Kemarin gue nemuin game seru di kosan temen gue. Awalnya gue biasa aja ngeliat nih game. Tapi karena temen gue nggak pernah mau diajak nongkrong nggak jelas di luar, dan milih untuk stay di rumah demi main game ini, lama-lama gue penasaran juga.

Akhirnya gue minta izin buat mainin game dia. Niatnya cuma main 10 sampai 15 menit aja. Tapi nggak kerasa, ternyata gue main game ini selama 2 minggu, dan temen gue ternyata udah jadi tulang belulang karena kelamaan nunggu gue main nggak berhenti-berhenti.

Akhirnya, gue berinisiatif buat nginstall nih game di komputer gue sendiri di rumah biar gue nggak bingung malem minggu harus ngapain kalo nggak ada pacar atau gebetan.

Game keren ini bernama League of Legends. League of Legends (LoL) adalah game strategi yang tidak cuma mengandalkan ketangkasan jari, namun juga mengandalkan otak untuk menciptakan strategi yang mumpuni demi mengalahkan lawan. Ini skill yang kudu dimiliki oleh cowok sejati.

Selain itu, LoL itu game 5v5 yang mengajak kita untuk menciptakan team demi melawan team lain. Nah, dengan memainkan game LoL, sama aja kalian akan melatih jiwa kebersamaan dan kekompakan dengan rekan satu team.

Karena LoL adalah game online, tentunya lo perlu koneksi internet untuk memainkannya. Ada banyak keuntungan kalo kita mainin game online:

- Cuma perlu inget username dan password aja. Semua history game dan pencapaian kita, tercatat di server. Jadi profile lo bisa dimainin di mana aja yang udah ngeinstall game ini.

- Lawannya manusia. Iya, game LoL ini termasuk social game yang melibatkan banyak orang untuk melawan satu sama lain. So, selain main game, lo juga bisa kenal sama pemain lain. Tuh.. Siapa tau bisa dapet gebetan gamer juga.


Sudah ada hampir 70 juta orang yang memainkan game ini. Dan 12 juta user aktif setiap harinya. Bayangkan, dengan jumlah yang sefantastis itu, gue yakin kalian bakal gampang banget buat dapet teman.

Objective game ini ngapain deh?

Jadi, intinya kita harus ngehancurin pos pertahanan (nexus) atau markas tim lawan. Ada lebih dari 100 karakter yang bisa lo pilih sebagai jagoan lo. Masing-masing karakter (champion) punya skill yang unik, jadi bisa lo pilih yang skillnya lo yakinin bakal tak terkalahkan oleh lawan.



Dalam setiap pertarungan, peraturannya adalah 5 lawan 5. Jadi, setiap tim terdiri dari 5 orang yang mengendalikan setiap karakter yang mereka miliki untuk melawan karakter yang dikendalikan oleh tim lawan. Kebayang kan, betapa serunya main rame-rame ngelawan tim orang lain dari wilayah lain?



Gameplaynya nggak susah kok. Adek gue yang masih SD aja, gue ajarin langsung ketagihan. Cukup gunain mouse dan tombol QWER di keyboard. Mouse gunanya untuk mengarahkan skill dan mengarahkan target, QWER gunanya untuk memilih skill yang akan digunakan untuk menyerang lawan. C’mon.. That’s simple.

Nah, sebagai orang yang suka game online, pastinya gue dan mungkin kalian, benci banget sama cheater kan? Kita udah susah payah main jujur, mereka seenaknya bisa make God Mode dan gak mati-mati. Santai.. Game LoL ini diklaim bebas cheat dan hack. Sistemnya juga sudah didukung oleh program AFK-Detector. Program ini gunanya buat memberantas Leaver alias tukang kabur dari game.

Kalo koneksi keputus gimana dong?

Tenang, kalo koneksi tiba-tiba putus, buruan aja konekin ulang internet lo, dan lo bakal dibolehin buat balik lagi ke arena. Asik kan?

So, kalo kalian mau hari-hari basi kalian sirna, buruan download game LoL ini dan mainkan gratis di rumah.

Untuk cara installasi, bakal gue bahas di bawah:

Bisa lo donlot masternya dari web, bisa juga request DVDnya. Nah, kalo udah punya DVDnya, ikuti tutorial ini:


Cara menginstal mudah, cukup dengan mendouble klik installer, lalu tunggu verifikasi penginstalan. Setelah itu masuk ke jendela instalasi, klik lanjut, pilih lanjut instalasi (biarkan default aja). Lalu klik instal, lalu tinggal menunggu jendela pilihan apakah program akan langsung dibuka atau tidak (check box), lalu klik selesai. Pastikan komputer terhubung dengan jaringan internet.


Setelah kalian berhasil menginstal akan muncul form login Garena Plus, untuk mendownload updatean game LoL ini. Kalo ngalamin kegagalan update, kalian bisa mencari manual update di forum, atau untuk lebih mudahnya pakai link ini: PATCH MANUAL

Untuk masuk ke dalam permainan, jika belum mempunyai akun, tinggal klik buat akun, setelah itu akan muncul halaman formulir pendaftaran yang berisi: 

a) email,
b) username,
c) password,
d) konfirmasi password,

Isi dan pastikan bahwa semua kolom telah tercentang dan berwarna hijau disamping tiap tiap kolom. Lalu kembali lagi ke form login masukan username dan password yang telah dibuat, setelah akan muncul tutorial dasar.

Game ini sangat cocok untuk digunakan pemula, karena panduan di dalam gamenya berbahasa Indonesia. Namun jika terlalu lama tidak beraktivitas dalam game, akun kita bisa dibanned oleh sistem leaverbuster yang mengawasi akun kita. Untuk solusinya kita cukup menunggu untuk bisa masuk ke dalam permainan lagi, selama kira 2 menit. Kalo mengalami kesulitan dan lain-lain ada di forum garena plus pada game lol. Untuk info lebih lanjut:


Yap.. This is the end of the post.. Semoga game yang gue kenalin ini bisa ngebantu kalian membunuh waktu. Kalo ada yang kurang jelas dan perlu ditanyakan, silakan tulis di komen box ya!

Thank you!