Hari ini, Indonesia sedang merayakan Hari Demo Nasional.. Di mana ritual puncaknya adalah bakar-bakar ban di tengah jalan, dan nggak jarang ditutup dengan aksi penjarahan sembako atau mungkin juga penjarahan konter Victoria's Secret oleh ibu-ibu yang tidak terima dengan harga BBM yang melambung.. Dan entah apa hubungannya..

Inilah Indonesia.. Bangsa yang gue cintai, tapi dipenuhi oleh orang latah dan suka melakukan hal-hal barbaris untuk menyampaikan aspirasi.. Kenapa gue bilang mereka latah? Kasusnya kayak di bawah ini:
Yup.. SEBAGIAN dari orang-orang yang ikutan demo menolak kenaikan harga BBM, gue yakin banget mereka nggak ngerti alasan kenapa BBM naik dari segi urgensi kenapa pemerintah ngelakuin itu.. Ada yang melakukannya demi dapet nasi bungkus.. Ada juga yang pengen masuk tipi.. Emang bisa gitu, kita masuk tipi gara-gara kita ikutan demo, terus besoknya PH ngehubungin kita buat ikutan maen film? Paling mentok misal maen film juga berperan jadi Tripod. Sampe akhirnya gue sadar, IQ temen gue ini memang layak untuk dimaklumi dan gue sedikit iba saat gue tau dia.......

Ahh... Sudahlah... Mari kita pindah topik.. Males ngomongin keadaan bangsa, yang jelas gue khuznudzon aja, bahwa apapun keputusan pemerintah itu memang sudah dipertimbangkan dan untuk kesejahteraan kita ke depannya. Tawakal aja deh.. Tuhan gak tidur..
Btw kenapa gue bahas soal demo-demo? Soalnya gue mau bahas tentang cara ngusir temen yang suka main tapi nggak pulang-pulang.. (Ntah apa hubungannya lagi..)

Tadi gue keinget jaman gue kuliah di Jogja (yah.. Walaupun sekarang juga masih kuliah), gue punya temen.. Sebut saja namanya..... Supri. Dia adalah seorang tukang parkir yang lahannya ada di deket kost gue. Nah, dia sering maen ke kost gue buat maen PS, numpang mandi, atau numpang pacaran. Yap! Yang terakhir itu ngeselin abis! Gueh yang punya kamar, Gueh yang bayar kostnya, tapi GUEH JUGA YANG KUDU NGERAPIIN KAMAR KALO ABIS DIPAKE SUPRI GULING-GULINGAN SAMA PACARNYA! GUE YANG NYUCI PIRING KALO ABIS DIPAKE SUPRI SUAP-SUAPAN SAMA PACARNYA! DAN GUE HARUS MELIHAT SEMUA KEMESRAAN MEREKA TANPA BISA MEMBALAS DENGAN KEMESRAAN YANG SAMA! PEDIHHH TAUUUKKK!!

Nah, yang gue sebelin adalah, Supri ini kalo maen suka lupa waktu.. Rekor terakhirnya tuh 2 minggu dia nggak pulang-pulang. Tiap balik kerja langsung nongol di kost gue, mandi di kamar mandi gue, pake sabun gue, handuk gue, sempak gue.. Alhamdulillah, besoknya bokong dia kena Kusta..

Jujur gue merasa terganggu dong. Kan gue juga butuh privasi. Kalo tiap hari selalu ada Supri, gue nggak bisa ngelakuin hobby-hobby yang biasanya cuma mau gue lakuin kalo lagi sendiri, kayak:

1. Nelpon Customer Service buat digombalin
2. Nyebar SMS "Mama minta PIN ATM"
3. Coli #BeraniJujur

Nah.. dengan adanya si Supri di kostan gue selama berhari-hari itu, gue jadi nggak bisa ngapa-ngapain to. Mau ngapa-ngapain serba nggak nyaman.. Sampe akhirnya gue kepikiran beberapa cara buat ngusir si Supri dari kost gue secara "halus". Dan cara-cara berikut ini bisa juga kalian praktekin kalo mengalami hal yang sama:

1. Pura-Pura Mau Pergi


Trik pertama ini, biasanya ampuh buat ngusir tamu yang masih belom begitu akrab. Contohnya misal kalian didatengin orang yang naksir sama kalian. Tapi karena kalian nggak suka sama dia, kalian pun bikin alesan,

"Sorry yah.. nggak bisa nemenin lama-lama.. Gue mau ke rumah sakit nih.. Kucing gue lagi menjalani therapy karena dia abis jadi korban pemerkosaan di angkot.. Dia masih suka shock dan lari-lari panik setiap ngeliat anjing.. Kasian."

Denger kalimat di atas, tentunya temen kalian itu nggak bakal stay dong.. Pasti dia bakal buru-buru pamit karena dia pasti bakal sungkan kalo ditinggal sendirian di rumah.
Tapi beda kasus sama si Supri. Dulu gue pernah pura-pura packing di depan Supri. Sengaja biar dia liat dan penasaran. Terus dia pun nanya,

"Loh.. Kok bawa pakean banyak-banyak di tas gitu? Mau ke mana Litt??"

"Gue mau ke Sragen selama beberapa hari nih.. Kangen sama eyang.."

Dengan jawaban itu, gue berharap Supri bakal ikutan beres-beres barangnya dan ikutan cabut dari kost gue. Dan gue pun nggak perlu balik ke Sragen, karena emang balik ke Sragen itu tadi cuma alesan gue doang kok.. Tapi ternyata, si Supri malah jawab,

"Wah.. Salam buat eyangmu ya! Biar kamarmu aku jaga! Daripada kosong, kotor, mending aku jagain aja.. Lumayan.. Bisa buat pacaran!! Hehehehe~"

Denger jawaban si Supri itu, gue berasa kayak abis digiles pake Monorail jurusan Kebon Jeruk.. Gue shock.. Gue gak nyangka si Supri bakal tetep bertahan di kost gue, meskipun gue nggak ada di sana.. Endingnya, gue terpaksa nginep di rumah temen gue selama beberapa hari untuk menutupi alesan gue ke Supri tadi, karena emang dari awal gue nggak pengen balik ke Sragen. Jadwal kuliah masih padet.. INI YANG PUNYA KAMAR SIAPA, YANG TERLANTAR JUGA SIAPA COBA?! #EmosiLevelDebtCollector

2. Suruh Orang Dateng Ke Rumah


Tips ke dua ini juga ampuh buat ngusir tamu yang nggak kalian inginkan. SMS aja temen baik kalian suruh dateng ke rumah, begitu dia dateng, ajakin ngobrol sampe bisa bikin tamu yang tak diinginkan tadi ngerasa dikacangin. Lama-lama juga gak betah, dan pamit pulang deh! #MissionSuccess!

Tapi tips ini juga nggak mempan buat bikin Supri pulang dari kost gue. Padahal gue udah nyuruh temen gue dateng ke kost, gue ajakin temen gue ngobrol ngalor ngidul biar si Supri ngerasa dia udah dikacangin. Tapi apa kenyataanya?! SI SUPRI MALAH ASIK MAIN PLAYSTATION BERJAM-JAM TANPA MERHATIIN KITA BERDUA YANG LAGI SOK SIBUK NGOBROL! JADINYA MALAH KITA YANG DIKACANGIN SUPRI!! KAMPRET LEBANON!!!

3. Bilang Kalo Dia Lagi Dicariin Ortunya


Trik yang ini dulu sering gue pake pas masih kecil, buat ngusir temen gue yang main ke rumah dari pagi ampe malem. Biasanya gue bilang,

"Woy.. Tadi lo dicariin nyokap lo.. Disuruh pulang.. Di rumah lo lagi ada sodara lo yang dateng dari luar kota bawa oleh-oleh.."

Dan gak sampe 5 menit kemudian, temen gue itu pun ngibrit pulang.. Tapi, trik itu nggak mungkin bisa gue lakuin ke si Supri.. Karena Supri itu anak Yatim-Piatu.. :(

4. Nggak Pake Trik


Ini adalah cara terakhir yang bisa kita lakuin kalo udah bener-bener desperate saat semua cara pengusiran halus tadi gagal semua. Yap, seperti yang gue lakuin ke Supri pas desperate.. Endingnya gue ngomong ke si Supri apa adanya. Yap, nggak semua masalah bisa diselesaikan dengan kebohongan, tapi kejujuran selalu mampu menciptakan kedamaian, meskipun kadang menyakitkan. But it's a peaceful-pain, though..
Akhirnya, gue bilang ke Supri:

"Supri.. Gue minta elo balik ya.. Bukannya gue nggak suka kalo elo di sini.. Gue suka kok kalo ada yang nemenin.. Cuma, kadang gue juga pengen menyendiri.. Apalagi sekarang lagi musim ujian.. So, gue perlu waktu buat belajar dengan tenang.. Gue harap elo ngerti ya Pri.."

Mendengar permintaan gue itu, Supri senyum sambil mulai mengemasi pakean dia..

"Hehehe.. iya Litt.. Aku ngerti.. Aku udah terlalu lama di sini juga.. Maaf ya banyak ngerepotin.. Kapan-kapan aku masih boleh maen sini kan?"

"Hahaha.. Boleh lah Pri.. Sante aja.."

"Wah!! Yowis!! Begitu ujian kamu udah selesai, AKU BAKAL BALIK SINI, TENANG, AKU BAKAL BAWA KASURKU SENDIRI KE SINI!! YEAHH!!"

"SUPRI!! BACOK AKU PRI!! BACOK!!!"

-The End-