Kalian percaya sama yang namanya firasat nggak?
Gue percaya. Dan firasat gue saat ini mengatakan, di postingan ini nggak bakal ada yang ketawa.. Karena gue mau nyeritain kisah yang nggak biasa. Gue mau cerita tentang (Ntah layak disebut horor atau enggak) kisah gue dan temen lama gue yang lumayan bikin merinding sampe ujung bulu ketek. Tapi yang jelas, kejadian itu ngerubah pola pikir gue soal hal-hal di luar logika. Iya, dulunya gue adalah seorang cowok yang selalu mengaitkan segalanya dengan logika. Hal-hal yang nggak bisa dijelasin dengan logika, gue anggep bullshit semata.

Kisah ini berawal jaman gue masih STM. Buat yang udah baca buku gue SKRIPSHIT, pastinya tau banget keadaan gue jaman STM kayak apa. Intinya, waktu itu gue tinggal di rumah gue sendirian tanpa orang tua. Karena nyokap gue merantau di Batam sana, gue mencoba untuk survive dan nyoba hidup mandiri.. Yah.. Meskipun eyang gue rumahnya tepat di belakang rumah gue sih..

Nah, semasa gue hidup sebatang kara di rumah itu, gue punya sohib yang namanya Trisna. Dia itu cowok yang kalem, baik, rajin, nggak neko-neko dan rajin ibadah. Di mana pun dia mendengar adzan, dia bakal menyegerakan diri untuk sholat. Misal lagi jalan, begitu denger adzan dia bakal berenti di POM bensin atau mushola. Misal lagi di mall, tiap waktunya sholat dia bakal nyari mushola di mall itu. Gue suka kagum sama rutinitas ibadah dia itu. Bahkan gue suka malu kalo lagi main sama dia, terus dia mulai beribadah, dan gue nggak mungkin nggak ikutan ibadah. Tapi sering main sama dia, bikin gue mulai ikut terbiasa mengikuti rutinitas ibadahnya.. Yap.. Di mana kita tinggal, nggak menentukan kita bakal jadi orang kayak apa.. Yang menentukan adalah, dengan siapa kita sering bergaul di sana..


Bertahun-tahun gue ditemenin Trisna. Kalo malem, dia jarang tidur di rumahnya dan memilih untuk tidur di rumah gue dan nemenin gue. Trisna itu tetangga gue sih, rumahnya nggak gitu jauh dari rumah gue. So, orang tuanya ngerti kalo Trisna suka nginep di rumah gue karena dia kasian gue sendirian di rumah. Di rumah gue, kita dulu sering bikin eksperimen aneh-aneh. Secara kita sama-sama anak STM Elektro yang suka utak-atik alat-alat elektronik. Mulai dari bongkar pasang TV, bikin pemancar radio FM, sampe bikin lampu hias buat dipasang di motor kita. Jaman gue dulu, motor yang banyak lampunya itu dibilang gaul.. Jaman sekarang, motor kayak gitu dibilang alay. Tapi impian terbesar kita waktu itu adalah pengen kuliah dan kelak jadi orang sukses yang bisa ngeborong gadget-gadget terbaru kayak di tabloid PULSA yang dulu sering kita baca bersama.

Setelah lulus STM, gue mutusin buat mulai kuliah di Yogyakarta. Sedangkan Trisna, mau nggak mau harus menelan kecewa. Orang tua Trisna nggak ngijinin Trisna buat kuliah karena himpitan ekonomi. Sebenernya keadaan keluarga gue dan Trisna nggak jauh beda sih. Keadaan finansial keluarga gue juga pas-pasan. Tapi setidaknya nyokap gue ngasih gue kesempatan untuk kuliah asal nggak ngerepotin beliau, alias nyari duit sendiri. Sedangkan orang tua Trisna, sayang sekali nggak sepaham sama ide nyokap gue. Orang tua Trisna penginnya Trisna buruan kerja untuk membantu biaya sekolah adiknya. Gue tau Trisna kecewa. Tapi gue juga tau, dia bisa ikhlas menerima.

Kami pun menempuh jalan yang berbeda. Gue kuliah di Yogyakarta, Trisna bakal kerja di pabrik elektronika di Batam sana. Sebelum dia berangkat ke Batam, Trisna sempet berpamitan sama gue,

"Jaga diri ya Litt.. Kalo di Jogja cari temen yang bener.. Aku bakal nyusul kamu kalo tabunganku dari hasil kerjaku udah cukup buat bayar kuliah.. Aku janji."

"Ojo sedih loh kowe.. Kerja yang tekun, demi masa depan.. Setidaknya kamu ntar bisa beli gadget-gadget keren lebih dulu daripada aku.. Gajimu mesti gede to.." Gue ngasih jawaban yang bertujuan buat ngesupport apa yang bakal Trisna lakuin.

"Hahaha.. Amin.. Tenang bro.. Aku gak bakal lupa sama temen.. Kalo ada rezeki lebih, kamu ntar tak beliin juga gadget yang sama seperti yang nanti aku punya.. Yang penting doain aku ya!"

Itulah pesan si Trisna yang dia sampein sebelum busnya berangkat. Sejak saat itu, kami cuma bisa berkomunikasi via SMS atau telpon. Hubungan kami dulu lebih sweet daripada hubungan para ababil yang lagi nyobain LDR-an. Setidaknya seminggu sekali Trisna nelpon gue untuk sekedar berbagi tentang apa yang dia alami. Dari kalimat yang sering dia lontarkan, tersirat semacam keinginan buat bikin gue segera lulus dan nyusul dia kerja di Batam sana. Ya.. Nggak perlu nunggu setahun, dalam setengah tahun Trisna udah bisa ngebeli gadget impiannya pas jaman STM. Dia pamerin ke gue kalo dia udah beli PDA. Saat itu gue lumayan sirik, tapi juga bahagia, Trisna telah mendapatkan buah dari keikhlasannya mengikuti pilihan orang tua.

Beberapa bulan berlalu..
Trisna mulai jarang ngabarin. Gue telpon, jarang diangkat. Misal gue SMS, balesnya 2 hari kemudian. Gue mencoba memaklumi, mungkin Trisna udah naik jabatan dan mulai punya banyak kesibukan. Dan gue nggak mau larut memikirkan temen gue yang sudah mengecap indahnya kesuksesan, gue pun mulai menyibukan diri untuk deket dengan temen-temen baru dalam lingkungan baru gue di Yogyakarta. Tetap, rajin kuliah sambil bekerja.

Suatu hari, pada jam pertama kuliah di taun 2007, gue ada ujian akhir semester. Baru juga 5 menit setelah dosen pengawas ujian memberi instruksi untuk mulai ngerjain soal-soal ujian, hape butut bernada polyklinik gue berdering. Sontak seisi kelas mengalihkan tatapan mereka ke gue. Ntah kenapa pagi itu gue bisa kelupaan buat matiin hape sebelum masuk kelas, padahal biasanya gue tuh orangnya sangat telaten dalam ngurusin hape. Waktu gue liat layar hape, ada nama Trisna muncul di sana. Nggak perlu nunggu ujian kelar, gue minta izin kepada dosen pengawas untuk keluar ruangan ujian sebentar demi mengangkat telpon dari kerabat jauh. Alhamdulillah, dosen pengawas ngizinin gue.

"Ya ampun Trisna.. Kowe nendi wae heh?! Dihubungi susah!! Kayak artis wae loh!!" Itulah jawaban gue untuk ucapan "Assalamualaikum" Trisna di telpon karena gue sebel sekaligus rindu.

"Hahahaha.. Maaf Litt.. Aku sibuk tenan.. Jabatanku di pabrik udah naik.. Dari tukang ngelapin PCB, sekarang jadi tukang ngelapin TV!!"

"Halah.. Alesan wae.. Mentang-mentang wis sukses, lupa temen.."

"Tenan Litt.. Aku sibuk tenan. Biar pun gaji nambah, tapi pengeluaran juga bertambah.. Aku sekarang tiap malam diajakin jalan-jalan sama Supri terus e.."

"Lah?! Kenapa kamu nongkrongnya sama berandalan kayak Supri?! Kamu nggak inget jaman kita sekolah dulu, gara-gara kita minum es teh bareng dia doank, kita hampir dibacok sama anak-anak gank musuh dia?! Kowe kok edan to Tris?!"

Ntah kenapa, abis denger jawaban Trisna soal Supri, dada gue mendadak ada letupan-letupan amarah yang luar biasa besarnya. Gue benci banget sama seorang berandal bernama Supri yang dari jaman SMP udah bikin hidup gue ribet cuma gara-gara dia sering ikut-ikutan nongkrong sama gue. Supri adalah contoh berandalan kampung yang suka bikin ribut, dan kalo udah mabuk capernya luar biasa. Bisa pipis sembarangan, atau berak di jendela. Gue nggak suka sama dia, dan gue lebih nggak suka kalo sohib gue jadi suka jalan sama dia.

"Nggak lah Litt.. ini kan di Batam.. Beda sama waktu di Jawa.. Di sini nggak ada musuhnya Supri.. Di sini Supri ngajakin aku seneng-seneng terus.. Supri nunjukin aku caranya menikmati duit hasil keringatku, Litt!"

"Karepmu lah Tris.. Aku cuma ngasih tau untuk kebaikanmu juga! Yowis yo.. Aku lagi ada ujian.. Ntar wae telpon lagi.." Gue nggak bisa ngobrol terlalu lama karena gue nggak mau keabisan waktu buat ngerjain soal ujian gue.

"Bentar Litt.. Desember besok kampusmu wis libur Natal to?!"

"Iyo.. Emange kenapa?" Pertanyaan si Trisna bikin gue mengurungkan niat untuk segera menyudahi percakapan ini.

"Kamu inget hari ini tanggal berapa?"

"21 November.. Dan tengah malem ntar bakal jadi hari ulang tahunmu.." Gue adalah tipe orang yang suka mengingat ulang tahun temen tanpa berbekal bantuan facebook. Karena buat gue mengingat hari ulang tahun teman pake otak itu bakal lebih terasa di hati.

"Nah!! Kowe masih inget toh! Hahaha.. Ngene loh.. Ntar sore kamu berangkat ke Batam mau nggak?!"

"Kowe po edan?! Duit e Londo?"

"Halah.. Nanti tak kirimi duit, tak transfer abis telpon ini.. Tenan!! Yang penting kamu mau ke sini sore nanti.. Biar nanti malem kita bisa ngerayain ulang tahunku.. Abis itu sekalian kamu liburan di sini, jengukin mamamu to.. Kan libur sebulan.."

"Duh.. Bukan gitu Tris.. Aku masih ada ujian sampe tanggal 28.. Aku nggak bisa.. Paling cepet tanggal 29 aku bisanya.." Jawab gue dengan nada minor seminor biola yang senarnya kendor..

"Owalah.. Plis to Litt.. Aku yang bayarin tiket Pulang-Pergi wis.."

"Nggak bisa Tris.. Minggu depan aja ya.. aku janji.. Wis yo.. Aku lagi ujian iki.."

"Tapi Litt...."

*Tut..tut...tut....*

Sengaja telpon gue tutup cepet-cepet karena gue sadar, gue itu gampang dipengaruhi saat gue udah mulai nggak tahan sama rengekan-rengekan memohon belas kasian. Gue pun ngelanjutin ujian gue dengan perasaan resah.

Sorenya, gue sengaja beli pulsa agak banyakan biar gue bisa nelpon si Trisna tepat di tengah malam ntar buat ngucapin selamat ulang tahun. Rencananya gue bakal beli kado buat Trisna sebelum gue berangkat ke Batam untuk liburan minggu depannya. So sweet ya? Gue juga lumayan jijik sih kalo nginget-nginget so sweetnya gue sama seorang cowok.

Tepat jam 12 malam, gue coba telpon si Trisna. Panggilan pertama tak terjawab, Panggilan kedua tak terjawab, begitu juga panggilan ketiga. Gue kasi jeda setengah jam, dan gue coba telpon lagi, dan tetap saja.. Telpon gue nggak diangkat sama Trisna. Gue mencoba berfikir positif, dia udah ketiduran karena kecapekan kerja. Tapi pikiran jelek gue masih ngebisikin hal-hal yang tidak-tidak, soalnya Trisna tadi pas telepon sempet bilang dia mau ngadain pesta sama Supri. Gue nggak bisa tidur malam itu.

Adzan subuh berkumandang, dan gue masih terjaga. Suara dering hape butut gue bikin mata gue yang hampir menutup mendadak jadi terbuka lebar.

"Trisna?!" Teriak gue girang sambil buru-buru ngambil hape gue yang bunyi.

Waktu gue cek layar hape gue, ternyata bukan Trisna yang nelpon, tapi nyokap gue. Gue jadi penasaran..

"Halo mah.. Ada apa?! Tumben nelpon di pagi buta."

"Hik.. Hik.. huuu..." Terdengar suara tangisan hitam di seberang sana. Tangisan hitam adalah istilah gue untuk menunjukan sebuah tangis yang tak bersuara, karena duka mendalam sudah menjejali pita suara.

"Ma.. Mama kenapa?" Gue semakin tergoda untuk nyari jawabanya.

"Mas... Hik.. Trisna, Mass..."

"Trisna kenapa ma?!"

"Hik.. Trisna meninggal dunia..."

Mendengar kalimat nyokap gue tadi, mendadak tatapan gue kosong karena gue ngerasa dunia jadi gelap dan kehilangan warnanya. Gue masih nggak percaya, gue masih berharap ini semua cuma bercanda, sebagai balasan Trisna karena gue nggak bisa memenuhi permintaannya.

"Mama b-bercanda kan?"

"Mama nggak mungkin bercanda dengan membawa urusan nyawa, mas.. Trisna meninggal kecelakaan semalam.. Hik.."

Ya.. Dunia semakin gelap gulita, suara nyokap gue di seberang sana tertutup oleh dialog-dialog penuh tawa canda yang pernah gue lakuin sama Trisna dari jaman kita masih balita. Pagi itu, gue meminta izin kepada semesta untuk berduka..

Singkat cerita, jenazah Trisna diterbangkan kembali ke pulau Jawa, dan dibawa pulang ke kampung halamannya. Gue pun bergegas untuk meninggalkan Yogyakarta untuk mengikuti acara pemakamannya dan mengucapkan selamat ulang tahun sekaligus selamat jalan kepada Trisna.

Sesampainya di rumah duka, nyokap Trisna meluk gue erat-erat.

"Harusnya aku nurutin kemauan Trisna Litt.. Dia mau kuliah, harusnya aku izinkan dia kuliah sama kamu Litt!!" Nyokap trisna melukin gue sambil mengutuk diri sendiri. Gue nggak tau mau ngapain lagi dalam keadaan seperti ini.

"Sudahlah budhe.. Mungkin ini memang udah pilihan terbaik dari yang Kuasa.. Ikhlas aja ya.." Gue tau kalimat itu nggak akan menghibur orang yang sedang ditusuk oleh duka, karena orang yang sudah terlanjur dalam rasa dukanya, akan kehilangan kemampuan mendengar dengan telinga.

Beberapa saat setelah prosesi pemakaman usai, nyokap Trisna ngedeketin gue sambil ngebawa sebuah bungkusan.

"Ini.. Henpon Trisna.. Satu-satunya benda yang tersisa dari dia.. Aku minta tolong kamu jualin ya Le.. Budhe nggak punya uang untuk biaya tahlilan sampe 7 hari ke depan.."

"I-iya budhe.."

Saat itu gue ngerasa lumayan nyesek.. Kalo itu emang satu-satunya benda peninggalan Trisna, harusnya nggak perlu gue jual juga. Tapi nyokap Trisna bener adanya, beliau nggak punya uang untuk menutupi biaya 7 harian si Trisna. Yang gue sesalkan adalah, kenapa waktu itu gue nggak punya duit lebih untuk nebus tuh hape. Jadi, hape itu nggak akan jatuh ke tangan orang lain dan bisa gue simpen sendiri. Sumpah, gue nyesel abis. Tapi mau gimana lagi, hasil gue kerja sampingan emang cuma cukup buat bayar kuliah, kostan dan mie instant. Mau nggak mau akhirnya gue turutin permintaan nyokap si Trisna. Gue jualin hape itu.

Sebelum gue berangkat buat jual tuh hape, bukan bermaksud lancang, gue nyalain tuh hape buat mastiin kalo semua fiturnya masih berfungsi dengan baik. Hape peninggalan Trisna itu adalah sebuah PDA phone keluaran Sony Ericsson berwarna perak, kalo nggak salah tipenya P900. Waktu hape itu nyala, gue ngeliat sebuah icon file dengan judul "Buat Alitt". Ntah kenapa nama file itu bikin jantung gue loncat-loncat. Gue penasaran, dan gue tekan icon file itu menggunakan stylus. Nggak berapa lama, file itu terbuka, dan isinya adalah tulisan yang kurang lebih isinya kayak gini:

"Hai Alitt.. Aku ndak ngerti kenapa aku pengin nulis iki.. Aku juga ndak ngerti kenapa tadi pagi aku pengin banget denger suaramu.. Yang lebih bikin aku semakin ndak ngerti adalah, aku mendadak pengin banget ketemu kamu.. Itulah kenapa aku mau beliin tiket buat kamu.. Tapi sayangnya kamu lagi ujian.. Jadinya kita ndak bisa ketemuan..

Tapi aku udah seneng kok, ternyata kamu masih inget ulang tahunku.. Litt, nek kamu pulang, salam buat ibuku yo.. Ntah kenapa aku ngerasa aku pengen pergi jauh.. Mungkin aku meh jadi TKI.. Dan untuk menuhin janjiku dulu, hape ini bakal tak kasihin ke kamu sebelum aku berangkat keluar negeri.. Hehehe.. Jaga diri ya Litt.. Sampai ketemu lagi nek kita udah sama-sama sukses ya!"

Baca notes itu, gue cuma bisa mematungkan diri. Kaki, tangan, leher gue kaku. Aliran darah gue juga mendadak terasa beku. Saat itu gue nyadar.. Kenapa si Trisna kemarin telpon dengan nada aneh gitu, maksa-maksa gue untuk ketemu.. Dan sejak saat itu, gue pun percaya.. Firasat itu memang ada.. :)

Yang masih gue pertanyakan sampe sekarang adalah, Kenapa orang baik itu biasanya malah lebih cepet dipanggil sama yang kuasa?

Contohnya ya itu.. Saat Trisna tewas, ternyata Trisna lagi diboncengin sama Supri dalam keadaan mabuk. Trisna tewas karena mengalami patah tulang rusuk dan kaki kiri, sedangkan Supri malah nggak mengalami cidera yang cukup berarti.

Trisna adalah contoh anak muda yang bersahaja, yang selalu ngajarin gue tentang indahnya hidup dengan mensyukuri apa yang dipunya. Dia juga ngajarin gue untuk selalu bersyukur atas karunia yang Kuasa dengan cara tidak menunda ibadahnya. Dia adalah sosok yang luar biasa.. Tapi kenapa Tuhan malah lebih cepat "memanggil"nya? Tepat di saat dia mulai merasa "Litt, sekarang aku mengerti cara menikmati uang hasil keringatku sendiri"?

Gue jadi inget sebuah teori yang kurang lebih bernama "Teori Apel busuk". Ya, Sebuah Apel yang mulai membusuk harus segera diambil dari keranjangnya agar tidak menulari Apel-Apel lainnya. Mungkin saat itu Tuhan tau kalo si Trisna sudah mulai bertindak keliru. Dan DIA pun memanggil Trisna, sebelum Trisna benar-benar kehilangan hati sucinya yang dulu.

Terus kenapa orang bandel malah dikasih umur panjang?

Allahu'alam sih.. Tapi IMHO, Tuhan terlalu sayang sama SEMUA hamba-NYA. DIA nggak mau memasukan hambanya ke dalam neraka yang paling dalam tingkatnya. Mungkin, dengan diberi umur panjang dan keselamatan Tuhan mau orang itu berubah dan memohon ampunan-NYA. Sehingga kelak orang itu masih dapet jatah surga.

Yap... Itulah salah satu pengalaman spiritual yang pernah gue alamin sama sohib gue.. Dan ntah kebetulan macam apa, mendadak gue pengin nulis postingan ini tepat 5 tahun 1 bulan setelah meninggalnya sohib gue Trisna.. Gue nggak minta kalian untuk ngejudge percaya atau tak percaya, karena kisah ini gue yang punya. Gue cuma berharap, kisah ini ada manfaatnya, sehingga kepergian sahabat gue Trisna, nggak sia-sia.

Selamat tinggal kawan, pasti kelak kita akan bertemu dalam kesuksesan yang abadi.. :)

Thanks for reading!

P.S. : Oiyah.. Yang udah follow twitter gue lumayan lama, mungkin nggak asing sama cerita ini, karena dulu pernah gue tweetin saat dini hari, dengan versi bahasa inggris karena kebetulan saat itu lagi #EnglishDay.

Yang punya kisah soal Firasat juga, silakan share di comment box yah! Makasihhh.. :D