Sudah hampir satu dekade lamanya gue berkecimpung di dunia perkosan, iya.. perkosan, bukan perkosaan. Selama gue ngekost itu, gaya hidup gue terpaksa harus sangat minimalis. Maklum, anak kost kan biasanya apa-apa serba tipis, uang makan tipis, uang jajan tipis, dan peluang dapet jodoh pun tipis.

Kondisi dompet gue tiap harinya..

Selama gue ngekost, gue dan temen-temen gue pun suka nyari hiburan yang murah meriah. Hiburan yang ngeluarin dikit modal, tapi bisa bikin hati seneng. Pasti adek-adek yang baru mau masuk kuliah dan jadi anak kost pada penasaran kan?? Nih.. Kak Alitt bakal berbagi beberapa jurus yang bisa bikin hati kalian seneng dengan modal dikit.. Mihihihihi..

1. Internetan


Facebook, twitter, youtube itu udah jadi hiburan wajib buat anak kost. Kita bisa ngebunuh waktu dengan aplikasi-aplikasi itu. Bisa ngobrol sama temen-temen, bisa pedekate sama cewek di FB yang poto profilenya mengundang nafsu makan, atau bisa nonton video-video seru di Youtube. Tapi urusan pulsa (buat internet) kayaknya termasuk barang yang mahal buat anak kost. Duit 50 ribu daripada dipake buat beli pulsa, anak kost mungkin lebih milih tuh duit dipake buat beli mie instant sekardus buat jaga-jaga di tanggal tua.

Buat adek-adek yang ngekost dan memiliki dana minim buat rutin internetan, boleh pake trik "Teh tawar, internet lancar". Triknya simple, kalian ke cafe aja yang nyediain wifi gratis. Di sana, pesen aja menu yang paling murah, misal teh tawar. Teh tawar kan paling mahal juga 5ribu, dengan duit 5ribu itu kalian bisa numpang internetan sampe malu! Rekor gue dulu sih, mesen air mineral doang, tapi numpang internetan 6 jam. #MentalAnakKost #GakMauRugi

2. Nonton Konser


Kadang ngerasa suntuk juga kalo di kost gak ngapa-ngapain. Nah, jaman awal-awal semester dulu gue demen ngajakin anak-anak kost gue buat nonton acara-acara konser musik (tentunya yang gratis). Konser-konser musik gratisan bisa dicari di acara-acara kampus, atau di pinggir-pinggir jalan pas weekend. Resikonya cuma satu, dan biasanya yang bakal menderita adalah kalian yang jomblo. Dengan nonton konser gratisan, tentu penontonnya bakal banyak banget. Dan rata-rata penontonnya adalah pasangan pacar. Nah, tinggal tunggu deh sampe lagu romantis keluar.. Kalian bakal dianiaya oleh pemandangan para pasangan yang berpelukan sambil ikut nyanyiin tuh lagu di sekitar kalian. Nyesek, nyesek deh..

3. Nyewa Film


Pengen nonton film, tapi tiket bioskop dirasa terlalu mahal? Ya udah, nyewa DVD aja ke rental. 4 ribu doang, kan jauh lebih murah dari tiket XXI yang 50ribu gitu. Selain lebih murah, ada banyak keuntungan lain dari nyewa DVD kalo dibandingin dengan nonton di bioskop:

- Bisa nonton dengan gaya apa aja.
Di bioskop kan nggak mungkin kalian bisa selonjoran, ngakak kenceng-kenceng, kentut, atau goler-goler galer. Kalo kalian muter DVD di kamar kan kalian mau ngapain aja bebas, gak bakal ada yang komentar.

- Bisa disambi makan apa aja.
Kalo di bioskop kan biasanya gak boleh bawa makanan dari luar. Sedangkan kalo mau beli makanan di bioskop itu, harganya juga gak manusiawi. So, dengan nonton DVD di kamar, kalian mau masak mie instant atau makan nasi padang juga gak bakal ada yang ngelarang.

- Nggak bakal liat orang pacaran.
Inilah bagian favorit gue dari nonton DVD dibanding nonton di bioskop. Tiap malem minggu hampir tiba, siangnya gue sengaja nyewa DVD banyak-banyak karena gue nggak suka kalo ke Bioskop di malam minggu. Kenapa? Karena banyak orang pacaran. Ada beberapa pengalaman mengenaskan yang pernah gue alamin di bioskop gara-gara duduk deket orang pacaran. Untuk lebih detail lagi soal pengalaman-pengalaman mengenaskan gue di bioskop itu, kalian bisa klik POSTINGAN INI.

4. Window Shopping


Kadang ngeliat barang yang kita sukai tanpa membeli aja udah bikin seneng kan. Nah, itulah kenapa mall-mall suka penuh kalo weekend tiba. Bukan, bukan penuh orang belanja, tapi lebih banyak orang yang cuma liat-liat barang-barang yang didisplay di sana. Misal pun terpaksa belanja juga berkat paksaan tulisan "Diskon 75%".

Gue sendiri juga tipe anak kost yang suka window shopping. Gue suka masuk ke toko-toko gadget buat sekedar nyobain gadget-gadget di sana maupun cuma nanya-nanya harganya. Sampe kadang mas-mas yang jaga tokonya apal sama muka gue dan kalo gue nanya harga dia suka jawab, "Yakin nih mau beli?" #Jleb!

Tapi kemaren agak beda. Gue maen ke pameran komputer dan teknologi di JEC (Jogja Expo Center). Niatnya sama, cuma mau window shopping dan ngetest komputer-komputer "monster" di sana. Biasanya gue nyobain game-game terbaru yang bakal bikin laptop butut gue sekarat kalo diinstall di sana. Lumayan lah.. ngirit duit daripada nyewa game di rental. Ini kan gratis.. #MentalAnakKost

Terus pas lagi keliling-keliling, gue ngeliat lagi ada rame-rame dan warnanya merah-merah. Kebetulan gue doyan banget warna merah. So, warna merah adalah warna yang bakal gampang banget mancing perhatian gue. Pas gue mendekat ke kerumunan itu, gue ngeliat ada mbak-mbak SPG lagi nawarin tablet murah meriah tapi fiturnya mewah. Yap.. Tablet Smartfren Andro. Nih tablet 7 inch, kemaren gue beli seharga 1, 4 jutaan doang karena lagi promo pas launching. Padahal harga aslinya 1,9 jutaan. Lumayan, ngirit gopek.. Akhirnya gue samber deh.. Untuk reviewnya, tunggu aja ya.. Mau gue coba utak-atik dulu.. Gue masih belom begitu "ngeh" soal OS terbaru dari Android Ice Cream Sandwich ini.. Beda banget euy!



Sebelom balik dari pameran itu, gue ngeliat ada si Kwik (maskot "I hate slow"-nya @smartfrenworld), lagi duduk-duduk karena capek mungkin. Terus, gue numpang narsis pake helm dia deh.. Hahehauehoaheuaha!

 Tumben gue gantengan pas dipoto..

5. Maen Game


Maen game adalah alternatif hiburan yang paling menyenangkan bagi anak kost, terutama cowok. Buat kalian yang temen kostnya punya PS di kamarnya, mungkin bisa ngerasa beruntung karena jadi gak perlu nyewa buat maen PS. Tapi PS bukan satu-satunya alat yang bisa diandalkan buat maen game rame-rame kok. Kalo jaman semester belasan dulu, gue suka maen game komputer dengan jaringan LAN.


Gamenya sih game jadul, CS (Counter Strike). Nggak perlu ngeliat gimana grafisnya, tapi liat gimana serunya maen game FPS ngelawan anak-anak sekostan. Bandingin sama game Diablo 3 deh, udah harganya setengah juta lebih, nggak bisa dipake main tanpa internet, kudu beli ini itu secara online buat ngebantu lancarnya misi, grafisnya juga gak oke-oke banget. Padahal esensi dari game itu adalah ngerasain serunya membunuh waktu, bukan sering ngamuk gara-gara internet ngeden, atau bisa pamer karena maen game mahal. Dan.. Berkat rutin maen CS bareng-bareng sekost ini, Alhamdulillah udah 3 orang anak kost gue D.O kuliah gara-gara jarang masuk kuliah. Sedangkan 1 orang sisanya, skripsinya terlantar selama 3 tahun terakhir. Maklum, game itu bisa bikin cowok lupa waktu, lupa diri, dan lupa pacar.

Buat pelajaran aja sih, secantik-cantiknya seorang cewek, dia tetep bakal jadi pacar kesekian dari cowok setelah game, motor, mobil, gitar dan lain-lain.. :p

Yap! Kayaknya itu aja dulu jurus-jurus anak kost nyari hiburan yang bisa gue saranin di sini. Semoga jurus-jurus di atas bisa nolong kalian yang baru mulai ngekost taun ini. Kalo temen-temen yang udah lama ngekost dan punya jurus lain, silakan dishare di comment box yah! :D