Banyak yang nanya,
Smartfren Andro Max Tab bagus nggak sih?
Layarnya resistive apa capacitive?
Harganya berapa?
Terus, apa kabar skripsi Alitt?


Oke.. Hari ini gue mau menuhin janji gue yang DULU.. Gue bakal nulisin review gue selama gue megang Smartfren Andro Max Tab 7.0 inih. Nih tablet gue beli kira-kira sebulan yang lalu di Computer Expo Jogja Expo Center. Waktu gue beli, harganya cuma Rp. 1.488.000. Tentu, gue beli dengan jaminan KTP dan BPKB motor.. Gue lagi bokek.. Karena harga segitulah gue penasaran, bakal sebandel apa nih tablet.. Oke.. Reviewnya kita mulai dari desain nih tablet dulu ye..




Soal ukuran, nih tablet menurut gue tipis banget. kalo dibandingin sama hape clam-shell jelas nih tablet lebih tipis.. Apa lagi kalo dibandingin sama ketebalan skripsi.. Ukuran tablet ini kira-kira setipis korek api yang biasa dijual di swalayan itu loh~


Di bagian belakang, covernya juga didesain dengan bentuk tidak rata kayak permukaan kulit jeruk agar cengkeraman tangan kita jadi lebih nyaman. Nggak licin, nggak gampang jatoh..


Terus layarnya juga yang tipe capacitive, jadi nggak perlu dicolok-colok buat milih menunya, nggak perlu stylus buat ngeklik aplikasinya dan fitur multi-touch juga lancar jaya.. Jadi puas buat maen cubit-cubitan sama layar nih tablet. Tiada cewek, tablet pun jadi~

Sekarang kita intip dalemannya dulu yak.. Berikut gue tulis spesifikasi nih tablet:

CDMA 2000 1x EVDO Rev A 800Mhz
Android 4.0 Ice Cream Sandwich
1 Ghz Processor (ARM Cotex-A8)
1GB RAM
7 inch TFT LED (1024 x 600)
Capacitive Multitouch Screen
Internal Storage 4GB Nand Flash
Battery Lithium 3000mAh
Google Apps
Built in GPS
Dual Camera: Back 2MP & Front 2MP
WiFi 802.11b/g/n, Bluetooth 2.1 , microSD up to 32GB, mini HDMI
RUIM enabled
Google Apps, Adobe Flash Player ver10.3
Dimension 199.5 x 126 x 10mm

Oke.. Ngomongin soal daleman nih tablet, gue bisa bilang Smartfren Andro Max Tab 7.0 cukup mumpuni.. Dengan Processor 1 Ghz dan RAM 1 GB, Smartfren Andro Max Tab 7.0 cukup ngacir buat multi-tasking.. Gue tau, sebagian besar dari anak muda sekarang, pasti demen banget make aplikasi macem-macem buat stay in touch sama temen-temen. So, gak usah khawatir.. Kalian tetep bisa ngegame, sambil ngereply mention temen tanpa perlu nutup gamenya di tengah jalan.. Tablet ini bakal bisa memenuhi nafsu kalian buat online dari bermacam-macam aplikasi kayak Twitter, Facebook, YM, WhatsApp, instagram, etc SECARA BERSAMAAN.. Dengan koneksi dari Smartfren, tentunya semua kegiatan online kalian bakal lancar-lancar aja..


Ada dua kamera yang disediakan sama tablet ini. Yup.. Ada kamera depan dan belakang.. dua-duanya mempunyai resolusi 2 Mega-Pixel. Kamera belakang siap buat motretin makanan kesukaan kalian, kamera depan siap buat motretin pose-pose narsis andalan kalian. Terus, asiknya semua poto yang barusan kalian ambil dari kamera, bisa langsung diupload ke aplikasi-aplikasi favorit kalian di dunia maya.. Yup.. Take and Share!!

Testing Back-Camera

Testing Front-Camera

Buat yang udah kerja dan kerjaannya sangat ngandelin email, nih tablet udah punya fitur push-mail.. Jadi kalo ada email masuk, bakal kalian terima secepatnya deh.. Yup.. Email would be as simple as SMS on this device. Asiknya lagi, pake nih tablet, cukup dengan satu aplikasi, kalian bisa ngejalanin lebih dari satu email! Dan ada banyak aplikasi-aplikasi office yang siap ngebantu kalian ngelola file-file yang berhubungan dengan kerjaan di kantor.

Buat yang demen ngegame, dari yang udah gue test dari kemaren-kemaren, nih tablet udah kompatibel dengan banyak game di Google Play. Secara, nih tablet udah make OS kece dari Android.. Ice Cream Sandwich! Beuh.. Nih OS bikin tampilan nih tablet jadi "Berasa banget Tabletnya".. Iya, OS Ice Cream Sandwich tampaknya emang didesain khusus untuk tablet.. Makanya beberapa fitur "henpon" nggak bakal bisa ditemuin di OS ini. Efek positifnya, nih tablet jadi kerja optimal sebagai tablet. Which only needs internet.

Salah satu menu andalan Android, yaitu google map menancap mantab di tablet ini. So, nggak usah khawatir kalo pergi kemana-mana, GPS di Tablet ini siap menemani kalian. Soal ketahanan baterai sih relatif. Tergantung pemakaian, seberapa banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan (multi-tasking), seberapa terang layarnya menyala, koneksi yang sedang dipakai. Kalo dari yang udah-udah, gue biasa ngecharge sehari sekali dengan pemakaian wajar.

Kesimpulannya, menurut pendapat gue, nih tablet cukup worth it. Dengan duit kurang dari 1,5 juta, dapet tablet yang udah pake layar Capacitive 7 inch, OS Android terbaru, koneksi kenceng, bentuknya elegan, di mata gue itu lebih baik daripada ngejar merk yang buagus tapi dengan duit yang sama cuma dapet device dengan spek minimalis. Jangan mau jadi korban gengsi deh~ Buat gue, tablet ini cukup bisa dipertimbangkan buat temen ngabuburit.. A quite good time-killer~

For more info, check : www.smartfren.com