Assalamu'alaikum.. Jama'aaaahhh.. Yaaaaa... Jama'aaaahhh..

Gue nggak bisa bayangin kalo misal gue ngucapin kalimat di atas setelah sholat dhuhur pas puasa gini.. Ntah berapa banyak jama'ah yang abis nyium nafas gue langsung batal puasa karena mengalami menstruasi di hidung.

Btw, udah cukup lama juga gue nggak bisa ngepost di blog. Pasalnya gue lagi mudik di Sragentina. Tepatnya lagi mengungsi di rumah eyang. Di sini, sinyal internet adalah hal yang lebih langka dari upil badak ambon. Kalo Nazaruddin mau ngumpet sini, dijamin gak bakal bisa dilacak ama Om Tif Sembiring. Dan dijamin juga, Nazaruddin gak bakal bisa ngeksis di Tipi via Skype! Buat bisa nge-NET, gue kudu menjalani ritual ini dulu :



Modem Goreng Crispy~

Oke, mumpung sinyal lagi stabil, langsung aja kita bahas topik hari ini yuk..

Dalam bulan yang penuh berkah ini, gue mau bagi2 tips ke kalian guys.. Tips ini adalah tips untuk menjalankan puasa dengan baik dan sopan. Sehingga puasa yang kita jalankan tentunya akan menjadi sumber pahala, dan tidak merugikan orang lain.. Langsung aja kita simak tips2nya ya jama'aaahhh!!!

1. Sahur tepat waktu

Banyak dari kita yang suka begadang buat online. Dan akhirnya nggak nyadar efek sampingnya, yaitu telat bangung buat sahur. So, kalo bisa sih diatur jam tidurnya sebaik mungkin, biar nggak telat makan sahurnya. Kalo bisa makan sahur, diusahain tepat waktu, karna Allah mencintai umatNYA yang makan sahur tepat waktu. Jangan makan sahur saat kamu nyadar bahwa waktunya terlalu mepet dengan waktu sholat dhuhur, soalnya nanti puasanya jadi batal..


2. Beraktivitas sewajarnya

Nah.. mentang2 lagi puasa, bukan berarti kita harus diem ngelamun atau tidur mulu seharian.. Allah justru akan memberikan pahala bagi setiap aktivitas positif yang kita jalani. So, selama puasa ayo tetep sekolah dengan penuh semangat, bekerja dengan tekun. Jangan lupa kalo haus, minum air putih yang banyak, biar kuat puasanya ampe sore..


3. Rajin ibadah

Apalah arti puasa, nahan laper seharian kalo kamu gak sholat. Sholat kan tiang agama, kalo sholatnya bolong2, ya bisa rubuh imannya. Ebuset! Barusan gue kesambet apaan deh? Anyway, dengan kita rajin sholat, artinya kita jadi rutin melakukan wudhu. Wudhu ini punya efek positifnya guys! Dalam wudhu kan ada gerakan kumur2 tuh. Nah, kalo kita sering wudhu saat puasa, sama aja kita juga sering kumur2, sehingga nafas kita pun nggak parah2 banget. Kalo udah kepepet dan ngerasa haus banget, mending pas wudhu diawali dengan membaca "Allahuma.. Lakasumtu~", insyaallah ilang hausnya..


4. Hindari hal2 kecil yang membatalkan puasa

Banyak banget di antara kita yang nggak aware ama hal2 kecil, atau hobby2 iseng yang dulu suka kita lakuin dan terbawa sampe ke bulan suci ini. Tanpa sadar, perbuatan2 itu udah bikin puasa kita jadi Makruh, atau bahkan batal!


Berikut ini adalah hal2 kecil yang biasanya masih sering kita lakukan tanpa sadar di saat puasa:


- Membicarakan orang.

Banyak banget kalo gue liat di twitter anak2 yang suka ngetweet nyindir2 dengan #NoMention atau bahkan dimention langsung! contoh nih :



Itu Mbak kancut itu demen banget ngegossip puasa2 gini.. Ngomongin lesbian pula.. Niscaya puasanya makruh dah.. :p #PenggalauanKancut

Dua orang di atas adalah contoh kaum follower Fir'aun.. Di bulan suci ini, malah mereka nodai dengan ngomongin orang lain, dimentionin pula!! -___-"



Liat tuh om detikcom, masak puasa2 gini malah ngajakin ngegossip soal Jennifer Aniston yang pernah ngusir Brad Pitt dari rumahnya? Yah.. biarin aja lah yah.. itu kan privasi mereka.. mau diusir kek, mau kawin lari kek, mau tarawihan bareng kek.. ya udah sih, nggak usah digossipin gitu.. ntar makruh loh puasanya..

Tapi, gue juga nggak begitu suka ama Jennifer Aniston sih.. tampangnya jutek gitu.. Yah.. sebagai artis kan harusnya tampangnya dibikin ramah dikit kek.. Jangan judes mulu.. Atau jangan2 si Jennifer ini pernah jadi korban buaya darat? so, akhirnya dia jadi jutek gitu ama cowok2?? wah.. pantas untuk diselidiki nih.. Bisa juga sih, si Brad Pitt kan juga terkenal suka gonta ganti pacar dulu? Terus, Justin Bieber ama Selena Gomez kapan bubar ya? Gak demen gue.. gak imbang gitu pasangan itu.. Justin masih terlalu muda untuk Gomez.. Aduh maaf, gue terlalu excited..


- Ngomongin makanan mulu

Hal2 kecil berikutnya yang bikin puasa makruh adalah ngomongin makanan. Banyak juga diantara kita yang lebih konsen ke makanan selama puasa ini.. Tanpa sadar itu merupakan perbuatan yang bisa bikin puasa jadi makruh.. nih contohnya :


Gue kasian ama si Onyol.. seharian menahan lapar, pahalanya ZONK! :p

- Melakukan "Kecelakaan" yang disengaja
Ada beberapa orang yang secara sengaja melakukan kecelakaan yang menyelipkan "modus" biar bisa makan. Contoh kasusnya kayak gini :

*Niatnya menghindari mulut bau selama puasa, akhirnya jadi rajin kumur2, tapi kumur2nya pake es buah..


*Lagi mandi sore, gosok gigi.. karena perut laper.. akhirnya dengan sengaja menggunakan odol sebanyak tiga sendok.. Disengaja juga make Odol rasa rendang..

So, kasus2 di atas akan membuat puasa kalian jadi Makruh.. Alias, nggak berpahala! Be careful guys!!

Oke.. keknya itu aja soal tips menjalani puasa dengan benar deh ya.. Now, let's see komik #SPBU dari mantan pacar temen gue, si @luthfiahra . Doi kuliah di Jogja juga, tapi doi bukan komikus yang gue pesen buat bikin komik #SPBU. Cuma kebetulan gue liat doi tekun dan hampir tiap hari ngirimin karya2nya yang berupa komik #SPBU ini. So, terketuklah hati gue buat majang karya doi di blog gue, biar kalian juga bisa menikmati karya dia.. :D


Penasaran?? Cekitod!!


-BarKas-



-Tragedy Lemper-



-Ziarah-


-Tarawih-


Yang belom puas liat komik di atas, silahkan cek komik #SPBU part 2 di Blog Bena ya!!
Yap! keknya itu aja dulu postingan hari ini!
GUE KUDU OFF-LINE SEKARANG!! WAJAN-NYA UDAH DIMINTA SAMA EYANG, MAU DIPAKE GORENG BANDENG! #NahanEmosi
-______-"
semoga kalian terhibur dan ngabuburitnya jadi gak kerasa yah~

Selamat Berpuasa Guys! Wassalam!!