Selamat sore kawan2 semua..
Sembari ngabuburit nunggu waktunya buka puasa, boleh deh iseng2 kita ngobrol ringan dulu.. Hari ini lagi nggak mood buat ceramah #RenunganNgakak nih.. Lagi bete gara2 tadi pagi sahur sendirian, sedangkan adek gue sahur ama pacar~ #Nyesek

Sebelumnya sorry banget kemaren gue nggak ngepost, soalnya wajan yang biasa gue jadiin antena, malah dipinjem ama eyang buat goreng bandeng seharian.. alhasil, sinyal modem gue jadi kayak gini deh :



Berasa hidup di jaman Angling Dharma.. It's so kampret, you know?!

Fine, what are we gonna' discuss today??

Menyadari kemajuan jaman yang makin pesat ini, nggak heran kalo internet udah jadi kebutuhan primer buat tiap orang.. Termasuk gue.. Kemaren pas modem gue nggak dapet sinyal seharian, rasanya SaNet (Sakaw Ngenet) banget..

Tapi gue masih bersyukur bahwa internetan itu bukan termasuk syarat yang dapat membatalkan puasa.. Kalo ampe iya, gue pasti bakal masuk ke golongan orang2 kafir..

Nah, para pecinta internet, pasti nggak asing donk ama yang namanya Pacaran Online.. Atau mungkin emang ada yang lagi ngejalanin itu?? Oke, buat yang belom tau, mari kita definisikan dulu, apakah pacaran onlen itu?

Pacaran online

- Pacaran : Hubungan dua hati yang diikat oleh asmara. Bisa beda jenis kelamin, maupun sama..
- Online : Hubungan pihak satu ke pihak lain via internet melalui perangkat elektronik.

So, Pacaran Online adalah,

Hubungan dua hati yang berbeda maupun sesama jenis kelamin yang didukung oleh perangkat elektronik berkat bantuan koneksi internet..

Pusing? Gue juga nggak ngerti ama apa yang barusan gue tulis..


So, intinya Pacaran Online itu adalah pacaran yang rata2 kegiatannya dihabiskan di dunia maya (internet).. Jenis komitmen ini mirip ama LDR (Long Distance Relationship) sih, cuman bedanya Pacaran Online itu berawal dari pertemuan di dunia maya juga.. So, pelakunya sudah berkomitmen dulu sebelom kopdar (kopi darat)..

Beda ama yang LDR, mereka udah jadian dulu di dunia nyata.. terus kepisah, dan menggunakan perangkat2 elektronik sebagai alat pendukung komunikasi deh.. Sebenernya kegiatan mereka sama aja sih, galau-galauan di internet.. bilang kangen, bilang sayang, mewek2, dan ujung2nya keabisan pulsa dengan perasaan nyesek di dada..


Terus biasanya, Pacaran online dimulai dari tegur sapa basi di chatroom maupun social network lainnya..
Biasanya dengan cara ini lah, pelaku online love bisa jadian dan berkomitmen..

Nah, apa sih yang sebenernya mau gue bahas di sini??

Gue cuma mau berbagi tips singkat buat kalian para pelaku Pacaran Online.. Dan gak perlu nunggu bedhug maghrib tiba, here they are :

1. Keep in Touch
Online lover itu harus punya banyak waktu untuk bisa selalu keep in touch ama pacar onlinenya via internet. Gak peduli pagi, siang sore, malem, dia harus siap ngobrol ama pacar via internet.. Harus selalu siaga dengan gadget2nya.. So, disarankan bagi para pelaku online love untuk jadi pengangguran.. Agar kegiatan pacarannya nggak terganggu oleh kerjaan..

2. Pulsa Tak Terbatas
Sebagai mana kita ketahui, online love bener2 membutuhkan koneksi internet karena pelakunya banyak menghabiskan waktu bercengkerama di internet.. So, kalo sampe kehabisan pulsa, maka perjalanan cinta mereka bisa terhambat.. Kalo lagi asik2nya ngobrol tiba2 koneksi terputus, tentu rasanya akan nyesek sekali kan? So, Sangat diharapkan, pelaku online love ini adalah mas2 dan mbak2 konter pulsa yang stok pulsanya nggak pernah abis..

3. Rajin webcam-an
Pelaku Online love harus sangat menghargai apa itu komunikasi rutin. So, mereka harus memanfaatkan segala fitur yang ada di internet. Termasuk webcam. Agar mereka bisa berinteraksi secara lebih "live" dan "nyata".. Ada banyak kok layanan webcam chat di internet.. Kayak YM, Skype, Camfrog dan Omegle.. Ehm.. soal Omegle, gue nggak merekomendasikan deh.. Kenapa?? Baca di sini.

4. Kopdar
Nah.. ini adalah moment yang paling ditunggu2 oleh para pelaku online love. Kopi darat, alias ketemuan di dunia nyata. Dimana kalian bisa liat bentuk aslinya pasangan kalian. Sehingga rasa penasaran kalian tentang pasangan kalian akan terjawab.

"Bener gak sih dia seganteng di poto?"
"Ukuran dadanya itu cuma efek photoshop gak sih?"
"Aduh.. kira2 jenggot dia ama jenggot aku lebat mana ya??"

Yap, untuk tahap ini gue punya tips tambahan buat kalian guys..


- Usahain janjian ketemu di tempat umum. Misal Mall, foodcourt, atau jalan tol.. Biar misal pacar online kamu itu mau macem2, kamu gampang buat nyari bala bantuan.. Kalo bisa sih ajak temen atau sodara buat ketemuan pertama.. Biar lebih aman aja sih..

- Pake pakean yang nggak terlalu mencolok. Soalnya kamu kudu nyadar diri lagi, bahwa yang bakal kamu temuin itu adalah orang asing. Fine.. kamu boleh udah deket banget di dunia maya. Tapi itu semua gak menjamin watak asli dia di dunia nyata.. Siapa tau dibalik tampangnya yang alim, dia itu murid Bimbelnya Robot Gedhek?

- Jangan mau diajak ke tempat asing, rawa2, maupun semak2. (Betewe, ini mau pacaran apa mau nyari belut deh??) Karena bisa aja kamu nanti jadi korban kejahatan. Entah itu pelecehan seksual, maupun kejahatan syahwat.. Iya, resiko itu selalu ada.. waspadalah, kawan..



Oke.. I think that's all I can say.. Semoga tips2 di atas membantu kalian yang sedang menjalankan pacaran online..

Dan pesen gue sih,


Hal yang paling susah dari pacaran online adalah mempertahankan hubungannya setelah kopdar..