Tadi gue diundang sama mantan-calon-gebetan gue di acara resepsi pernikahannya. Gue nyadar juga sih, temen-temen yang seumuran gue udah pada sibuk ngurusin pernikahan mereka. Bahkan udah banyak juga temen-temen gue yang udah sibuk ngurusin momongan mereka. Sedangkan gue, tiap hari masih sibuk revisi skripsi. Ntah mereka yang terjebak di "pernikahan dini" atau gue yang udah terlalu lama terjebak dalam belenggu skripsi.

Nah, karena gue adalah cowok jantan, gue pun memenuhi undangan mantan-calon-gebetan gue ini. Gue dateng ke acara resepsi pernikahan dia, meski hati gue rasanya kayak abis dibantai oleh jurus Rasengan punya Naruto. 


Ini pose wajib bagi fans Agnes Monica yang mau kondangan
Tapi karena gue adalah tipe cowok yang selalu mencoba untuk menjaga keseimbangan ekosistem, gue nggak mau menyimpan dendam di hati. Oleh karena itu gue mencoba merancang balas dendam ke mantan-calon-gebetan gue tadi biar gue nggak nyimpen dendam lagi. Cara balas dendamnya simpel.. Gue bawa amplop kosong dari rumah, iya.. nggak gue isi duit.. buat syarat aja biar gue bisa masuk ke acara resepsi doi.

 Di sana, gue langsung makan dengan brutalnya sampe lupa fungsi gigi itu apa. Gue makan tanpa mau mengingat apa itu tata krama dan siap mencoreng nama baik orang tua. Itu lah wujud balas dendam gue. Sekarang gue udah lega. Hati gue yang terasa kosong setelah ditinggal nikah si dia, udah terbalas dengan amplop kosong yang gue tuker dengan makanan enak semeja. Muahahaha.. Nggak puas sampe situ, pas gue jabatan tangan sama mempelai pria, gue jailin dia dengan berbisik:

"Selamat menempuh hidup baru ya mas.. Tolong dijaga si Ningsih.. Dan jangan kaget ntar pas kamu tau ternyata dia suka masang busa setebel 20cm di BeHanya. Tenang, yang tau soal ini cuma saya, Supri, Harno dan Dipo kok.. Yang tabah ya~".

Denger kalimat gue tadi, si pengantin pria langsung ngelepas baju pengantinnya, lari-larian di aula, sambil teriak-teriak : "MAMA!! AKU KOTOR MAMA!!"

Nggak lah.. Nggak sampe segitunya.. Tapi soal amplop kosong, itu beneran. #AnakKostItuNggakMauRugi

Nah, hari ini gue mau bahas gimana sih cara mengobati sakit hati karena ditinggal pergi?

Pertanyaan itu sering banget muncul di twitter gue maupun email gue. Para pembaca setia gue pada suka curhat tanpa permisi dengan diakhiri pertanyaan semacam itu, seakan-akan gue ngerti gimana pedihnya ditinggal pergi. Padahal, gue cuma pernah ngalamin sakitnya ditolak sebelum mendekati, bukan ditinggal pergi setelah sekian lama saling mencintai.

Topik semacam itu udah pernah gue bahas di "Tips Ngelupain Mantan" sih.. Tapi sudahlah, gue bakal nyoba ngasih beberapa wejangan yang lebih dalam berdasarkan apa yang gue dapet dari pengalaman temen-temen gue yang udah pernah mengarungi bahtera asmara bersama orang-orang tercinta. Mungkin cara-cara ini terkesan sadis, tapi gue yakin, asal kalian mau nyadar, cara ini efektif juga kok. So, here they are:

Your tears couldn't wipe your sadness.
Ditinggal pergi emang sakit sih. Cuma tentunya itu nggak boleh dijadiin alasan untuk selalu nangis setiap hari. Temen gue pernah yah, gara-gara diputusin pacarnya. Doi nangis ampe bantalnya kempes gara-gara basah ama air mata dan ingus. Padahal mereka baru jadian selama 3 jam. Dan doi diputusin pacarnya gara-gara pacarnya ilfeel pas liat tulisan tangannya jelek, kayak hasil tulisan anak TK korban broken-home. Cemen banget kan alesannya, tapi kok ya ditangisin juga~

Coba pikirin deh, buat apa nangis berlebihan? Apalagi nangisin orang yang terang-terang udah jahat ke kita. Simpan air mata kita untuk orang yang menyayangi dan peduli sama kita. Menangislah saat kamu bisa memeluk dia dan memasrahkan segala beban batinmu di pundaknya. Insyaallah cara itu bisa bikin kalian lebih lega. Karena sebenernya yang pengen dikeluarin oleh orang yang sedang putus cinta itu bukan air mata, tapi isi hatinya.. So, yang mereka butuhin itu cuma telinga.. Bukan bantal yang cuma bisa menyerap air mata.

Realistis dan Optimis.
 Sebagian orang menempuh cara extreme untuk mengatasi sakit hati mereka. Yang paling sering terjadi adalah dengan cara menyakiti diri demi mengurangi rasa sakit di hati. Padahal, banyak juga yang ngelakuin proses "penyiksaan diri" itu dengan cara terbuka dengan tujuan agar dilihat oleh mantannya. Biar apa? Biar mantannya ngerasa terenyuh dan gak tega.

Guys.. cara itu udah BASI pake BANGET!
Nggak usah berharap dia kembali dengan cara menyakiti diri, Lebih baik ditinggalkan daripada balikan cuma karena kasian. Orang-orang yang nggak bakal bisa membaik kehidupannya adalah mereka yang terlalu suka menjebak diri sendiri dalam indahnya nostalgia. Iya sih, kadang kita ngerasa masa lalu yang indah itu nggak terlupakan karena kita tau itu nggak bakal bisa terulang lagi di masa depan. Tapi kenapa kita nggak mengusahakan masa depan yang lebih indah lagi dari apa yang udah pernah kita dapatkan?


Ikhlas.
 Sesakit-sakitnya ditinggalkan, lebih sakit lagi ditinggal pergi tanpa alasan dan kata perpisahan. Iya sih.. Karena dengan cara itu, kita jadi terjebak oleh rasa penasaran.
"Kenapa gue ditinggalin?"
"Kenapa dia bisa gitu aja pergi?"
"Kenapa utang pulsanya nggak dilunasi?"
"Mungkinkah dia kembali?"

Endingnya kita jadi berharap deh..

Harapan adalah pemicu sakit hati yang lebih besar lagi kelak saat kamu tau harapan itu nggak mungkin bisa jadi kenyataan. Hidup terlalu singkat untuk menangisi masa lalu yang indah dan nggak bisa terulang. Lebih baik kita bangkit dan menciptakan "masa lalu yang indah" lagi untuk dikenang di masa depan. Daripada cuma terdiam sampe kamu nyadar kamu nggak ngelakuin apa-apa dan nggak punya apa-apa kelak.

Berhenti berharap kepada orang yang nggak bisa diharapkan. Jangan pula berharap dia akan balas budi atas segala yang udah kita lakukan. Kalo kita ngerasa udah banyak ngasih kebaikan, nggak usah berharap segera dapet balasan. Percayain aja sama Tuhan. Selama kita masih percaya semua ada yang ngatur, kita nggak bakal ngambil keputusan hidup dengan cara yang ngawur.

Just remember.. You've got nothing to lose, kalo apa yang kamu lakuin itu emang tulus. :)


Ambil hikmahnya.
 Sedalam apapun perasaan kalian dulu dalam berhubungan asmara, kalo akhirnya berakhir juga, bukan jodoh namanya. Yang sempurna di matamu, belum tentu yang terbaik di mata Tuhan kan? Kalo udah gitu, yang bisa kita lakuin cuma belajar aja. Ambil apa yang bisa jadi bekal kita buat hubungan kita kelak. Kalo kita mau lebih peka, sebenernya sejahat apapun mantan, pastinya dia meninggalkan pelajaran. Bisa disimpulkan,

"Mantan-mantan itu adalah anak tangga menuju puncak jodoh paling sempurna".

Jadi, injeklah mantan-mantanmu itu sampe kamu dapet jodoh terbaik bagimu. :')

Kayaknya cuma itu aja yang bisa gue sampein sekarang. Sorry gue nggak bisa bahas lebih dalam lagi, karena gue belom pernah sakit ati yang bisa bikin gue pengen motong urat nadi. Jadi kalo ada temen-temen yang punya pengalaman lain lagi buat ngobatin sakit hati, boleh share di comment box! 

And this is the end of the post. Percayalah, kalian nggak bakal mati cuma karena ditinggal pergi! :D