Haloh.. Haloh..
Hari ini gue lagi seneng, soalnya gue abis nyelesaiin ujian akhir untuk semester ganjil kesekian yang pernah gue jalanin. Dan alhamdulillah semua soalnya adalah soal pilihan ganda. Yang paling nyenengin dari soal pilihan ganda, kalo gue stuck sama salah satu soal, gue bakal mikir,

"Kayaknya dari tadi gue belom pernah make jawaban yang C nih.. Oke.. untuk soal ini, gue bakal jawab C aja deh.."

Nah, berhubung minggu ini adalah minggu-minggu gerilya buat temen-temen yang lagi menghadapi UAS, gue bakal berbagi sesuatu yang berguna buat kalian yang lagi deg-degan saat menjelang ujian. Yap! Hari ini gue mau bagi-bagi ilmu untuk mengenali sifat kucing berdasarkan rasnya. Seperti manusia, beda ras, kucing pun punya perbedaan karakter.

Loh?? Hubungannya UAS sama kucing apa Litt?!

Bodo amat! Tulisan tulisan gue ini..

So, kalo kalian mau miara kucing, pastiin dulu karakter kucing yang bakal lo adopsi itu sesuai sama karakter elo nggak. Soalnya milih kucing itu sama kayak milih pacar, kalo ternyata sifatnya nggak cocok, ntar berantem mulu. Endingnya, kucing lo bakal bilang,

"Aku mau kita bubaran.. Ternyata kita udah nggak cocok lagi.. Hiaw Hiaw Hiaw!"

Oke, berikut ini beberapa sifat kucing yang gue tau, berdasarkan kucing-kucing yang pernah gue piara, atau kucing-kucing yang pernah tewas karena lupa nggak gue kasih makan beberapa minggu:

Kucing Kampung


Gue yakin kalian nggak asing sama kucing ras ini. Kayaknya di tiap pengkolan juga kalian bakal nemuin kucing kampung lagi sibuk malakin anak-anak SMP yang nunggu angkot. Sifatnya bisa macem-macem sih, tergantung di lingkungan mana dia hidup. Kalo dia udah terbiasa dari kecil dipiara orang, dia bakal nurut sama orang. Kalo dari kecil dia udah biasa hidup liar, dia bakal takut sama orang karena dia sering mengalami kekerasan (misal dilempar sendal) saat dia nyolong ikan asin di dapur.

Kucing kampung nggak susah buat miaranya, makanannya gak neko-neko. Dikasih nasi sama ikan asin juga doyan. Dan nih kucing cenderung lebih jarang kena penyakit dibandingkan kucing ras.

Kucing Persia
Kucing Persia punya wujud yang eksotis. Bulunya yang panjang, lebat dan lembut, bakal bikin orang gemes dan pengen melukin sambil ngajak dia guling-gulingan di kasur sampe tewas. Soal sifat, kucing persian cenderung penyendiri dan pemalas. Gue punya kucing Persia juga, namanya Sundae.


Kerjaan dia makan-tidur-makan-tidur-nunggu mati. Meskipun bentuknya lucu, tapi dia jarang banget mau dipegang-pegang sama manusia dalam waktu yang lumayan lama. Tapi kalo kita belai-belai atau kita sisirin dia, dia bakal berpose kayak tante-tante lagi di salon. Dia lebih suka main sendiri, kayak ngejar-ngejar bola kecil, atau nendang-nendangin gulungan benang. Nah, kucing Persia sendiri ada dua jenis umum:
*Red Point


Mancung

*Peak Nose


Pesek

Kucing Siam


Ini adalah salah satu ras kucing favorit gue. Kucing siam, atau sama bule disebut Siamese adalah kucing yang berasal dari Thailand. Ciri-ciri umumnya tuh bagian muka, telinga, kaki, warnanya item, bulu pendek, leher dan kaki panjang. Nih kucing sifatnya cerewet, komunikatif, dan setia.

Kenapa gue sebut dia komunikatif? Nih kucing kalo ketemu orang, bakal meong-meong mulu. Seakan-akan dia menceritakan apa yang dia alamin seharian. Dan dia nggak bakal memotong pembicaraan orang, jadi misal lo ajak dia ngomong, dia bakal nunggu lo ngabisin kalimat lo dulu sebelum dia jawab "meong". Keren ya.. Manusia aja kadang kalah loh sama kucing Siam.. Iya, manusia yang suka motong pembicaraan orang lain dan merasa dirinya selalu benar.

Kucing Himalayan


Kucing Himalayan, boleh dibilang adalah perpaduan antara kucing Siam dan kucing Persia. Ciri khas paling umum biasanya ada warna hitam di wajah, kaki dan telinga seperti kucing Siam, tapi bulunya panjang seperti Persia. Gue punya kucing ras ini, yang gue kasih nama Picolo. Umurnya baru tiga bulan.


Seperti kucing Siam, Picolo sangat komunikatif, manja, dan setia. Dia nggak bisa ditinggalin. Kalo liat gue lagi ngetik (misal lagi ngetik postingan ini), dia bakal melipir dan duduk di pangkuan gue. Kalo gue lagi tidur terlentang, dia bakal duduk manis dan ikut tidur di dada gue sampe gue bangun.


Gue sempet terharu kemaren, waktu gue abis balik dari rangkaian talkshow beberapa kota dan jarang pulang ke rumah selama beberapa minggu. Tau-tau si Picolo jadi suka boker sembarangan. Malah kadang-kadang boker tepat di depan gue. Padahal dulunya si Picolo ini selalu boker di litter-box (kotak pasir) yang udah gue sediain di belakang rumah. Terus gue bawa deh si Picolo ke dokter, pas gue nanya kenapa si Picolo berubah, dokter ngejawab:

"Kemungkinan besar Picolo ngerasa tidak nyaman di rumah anda, karena dia kehilangan orang yang dia sayang.. Jadi, buang air sembarangan itu adalah wujud "protes" dia. Umm... Apakah ada anggota keluarga di rumah anda yang pergi jauh? Mungkin Picolo rindu orang itu."

Gue jawab dengan nyesek, "Saya sendiri Dok.. Akhir-akhir ini saya sibuk.. Saya jarang pulang.. Saya jarang ngasih dia makan, ngelus-ngelus testis dia, dan makan sepiring berdua sama dia.."

Dokter itu tersenyum.. Gue dan Picolo pun berpelukan.. Picolo lalu boker di pangkuan gue.. Terasa hangat.. Sehangat hubungan kami dulu. :')

Dari situ gue belajar, kalo kelak gue pacaran terus gue kangen sama pacar gue yang terlalu sibuk sama urusannya sendiri, gue bakal boker-boker di depan pacar gue itu. Biar dia ngerti, kalo gue bukanlah pribadi yang sama lagi, saat si dia sudah tak ada di sisi. Thanks tipsnya, Picolo!


Kucing Birman


Ini kucing unyu mirip sama kucing Himalayan. Sifatnya pun hampir sama, setia sama manusia, cenderung kepo alias selalu pengin tau. Untuk ngebedain kucing Birman dan Himalayan, liat bulu panjang di bagian leher Birman, dan bagian jari-jari kaki biasanya warnanya putih, sedangkan Himalayan warna dari lutut sampe ujung kaki solid hitam atau cokelat.

Kucing Sphynx


Pertama kali gue tau ada kucing semacam ini tuh dari Raditya Dika. Dulu doi ngasih poto seekor kucing yang menurut gue lebih mirip titisan Dajal itu kepada anak-anak di kantor. Gue mangap, gue shock, gue laper. Karena penasaran, gue pun searching soal kucing Sphynx di internet. Sampe akhirnya gue menemukan fakta bahwa kucing Sphynx ternyata sifatnya nggak sesadis wujudnya. Kucing Sphynx adalah kucing yang setia dan aktif. Dia juga suka nempel sama manusia. Dan tempat favoritnya kalo udah nempel sama manusia adalah di pundak:



Keren!!

Kucing Garong


sengaja photo di atas gue edit demi menyamarkan identitas pak Achenk.

Ini adalah kucing yang paling banyak beredar di mana-mana. Kucing tipe ini adalah kucing yang merugikan bagi kaum hawa. Karena biasanya kucing ini cuma suka mencari mangsa sebagai pemuas nafsu belaka. Setelah nafsunya terpuaskan, dia akan mencari seribu satu alasan untuk meninggalkan sang pasangan. Dan ini adalah salah satu contoh MODUS kucing garong. JANGAN DITIRU KELAKUAN SEMACAM INI! APALAGI DIPIARA!

Nah, itu tadi beberapa sifat kucing yang gue tau. Mungkin bisa jadi pertimbangan kalian yang mau miara kucing juga. Khususnya buat KALIAN-KALIAN yang jomblo dan butuh teman di malam minggu yang sepi, kucing bisa jadi pilihan yang tepat buat diajakin curhat, main game, atau diajak kakak-adikan.

Sebelum ngeadopsi hewan piaraan di petshop, ikutin tips yang dulu gue dapet dari Radit. Doi dulu bilang,

"Lit.. Kalo lo mau ngeadopsi piaraan di petshop, jangan elo yang milih. Tapi biarin mereka yang milih.. Jadi, adopsi aja yang paling pertama deketin lo pas lo di Petshop."

Tips di atas masuk akal sih, kalo kita yang milih, kemungkinan kita dapet piaraan yang nggak suka sama kita, endingnya dia nggak betah di rumah kita, sakit-sakitan dan tewas. Tapi pas tips itu gue jalanin di petshop, gue tungguin yang mana yang ngedeketin gue duluan begitu nyampe di petshop. Ternyata yang pertama ngedeketin gue adalah mas-mas penjaga petshop. Dan dia nggak mau gue adopsi karena orang tuanya masih lengkap.

Tapi akhirnya gue jatuh hati sama Sundae dan Picolo karena mereka yang dateng ke rumah gue. Iye, mereka adalah kucing-kucing tetangga gue yang gue pancing pake makanan biar dateng ke rumah gue, lalu gue sekap selama berminggu-minggu sampe mereka lupa sama pemiliknya yang dulu. MUAHAHAHA!!


Oiyah.. Pesen gue sebelum kalian milih mau miara apa, inget aja kalimat ini: "Binatang piaraan yang dipiara dengan baik, akan menyayangi pemiliknya." :)

SELAMAT MEMILIH!! :D

P.S: Kalo ada yang punya info tambahan soal jenis dan karakter kucing yang asik buat dipiara, silakan share di comment box yah! Thank you! :D