Selama gue ngekost di Jogja, gue udah banyak makan asam-garam atau bahkan asam-lambung dari kehidupan.. Iye, udah hampir sewindu gue jadi mahasiswa,  dan selama itu juga gue jadi anak kost. Nah, sebagai anak kost, pastinya gue ngalamin banyak banget masalah-masalah yang hanya dihadapin oleh anak-anak kost. Mungkin di antara kalian, ada yang baru jadi anak kost? So, hari ini gue bakal bahas masalah-masalah yang sering dihadapin oleh anak kost. Biar kalian jadi waspada dan tau jalan keluar dari masalah itu. Cekidot!

1. Bokek

Jadi gue pernah ngalamin yang namanya seminggu nggak megang duit sepeser pun gara-gara telat gajian. Bayangin aja kalian hidup jauh dari orang tua dan sanak saudara, kelaperan, dan nggak bisa makan. Tentunya itu sangat mengenaskan. Nah, problem solvingnya, dulu gue selalu beli mie instant banyak-banyak tiap abis gajian. So, walaupun gue gak megang duit, gue masih bisa makan mie instant. Kadang gue makan secara mentah dengan diremukin, atau gue masak pake rice-cooker. Iye, seminggu berturut-turut gue makain mie instant terus. Setelah gaji gue turun, Alhamdulillah, duitnya langsung dipake buat bayar opname karena tifus.


2. Air mati

Kalian yang lagi nyari kost, plis banget perhatiin point ini. Pastiin air di calon kostan kalian itu lancar-lancar aja. Soalnya, gue pernah tuh ngalamin hidup 2 minggu tanpa air di kost gara-gara pompa air mati. Sedangkan yang punya kost, gak serumah sama gue. Jadinya doi cuek bebek aja gitu. Efeknya, gue nggak bisa nyuci piring, nyuci baju, dan cebok. Pernah gue nekat cebok pake soft-drink, tapi endingnya pantat gue dihajar sama segerombolan semut yang mencium ada bau gula di pantat gue. Bangun tidur, pantat gue bengkak kayak kue donat gosong.

3. Maag

Sakit maag tampaknya emang penyakit wajib bagi anak kost. Anak kost yang belom pernah ngerasain maag itu kayaknya belom jadi anak kost yang akhil-baliq. Tapi bukan berarti kalian harus sampe kena sakit maag biar dibilang gaul loh ya.. Kalo bisa, hindarin deh penyakit yang satu ini. Karena maag itu adalah penyakit seumur hidup. Sekali kalian kena, nggak bakal sembuh selamanya. Cuma bisa dicegah biar gak kambuh aja. Gue pernah ngalamin sakit maag yang level dewa, istilah medisnya Gastritis. Kalo udah kambuh, perut kembung ampe buncit, paru-paru rasanya kayak ditekan sama lambung sampe sesak nafas. Dan penyakit ini suka kambuh dari jam 11 malem ampe jam 3 pagi. Praktis, gue baru bisa tidur setelah jam 3 pagi. Empat jam sebelumnya gue pake buat salto, push-up, breakdance di kasur demi menikmati pedihnya dihajar oleh sakit maag.

Nah, kalo kalian nggak mau ngalamin hal yang sama, perhatiin deh pola hidup kalian. Iya, pola hidup.. bukan cuma pola makan. Maag gak cuma muncul karena telat makan, tapi juga karena stress yang berlebihan. Gue dulu kena maag gara-gara makan gak teratur karena keasyikan ngegame, dan stress karena revisi skripsi ditolak mulu sama dosen. Wajar lah gue kena maag, soalnya nggak ada cewek yang ngingetin gue buat makan.. Wajar lah kalo gue kena insomnia, soalnya nggak ada cewek yang ngingetin gue buat bobo.. Dan sekarang alhamdulillah udah nggak kambuh-kambuh lagi karena gue menerapkan gaya hidup sehat di mana gue selalu nyiapin camilan, dan nggak keseringan galau gara-gara skripsi biar gak stress.

4. Terlantar

Sebagai anak kost, kita diwajibkan buat hidup mandiri. So, kita harus bisa nyuci baju, nyuci piring, nyetrika sendiri. Dan moment paling menderita adalah kalo lagi sakit. Pastinya nggak bakal ada yang ngurus. Gue pernah pas lagi sakit, terpaksa manggil taksi, terus ke UGD sendirian karena gue kebetulan lagi jomblo. Jadi nggak ada tempat untuk mengeluh di kala sakit, mau pun di kala bokek. Bahkan, gue terpaksa ngerokin badan sendiri kalo lagi masuk angin.

Bayangin kalo misal gue punya pacar, pastinya hidup gue nggak akan terlantar. Ada yang ngerawat pas sakit, nyuciin piring setelah makan, nyuciin baju gue, nyetrikain pakaian gue, nyapu dan ngepel kamar gue, motongin rumput di depan rumah, dan nyuciin motor gue. Hmm.. indahnya hidup bila punya pacar ya~

5. Gak ada kendaraan

Anak kost yang nggak punya kendaraan bakal ribet banget hidupnya. Soalnya segala kebutuhannya kan kudu dicari di luar rumah. Misal tinggal di rumah sih, makan tinggal ngambil di meja makan, kalo anak kost mah kudu ke warung. Dan jarak rumah ke kampus bisa aja lumayan jauh. Kalo tiap hari dipaksain jalan kaki ke kampus, niscaya pas wisuda nggak cuma dapet toga, tapi muncul juga varises di kakinya.

Kalo gue dulu, semester-semester awal kuliah, kemana-mana pake sepeda BMX. Iya, kendaraan gak harus yang bermotor kok. Yang penting cukup meringankan kita aja kalo mau ke mana-mana. Jadi, buat kalian yang ngekost, usahain deh punya kendaraan. Karena dari pengalaman gue, temen-temen gue yang nggak punya kendaraan, efek sampingnya juga nggak bakal punya pacar. Kasian.

6. Jam Malam

Ada tipe kost yang mengaplikasikan jam malam, dimana kalo udah jam 9 malem, gerbang kost udah ditutup dan dikunci. Jadinya hidup di kost nggak bakal sebebas di rumah. Bayangin tiap kalian jalan, dan jam udah hampir menunjukkan pukul 9 malem, kalian bakal panik. Gebetan pasti bakal penasaran kan kalo kalian ajakin buru-buru pulang.

"Eh.. ayo pulang sekarang.. Udah hampir jam 9 nih.. bahaya!!"

"Hah??! Bahaya kenapa??"

"Kalo udah jam 9 malem, aku bakal berubah jadi siluman srigala.."

"....."

So, kalo mau agak enakan, cari kost yang jam malamnya nggak kesorean banget. Misal buat yang doyan jalan, cari deh kostan yang buka ampe jam 12 malem, atau yang tiap penghuninya dikasih kunci duplikat, biar kenyamanan kalian nggak terganggu juga.


7. Pak Kost

Namanya ngekost, udah pasti ada pak kost atau bu kost yang bakal merhatiin gerak-gerik kita selama ngekost. Gue pernah punya bapak kost yang rese. Dia galak banget. Saking galaknya, anak-anak suka manggil dia dengan nama Pak Hitler. Jadi, kalo ada temen gue yang numpang nginep di kost gue, Pak Hitler bakal minta duit Rp. 2.500 tiap malemnya. Terus, gue pernah liat anak sebelah kamar gue yang telat bayar kost sehari gara-gara tanggal merah, nyokapnya gak bisa kirim duit ke bank, Pak Hitler langsung dobrak pintu kamar temen gue itu dan nyeret barang-barangnya ke luar. Kalo dia udah ngamuk, dia suka boker sembarangan. Belakangan, kita baru tau kalo dia lagi diare.

So, buat temen-temen yang mau milih kost, usahain bener-bener teliti dalam menebak karakter pak Kost kalian. Gue dulu juga sempet ketipu sih, soalnya pak Hitler ini keliatan ramah, baik dan bersahabat waktu gue mau masuk kostan dia. Eh.. pas gue udah bayar, sifat aslinya keluar, kepalanya keluar tanduk, pantatnya keluar buntut, jambangnya tumbuh melebat, nyambung ke pantat.

8. Temen Rese

Kalo temen rese sih pasti bakal ada di mana-mana. Nggak cuma di kampus, sekolah, kelas.. tapi juga di kost. Contoh temen rese itu kayak yang demen berisik kalo malem. Iya, gue pernah punya temen sebelah kamar yang berisiknya naudzubillah. Kalo temen-temennya lagi pada main, mereka pasti rame-rame gitaran atau mabok-mabokan di kamar dia. Itu sih belom seberapa ngeselin. Yang paling bikin gue kesel itu kalo ada yang pacaran, dan berisik. Sebagai Tuna-Asmara, gue mengalamin kecemburuan sosial yang sangat mendalam karena hal itu. Contohnya kayak temen kost sebelah gue. Kalo pacarnya lagi dateng, pasti berisiknya bikin kuping dan hati jadi panas. Contohnya, kalo mereka berdua lagi di kamar, gue sering banget gagal tidur siang karena ceweknya teriak-teriak:

"Sayang.. jangan kenceng-kenceng."
"Sayang.. awas.. awas!!!"
"LEHER GUE JANGAN LO INJEK, GOBLOG!!"

So, kalo bisa, cari kost yang nggak terlalu banyak kamarnya deh. Biar elo gak dibikin stress sama anak-anak gitaran rame-rame, terus temen sebelah kamar yang pacaran berisik, dan pak kost yang rese..

Kayaknya itu dulu deh yang bisa gue share tentang masalah-masalah yang paling sering menimpa anak kost. Kalo kalian punya masalah lain selama kalian ngekost dan belom gue share di atas, silakan share di comment box yah! Thank you! :D