maen keluar. Gue lagi menikmati kebebasan setelah talkshow kelar. Nah, gue pengen jalan-jalan keliling mall gitu deh. Yah, meskipun endingnya cuma minum teh tawar dan numpang wifi gratis. Dan pilihan gue kemaren jatuh pada Plaza Festival. 

Eh? Plaza Festival apaan Litt?

 Jadi, Plaza Festival itu evolusi dari Pasar Festival.. Dari yang dulunya kayak gini:



Jadi kayak gini:


Yup, mungkin dengan perubahan nama ini, Plaza Festival bisa mengikuti selera pasar, makin dicintai oleh kawula muda, dan semoga tempat ini gak bakal diisi sama bocah-bocah kecil yang balap liar pake sepatu roda.

Sesampainya di sana, gue makan dengan brutalnya di depan because I was hungry heavy..


Siap makan orang

Sehabis makan, gue nyoba masuk ke dalem, nyari parfum KW 6999999. Maklum, bau badan gue akhir-akhir ini mampu bikin orang di sekitar gue mendadak murtat. Di tengah perjalanan, gue ngeliat ada stage yang sangat mencuri perhatian gue karena ada tulisan "Stand Up Comedy".


"Wow.. Siapakah yang bakal perform malam ini? Siapakah yang bakal jadi bintang tamu? Siapakah ayah dari anak Mulan Jameela?" Tanya gue dalam hati.

Gue juga masih bingung sama slogan "Tertawa Dinamis" yang ada di backdrop itu.. Apa maksud dari tertawa dinamis? Apakah itu tipe ketawa yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki sudut kemiringan gigi sebesar 45 derajat?

Dan setelah beberapa saat sabar di depan venue menanti sambil duduk-duduk, jongkok-jongkok, lalu cebok, muncul juga comic pertama yang perform. Matanya sipit, kulitnya putih, gue sempet bersu'udzon kalo dia adalah penjual obat-obatan herbal.


Ternyata Dia adalah Ernezt Prakasa.. Salah satu senior di komunitas Stand up comedy Indonesia.. Setelah kurang lebih 25 menit bikin penonton mengalami kram perut massal, muncul juga comic ke dua..


Sammy.. Bukan.. Ini bukan Sammy Simorangkir edisi korban junk-food. Ini juga salah satu comic andalan Indonesia yang beberapa kali gue tonton, suka bawa materi yang "dewasa".. So, selain ketawa, penonton juga bakal dibikin junub sama dia.. 20an menit berlalu, giliran comic tengil, mungil dan enak dicemil muncul.. Menurut gue, dia itu mirip ama Boim Lebon.. Cuma, dia lebih banyak dicintai ABG Indonesia.. @muhadkly Acho..


Kayak Boim dan Lupus kan?

Setelah perut gue capek dikocok mulu, gue mendadak laper lagi.. Yeah.. Gue kalo laper suka khilaf.. Jangankan sushi mentah, minyak mentah juga gue hajar.. Akhirnya gue lari menuju food court Plaza Festival.. Di situ namanya Passer Koeningan..



Suasananya Tempoe Doeloe dan damai banget coy..

Di situ, gue kembali makan dengan perasaan khilaf dan lupa gue ini kuliah semester berapa.. Di tengah proses makan, mendadak ringtone BBM gue bunyi.. Buru-buru gue cek deh.. Siapa tau itu adalah BBM dari salah satu calon gebetan gue..

Tapi ternyata...


Iya.. cuma BM (Broadcast Message/pesan yang dikirim secara massal yang biasanya gak penting).. dan itu adalah BM yang ke sekian yang gue terima hari itu.. Ngeselin emang.. Gue ngisi pulsa BB buat berkomunikasi dengan teman-teman, dan berharap dapet gebetan, tapi endingnya kalo gak BM yang gue dapet, ya test contact.

Gue heran sama orang yang rajin nge-test contact. Kok kayaknya insecure banget, takut kehilangan teman gitu.. Padahal menurut gue, test contact itu semacam ngetest pertemanan. Kalo lo keseringan ngetest contact, temen lo malah bakal merasa diragukan. Endingnya kesel lah.. malah didelete deh contact lo..

Nah, dari pengalaman di atas, gue pengen ngebahas beberapa tipe orang yang kurang disukai para pemakai BBM nih. Ini semua gue rangkum berdasarkan survey diam-diam yang gue lakukan di BBM gue.. Apa aja kriterianya? Let's cekidot!

1. Tukang BM

Yap.. Seperti yang udah gue jelasin di atas, BM itu isinya rata-rata pesan nggak penting kayak gini:


Nah, siapa yang gak sebel, misal lagi nunggu BBM penting dari temen, tapi begitu ada pesan masuk, malah gituan.. Tukang BM pun ada beberapa tipe:

- Test contact


Ini tipe yang paling sering gue temuin. Sehari bisa kali lebih dari 10 BM berisi test-contact yang gue terima. Padahal, menurut asumsi gue, mereka ngetest contact bukan karena pengen ngecek kontak mana aja yang udah ngedelete dia, tapi dia kesepian dan nyari temen ngobrol.. So, IMHO "test contact" bisa diartikan jadi "Temenin gue ngobrol dongggg". #kasian

- Berita gak penting

Nah, tipe ini lumayan ngeselin karena biasanya cuma berisi berita hoax atau update yang nggak banget. Tapi yang paling ngeselin adalah kalo dia BM dengan kata-kata yang digunakan buat pamer kemesraan sama pacarnya. ITU NGESELIN ABIS! #JombloSirik

- BM Berantai

BM Berantai adalah tipe BM yang berisi info, lalu dibelakangnya ditutup dengan kalimat yang "mengancam" keselamatan sang pembaca bila dia tidak mau mengirim ulang BM itu kepada orang lain. Contohnya gini:

"Index harga saham gabungan meningkat tajam menghadapi bulan ramadhan besok. Dikhawatirkan harga duku akan melonjak drastis dan tentu saja bila harga duku naik, maka stabilitas ekonomi Indonesia menjelang bulan ramadhan akan berantakan. Hal ini tentu saja bisa dimanfaatkan oleh negara digdaya di luar sana untuk memecah kerukunan antar umat beragama. Oleh karena itu, kita harus bergotong-royong untuk menjaga harga duku agar tetap stabil, demi masa depan bangsa yang lebih baik.

Bagikan pesan ini kepada semua kontak di BBM kamu, kalo nggak dilakuin maka kamu akan kena kutukan. Testismu akan berubah jadi Duku!"

Serem ya~

2. Display Name Super-Duper-Alay-Banget

Display name dengan font planet pluto yang susah dibaca bahkan oleh arkeolog itu sangat ngeselin. Dengan display name aneh gitu, bakal susah buat kita nemuin nama dia pas kita lagi bener-bener butuh karena nama dia gak bakal bisa disearch. Apalagi kalo DP (Display Picture) dia gak pake poto dia sendiri (misal pake poto betis artis korea), itu bakal nyusahin banget buat kita nyari dia di kontak.

3. Ngechat Males-malesan


Siapa sih yang gak bete kalo kita ngobrol, tapi dia balesnya lamaaaa... eh, sekalinya bales cuma "ok" gitu doang. Dari situ, terciptalah mitos: "Kalo orang yang ngechat sama kamu balesnya lama dan pendek-pendek, artinya dia nggak suka sama kamu".

Tapi itu masuk akal juga sih, dulu waktu gue masih rajin BBMan sama Bella Saphira, gue selalu mengawali chat dengan Assalamualaikum dan menanyakan kabar masing-masing anggota keluarganya, di mana itu menandakan kalo gue suka sama dia. Meskipun endingnya, dia cuma bales "ok".

4. Cuek Bebek


Tipe yang ini juga nggak disukai oleh partner BBMnya karena dia suka ninggalin pesan dengan status R (read) doang.. Alias dibaca, tapi gak dibales. Sama aja kayak ditanya, tapi gak dijawab.

Tapi ada yang lebih sadis, yaitu orang yang suka ngebiarin pesan dari orang dengan status D (delivered) doang selamanya. Dimana artinya tuh pesan dibiarkan gitu aja, tanpa dibaca (mungkin di-end chat). Yang analoginya adalah ada orang yang ngajakin ngomong boro-boro dijawab, didenger juga enggak. Hal ini sering dialami oleh orang-orang yang cintanya ditolak.

5. Sampah Recent Updates


Orang yang kayak gini juga gak asik banget.. Soalnya recent update jadi ber-aura "kotor" gitu gara-gara update mereka. Bisa karena tiap 1 menit ganti DP, atau tiap 1 menit update status 5x. Tapi yang paling ngeselin adalah orang yang ngobrol atau berantem di recent update. Mungkin mereka nggak tau caranya private chat dengan temen di kontak kali yah~

Dan sialnya, semua fenomena itu gue alamin di BBM hampir setiap hari.. Cukup buat bikin gue frustasi dan males maen BBM lagi.. Endingnya, gue malah milih SMSan ama operator daripada BBMan!

 

Nah... Kalian ada tambahan gak soal orang-orang yang kayak gini? Share di comment box yah! :D