Kemaren adalah hari paling random sedunia buat #SPBU.
Jadi cerita ini berawal saat Poconggg ngajakin gue buat potong rambut. Soalnya gue juga ngerasa akhir-akhir ini rambut gue udah mirip sama sarang komodo. Akhirnya kita berdua mutusin buat potong rambut bareng. Kita pun kabar-kabaran di twitter.



Nah, pas liat gue ama poci janjian mau potong rambut, Bena akhirnya mutusin buat ikut potong rambut. Iya sih, akhir-akhir ini gue juga nggak bisa bedain rambut Bena sama handuk sopir angkot..


Dan demi mengurangi kemacetan Jakarta, Arip punya ide cemerlang.. Gue pun mengamininya..

#MentalPengangguran #GakMauRugiBensin

Singkat kata, jam 15.30 kita berangkat bertiga pake mobil Bena. Dan sampailah kita pada sebuah salon yang keliatan mewah. Kenapa kita sebut mewah? Karena mobil-mobil yang parkir di situ adalah mobil-mobil yang harganya bisa dipake buat umroh 10 kali.. Sedangkan gue, arip dan bena pake pakean seadanya. Celana kolor, sendal jepit dan kaos oblong penuh ketombe di pundak. Tampang kita udah kayak penjual Betadine di Jalur Gaza.

Sesampainya di situ, kita terdiam di dalam mobil cukup lama. Kita nggak berani keluar. Kenapa? Karena kita takut kalo tarip potong di situ mahal banget. Sedangkan, kalo kita mau pergi, gengsi dong ama tukang parkirnya.. Ntar kita dikira miskin.. (Padahal emang iye).. Kita udah jiper duluan..

Ngumpet dalem mobil selama 45 menitan.. Kita udah kayak om-om mau nyulik balita..

Di dalem mobil kita berdebat untuk menentukan siapa yang disuruh turun dan masuk salon buat nanya berapa tarip potong rambut. Iya, ini random banget.. Mau potong rambut, tapi takut nggak bisa bayar.. Sampe akhirnya gue memberanikan diri untuk turun dan melepaskan segenap kemaluan untuk bertanya ke kasir. Itulah nasib gue, selalu jadi tumbal temen-temen gue. Mentang-mentang tampang gue paling melas..

"Umm.. Mbak.. Ini.. Salon ya?"

"Menurut Lo?"

"Hehehe.. Mau tanya mbak.. Kalo potong rambut berapa ya taripnya?"

"105 ribu untuk cowok, dan 150 ribu untuk cewek.."

"Hoo.. Umm.. ngg.. errr.." *Gue udah mangap-mangap karena seumur hidup gue belom pernah nemuin tarip potong rambut semahal itu.*

"Jadi.. Masnya mau potong rambut?"

"I.. Iya mbak.. *glek!* Tapi......"

"Tapi apa mas?"

"Salon ini menerima pembayaran pake kartu nggak? Saya nggak bawa cash.."

"Oh.. boleh.. boleh.. mau pake Visa? Mastercard? Debit?"

"Umm.. Saya bawa kartu miskin dari kelurahan sih.. hehehe.."

*PRANG!!!* (Suara hairdryer melayang)

Dan gue langsung lari ke dalam mobil.. Bena pun langsung tancap gas dan kita kabur secepat Aurel Move on.

Bena : Ah! Gila aja! Potong rambut doang segitu mahalnya! Mending buat beli bensin!
Gue : Iya Ben! Mending buat beli pulsa!
Arip : Duit segitu sih cukup buat beli perban banyak-banyak.. untuk nyembuhin luka di hatiku~
Gue & Bena : *Lempar Arip ke Tol*

Terus karena bete sama kelakuan mbak-mbak salon tadi, kita mendadak laper.. Kita pun mampir ke Blok M Plaza buat makan dengan brutal demi meredam emosi. Karena khilaf, kita tadi pesen makanan terlalu banyak. Padahal kita lupa, kalo kita lagi kere.. Akhirnya buat bayar makanan itu, kita terpaksa ngerogoh-ngerogoh kantong, kaos kaki, dan beha buat ngumpulin duit..

Sebagian duitnya bau bawang.. Sumpah..

Setelah puas makan, kita masih merasakan emosi yang luar biasa kepada mbak-mbak salon tadi. Kita pun mencoba untuk melampiaskan emosi itu dengan main ke lapangan tembak Blok M plaza. Dan di situ kita membantai target tembakan dengan membayangkan mbak-mbak salon mahal tadi..

Misal ini beneran muka orang, pasti bentuknya udah nggak karuan~

"Bena nembak sambil teriak-teriak: TURUNKAN HARGA SHAMPOO!!!"

Setelah puas maen tembak-tembakan, kita merasa cukup lega karena amarah tersalurkan.. Setelah itu, Arip ngajakin kita buat nonton di 21 PS. Kita pun ngikut aja.. itung-itung nyari hiburan karena kita masih bete dikit gara-gara mbak-mbak salon tadi. Gila aja, potong rambut aja 100 rebu lebih!

Seusai nonton, kita lanjut makan di KFC Kemang untuk memenuhi perut kita yang mulai laper karena emosi mulu dari sore. Dan nggak kerasa, jam udah menunjukan hampir pukul 12 malem. Kita memutuskan untuk segera pulang, sebelum kita berubah jadi siluman tapir. Dan kita bersyukur, kita sudah menghemat duit 105rebu hari ini karena nggak jadi potong rambut..

Dan sesampainya di kost, gue baru nyadar.. Gue tadi batal potong rambut buat menghemat duit, tapi pada kenyataannya duit yang udah gue abisin buat menghibur diri tadi malah lebih banyak daripada tarif potong rambutnya. So, gue pulang ke rumah dengan keadaan dompet sekarat, dan rambut masih utuh.. Inilah saat tiga orang tanpa tujuan hidup berkumpul.. What we do, is never planned.. But the best part is, we always enjoy every shit we have!

Btw, sehari sebelomnya kita bertiga talkshow di Binus..

Arip lagi ngerap pake bahasa Zimbabwe

Dan alhamdulillah acaranya sukses, auditorium Binus pecah.. Kita juga jadi semangat untuk talkshow bareng-bareng lagi! Anyway, tanggal 7 besok, gue ama Arip bakal Talkshow di Atma Jaya jakarta..



Tanggal 18 Maretnya, SPBU bakal menyesatkan anak-anak Jogja!


Dateng yak! :D