Tadi waktu gue beberes rak lemari, gue nemu surat-surat jadul yang dikirim sama sahabat pena gue. Buat adik-adik yang lahir setelah masehi, pastinya nggak paham apa itu ‘sahabat pena’.

Jadi, zaman gue muda dulu, zaman belum ada social media, zaman belum ada internet, dan zaman cabe-cabean masih jadi embrio yang bisa digugurkan, gue sering temenan jarak jauh. Nah, karena minimnya koneksi, gue cuma bisa mengandalkan surat-menyurat via post. Rata-rata dalam sebulan, kami saling berbalas surat empat kali. Belum lagi kalo pak postnya lagi kena tifus, kadang surat gue baru nyampe setelah gue ubanan.

Dengan kemajuan teknologi, trend sahabat pena pun meredup atau bahkan menghilang karena semua bisa diwakili oleh teknologi digital. Tinggal kirim email atau chat, dalam hitungan detik atau menit, kita bisa langsung dapet balasan dari teman. Kalo dulu mau ngobrol lisan aja kudu ke wartel (warung telepon), sekarang bisa via skype dan bisa ngeliat muka lawan bicara yang berada jauuuh di sana. Cuman, tetep ada yang ngangenin dari surat menyurat sih. Dulu tiap abis dapet surat dari sahabat pena gue, yang pertama kali gue lakuin adalah mencium kertasnya. Wangi.. Aroma asmara~

Oke.. Karena gue adalah salah satu saksi hidup yang pernah menjalani kehidupan tanpa internet, gue mau sharing sudut pandang gue tentang betapa banyaknya internet sudah membantu kehidupan cowok ganteng kayak gue.

Hemat Waktu, Tenaga & Biaya
Zaman dulu, misal mau mesen tiket pesawat, gue kudu naik kendaraan, dateng ke agen tiket, terus bayar. Dengan bantuan internet, gue cukup buka website penjual tiket, pesan tiketnya dari situ, bayar via internet banking. Kegiatan yang dulunya bisa ngehabisin waktu 1 jam, bisa gue lakuin dalam waktu 5 menit berkat bantuan internet.

Zaman dulu juga kalo mau pacaran kudu rutin ke rumah gebetan, rutin ngajak jalan, dan rutin anter-jemput dia kalo pergi-pergi. Dengan bantuan internet, proses dapet pacar cuma sesimpel: Klik-Ketemuan-Jadian. Jadinya gue nggak rugi bensin lagi.

Bikin Pinter
“Tanya aja mbak Google!”
Kalimat itu udah sering seliweran di telinga kita. Iya, berkat internet semua orang bisa jadi mendadak pinter dan sok pinter. Soalnya bisa nanya apaaaa aja kepada google. Terus, google bakal ngasih jawabannya. Duh.. Andai aja zaman gue sekolah dulu udah ada HP, pasti gue nggak bakal tinggal kelas 4 kali.

Tapi, tak ada gading yang tak retak. Google juga suka sotoy. Setiap gue belum kelar ngetik pertanyaan, Google bakal ngasih rekomendasi-rekomendasi nggak wajar:

YAKALI GUE BISA HAMIL!!
atau

Kenapa juga gue ditawarin buat jadi pembunuh berantai? -___-"

Bisa Milih Hiburan Sendiri
Jujur, akhir-akhir ini gue udah gak suka nonton TV, lebih tepatnya TV lokal. Soalnya, acara-acara TV sekarang di mata gue udah nggak sekeren dulu. Zaman gue kecil, tiap hari minggu TV lokal menyajikan acara kartun yang estafet dari pagi ampe siang. Sekarang? Minggu pagi isinya acara musik lip-sync dengan presenter yang itu-itu mulu. Ditambah lagi malemnya disuguhi acara yang ngajak untuk joget ayan massal.

Dengan bantuan internet, gue jadi bisa milih apa yang mau gue tonton. Nggak perlu ngikutin jadwal acara TV. Mau nonton video-video lucu? Mendidik? Menarik? Ada di youtube. Mau nonton film-film keren? Ada di iTunes. Jadi, berkat internet, gue nggak perlu khawatir dengan kelakuan para produser di stasiun TV yang semena-mena bikin acara seenak udel mereka. HAH!

Nah, itu sebagian dari betapa internet ngebantu hidup gue. Tapi, itu semua nggak bakal tercipta indahnya kalo internetnya lemot. Mau streaming video berdurasi 5 menit, buffernya sejam. Mau chatting ngajak dinner, chatnya deliver subuh. Mau skype-an, mukanya kotak-kotak kayak muka tersangka pelaku pencabulan yang disensor.

Untungnya, gue abis dapet info kalo Indosat baru aja ngeluncurin layanan dari jaringan barunya. Jaringan baru yang abis diimplementasiin sama Indosat ini adalah jaringan DC-HSPA+. Konon jaringan ini bisa menyediakan kecepatan hingga 42Mbps yang cepat dan stabil.


Untuk teman-teman yang berada di daerah Jabodetabek, Bandung, Sukabumi, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, dan Bali, kalian udah bisa menikmati layanan ini. Untuk teman-teman yang berada di luar wilayah-wilayah itu, harap sabar dulu. Indosat lagi berusaha menjangkau wilayah kalian dengan jaringan barunya ini.

Dengan diluncurkannya jaringan baru ini, Indosat menghadirkan kartu perdana khusus untuk pengguna internet. Kartunya punya masa aktif 3 bulan dengan kuota internet 3GB tanpa batesan waktu. Jadi, nggak ada istilah murah cuma di tengah malem. Mau skype-an sama kuntilanak?

Ditambah lagi akses gratis ke Super WiFi dan gratis BBM. Kartu perdananya murah kok, harga promonya Rp. 36.000, terus untuk pelanggan IM3, Mentari atau Matrix, bisa berlangganan paket Super Internet 8 GB untuk internetan siang dan malam seharga Rp. 29.900/30 hari dengan cara ketik *123# terus pilih Super Internet atau melalui aplikasi INSTANT dengan cara ngakses dulu link ini: http://instant.indosat.com

Yap.. Itu dulu info dari gue. Semoga berguna buat teman-teman semua. Kalo kalian punya pengalaman seru dengan bantuan internet, silakan share di comment box ya! Selamat bermalam minggu~ Dadaahh!! :D