Kira-kira 10 taun yang lalu, memiliki mobil masih menjadi mimpi yang hampir mustahil untuk jadi kenyataan. Sebagai seorang mahasiswa yang harus kerja untuk memenuhi kebutuhan hidup dan membayar kuliah, dengan gaji 800 ribu per bulan, membeli mobil tentunya bakal butuh waktu berpuluh-puluh tahun untuk menabung. Atau, kalau mau jual ginjal, ya mungkin bisa terwujud dalam waktu lebih singkat.

Tapi gue adalah tipe pemimpi yang pantang menyerah. Gue bikin Dream-note atau catatan berisi impian-impian yang pengin gue wujudkan. Selain ditulis, gue juga selalu mengusahakan dan membayangkan rasanya jika mimpi-mimpi itu jadi kenyataan. Kalo gue belum bisa memiliki mobil itu, setidaknya gue bakal bertindak seolah-olah udah punya mobil, meskipun gue sedang naik motor. Jadi, saat gue naik motor gue (matic), tiap ngegas motornya, gue gerakin kaki gue seolah-olah sedang nginjek gas dan kopling. Hal itu gue lakuin setiap gue naik motor. Gue selalu percaya, Tuhan akan memberikan sesuatu yang memang pantas untuk hamba-NYA. Nah, dengan bertindak seolah-olah gue pantas untuk mengendarai mobil, gue mau Tuhan akan memberikan gue mobil beneran.

Kurang lebih 6 tahun berselang, gue ternyata bisa mewujudkan impian gue untuk beli mobil. Nggak.. Gue nggak ngejual ginjal. Tapi gue udah bisa menjadi penulis. Dengan pendapatan sebagai seorang penulis yang sebenarnya seadanya juga, gue pun bisa membeli mobil. Bukan mobil baru, dan juga bukan mobil tipe terbaru.


Yang gue beli waktu itu adalah mobil Honda Genio tahun 1995. Iya, usianya hampir sama tuanya dengan gue. Kenapa gue milih mobil itu? Selain harganya lebih terjangkau, juga karena waktu gue kecil, almarhum kakek gue kalo lagi naik bus bareng gue selalu bilang,

“Kelak kalo kamu udah gede, beli mobil kayak itu. Ada AC-nya, nggak panas kayak bus ini.”

Dan waktu itu, yang gue inget mobil yang beliau tunjuk adalah Honda Civic Genio.

Memiliki mobil ini, bukan mempermudah hidup gue. Kenapa? Karena saat gue membelinya, gue belum bisa nyetir mobil. Sumpah, gue nggak becanda. Seminggu gue memiliki Jeni, nama mobil gue, gue udah dapet bencana. Yaitu, saat gue baru belajar nyetir dan markirin mobil di rumah. Setelah parkir, gue tinggal si Jeni masuk ke rumah. 15 detik kemudian terdengar suara gaduh di luar.



Saat gue cek ada apa, ternyata si Jeni sudah meluncur ke rumah tetangga dan menabrak pagar rumahnya. Pelajaran yang gue dapet hari itu adalah, jangan lupa untuk menarik rem tangan saat parkir.


Beberapa minggu setelah kejadian itu, si Jeni rewel terus. Sampai-sampai si Jeni harus turun mesin 3 kali karena mesin over-heat mulu. Kesalahan gue adalah, tuh mobil yang rusak radiatornya, tapi yang gue benerin adalah mesinnya melulu. Tapi nggak apa-apa, setidaknya gue dapet pelajaran lagi untuk mengenal mobil secara lebih jauh. Sekarang gue ngerti, kalo mobil gak bisa di-start, yang pertama dicek itu aki, bukan spion.

Jeni sekarang gue museumkan dengan segala prestasinya. Karena, gue nggak kuat buat ngurusin tuh mobil. Biaya perawatan dan perbaikan selama memiliki Jeni, kalo gue hitung-hitung, malah bisa buat beli mobil lain lagi yang lebih waras. Makanya, Jeni gue museumin di rumah sodara gue. Nggak gue jual, gue jadiin sebagai salah satu pengingat bahwa segala impian, tidak akan mustahil, asal sesuai dengan usaha kita untuk mengejarnya.

Nah, ngomongin soal beli mobil nih. Gue mau ngasih pesan kepada kalian bahwa kalo beli mobil, kalian harus bener-bener jeli. Apalagi kalo mobil 2nd hand. Jangan sampai kejadian kayak gue menimpa ke kalian juga. Berikut tip-tip yang bisa kalian ikutin:

Kenali Sejarahnya
Kalo mau beli mobil, pastiin lo selidiki dulu sejarah tuh mobil. Gimana pemilik sebelumnya merawatnya. Apakah servisnya teratur? Apakah udah pernah dipake buat nabrak sapi? Lo harus jeli soal yang satu ini. Karena itu akan berdampak pada kualitas mobil itu saat lo pake nanti.

Periksa Kelengkapannya
Beli mobil itu hampir sama kayak beli gadget. Perlu kelengkapan surat-surat yang akan mempermudah mengurus apapun juga. Kalo gadget paling butuh surat garansi. Kalo mobil, perlu surat-surat legal untuk mempermudah segala keperluan di kepolisian. Nah, pas beli, jangan sampai lupa buat mastiin tuh surat-surat lengkap dan tidak bermasalah.

Kondisi Kendaraan
Yah, namanya orang mau beli barang, ya wajib dong memeriksa kondisi barangnya. Apalagi mobil, yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari. Kita wajib banget mengecek kondisi mobilnya, demi lancarnya kegiatan sehari-hari. Jangan sampai keselamatan lo terancam cuma gara-gara tuh mobil ternyata rodanya cuma tiga.

Beli di dealer terpercaya
Membeli mobil di tempat yang bisa dipercaya, pastinya menjadi satu hal yang wajib. Jangan sampai, habis membeli, terus menyesal dan si dealer angkat tangan atau lari. Dengan membeli mobil di tempat yang bisa dipercaya, rasa aman dan nyaman akan kita dapatkan bahkan setelah membeli mobilnya.

Kalo lo terlalu sibuk untuk mencari-cari mobil dengan cara datang ke dealer-dealer, tenang. Gue kenalin lo ke aplikasi jual-beli mobil terpercaya ini. Namanya adalah MOBIL123. Buat yang udah lama main mobil, pasti udah kenal banget dengan yang namanya MOBIL123. Nih website selalu bisa memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi para pelanggannya. Baik itu mobil baru maupun seken. Baik itu mobil biasa, maupun mobil mewah. Buat yang belum tahu, coba cek dulu webnya: www.mobil123.com pasti lo bakal mangap liat lengkapnya pilihan mobil yang dijual di situ.

Nah, MOBIL123 ini meluncurkan sebuah aplikasi untuk jual-beli mobil. Apa yang bikin beda nih aplikasi dibanding aplikasi lain? BANYAK!

Nih di antaranya:

Verifikasi Seller


Penjual mobil yang ada di aplikasi ini nggak sembarangan. Semuanya harus melalui proses seleksi dan verifikasi. Jadinya, pembeli yang belanja di sini bakal ngerasa aman karena yang jualan tuh mobil nggak kabur-kaburan.

Pilihan Lengkap


Mulai dari mobil biasa, sampe mobil mewah, lengkap dijual di aplikasi ini. Sampe sekarang udah ada lebih dari 100.000 mobil yang dijual melalui aplikasi ini. Dan calon pembeli bakal dengan mudah mencari mobil impian mereka. Kalo udah nemu, tinggal disimpan dulu itemnya dengan cara klik tanda bintang.

Perbandingan Item


Aplikasi ini punya fitur unik yang nggak ada di aplikasi jual-beli mobil lain. Fitur itu adalah fitur Perbandingan. Di mana, cuma dengan mengklik tombol BANDINGKAN, aplikasi ini akan menunjukkan hasil perbandingan antara satu mobil dengan mobil lain yang pengin dibeli. Tentu aplikasi ini akan mempermudah lo untuk menimbang-nimbang mobil mana yang mau dibeli, kan?

Penghitung Kredit


Ini fitur lain yang nggak ada di aplikasi lain. Dengan menggunakan aplikasi MOBIL123, lo bisa dengan mudah dikasih simulasi perhitungan angsuran/pinjaman yang akan lo ambil untuk membeli mobil itu misal dengan menggunakan sistem kredit. Nah, dengan fitur ini, lo bakal bisa mempertimbangkan dengan lebih detail dan mudah untuk membeli mobil impian dong.

Nah, itulah info dari gue tentang aplikasi ajaib MOBIL123 ini. Aplikasinya bisa langsung lo download di sini melalui smartphone lo. Untuk Android OS, download di SINI, untuk iOS download di SINI.

Itu cerita gue tentang mobil pertama gue. Lo punya cerita tentang kendaraan pertama lo? Share di kolom komentar, ya!