Gue adalah tipikal orang yang agak susah lepas dari hape, kalo lagi sendirian. Gue suka megang hape ke manapun gue pergi. Makan sambil megang hape, tiduran sambil megang hape, bahkan lagi cebok pun gue sambil megang hape. Jangan heran, gue bisa cebok pake kaki. Iya, tetep pake kaki kiri biar keliatan sopan. Nah, kalian mungkin bertanya-tanya, kenapa gue bisa betah megangin hape?

Jawaban paling jujur adalah, “Gue terpaksa selalu menggenggam hape, karena gue nggak ada tangan pacar untuk digenggam”. *Terdiam* *Duduk* *Makan tanah*

Banyak yang gue lakuin di hape sehingga gue bisa betah seharian megangin hape kalo lagi kesepian. Dan gue yakin, sebagian besar dari kalian juga melakukan hal yang sama. So, mari kita bahas satu per satu:

1. Chatting
Hari gini kayaknya emang udah umum kalo banyak orang yang memilih buat ngobrol via chat daripada langsung ngomong secara lisan. Bahkan kalo udah ketagihan, ampe pas ketemuan di dunia nyata, ngobrol dan bercandanya juga tetep via chat. Aneh.. Kenapa bisa begitu? Berikut beberapa kelebihannya:

- Kalimatnya bisa ditata dahulu sebelum dikirim. Jadinya kemungkinan keceplosan atau salah ngomong, kecil.
- Bisa make emoticon lucu. Biasanya orang yang lagi PDKT suka brutal make emoticon yang genit-genit, misal nyium-nyium atau peluk-peluk. Padahal kalo ketemu di dunia nyata, mukanya datar banget, kayak aspal jalan tol.
- Bisa dibaca ulang. Karena wujudnya tulisan, chat history bisa disimpan dan dibaca ulang kelak misal kangen sama si temen chatting. Atau, bisa juga buat ngelabrak pacar misal si pacar ngelanggar janji yang pernah ditulis via chatting. Tinggal tunjukin chat history atau screenshoot chatnya aja. *ENG-ING-ENG!* 

 2. Main Socmed 
Ada orang yang sangat kecanduan sama Social Media. Biasanya, orang yang kecanduan social media bakal punya motto hidup, “Semua masalah gue, dunia harus tau.” Dengan pedoman semacam itu, si pecandu socmed ini bakal sering banget curhat di akunnya. Mulai dari hal yang penting, sampai hal yang akan membuat orang yang membaca status updatenya merasa baru saja membuang waktu berharga mereka. Misal: 

“Aku sebel. Tugas kuliah 5 biji, kudu kelar malem ini.”
“Aku kangen pacar…… Orang.”
“Hari ini baru bisa kentut 2 kali.”

Selain update status, biasanya para pecandul social media juga bakal doyan nge-upload foto-foto yang mereka jepret setiap hari. Mulai dari foto selfie wajah mereka sendiri saat bangun tidur, sampai foto selfie ekspresi mereka sendiri saat mau ditabrak sama tukang ojek pas lagi nyeberang jalan. Pecandu social media yang paling sakit, menurut gue adalah pengguna Path yang kerjaannya tiap hari ngitungin jumlah teman. Jadi kalo berkurang satu orang aja, dia bakal heboh seakan-akan ditinggalin temannya meninggal dunia. Agak aneh memang, teman di dunia maya aja diitungin mulu. Giliran teman di dunia nyata malah nggak pernah diajak ketemu. Padahal, kalo misal orangnya sakit, dia nggak bakal berkurang penderitaannya dengan cara dikasih tombol ‘frown’ doang.

3. Baca
Ini adalah salah satu kegiatan favorit gue pas megang hape. Dengan canggihnya gadget zaman sekarang, kita jadi bisa baca berita maupun buku dengan jumlah luar biasa banyaknya.

Gue suka baca kanal-kanal berita yang topiknya bisa gue pilih sendiri. Misal gadget, tekno, atau berita soal mantan. Selain berita, gue juga suka baca buku atau komik yang sebagian bisa gue donlot gratis di hape maupun di tablet. Ya, nggak ada lagi mati gaya kalo misal sedang dalam keadaan terpaksa sendirian dan mengantre cukup lama. Tapi bacaan yang paling bikin gue betah pas dibaca di hape adalah, bacain Timeline mantan. 

 4. Nonton Video
Dulu, untuk nonton video, orang kudu nyiapin TV dan video playernya. Tentunya kegiatan semacam ini cuma bisa dilakukan saat lagi di rumah. Tapi di zaman adanya smartphones gini, semua orang bisa nonton video di mana aja. Yang ditonton pun bisa beragam. Bisa film-film favorit yang udah didownload, atau mau streaming jutaan video menarik dari youtube. Gue? Minimal sehari nonton satu film di hape. :p

5. Ngegame
Mungkin sebagian besar anak muda yang punya gadget, bakal paling tertarik dengan fitur yang ini. Ya, main game adalah pembunuh waktu paling mengasyikan di antara point-point di atas. Soalnya kita bakal tenggelam dalam serunya permainan di gadget kita, sehingga kita nggak peduli dengan apa yang terjadi di luar sana. Kita bakal cuek aja kalo misal ada T-rex nyasar ke halaman tetangga. 

Nah, kebetulan lagi ngomongin game nih. Hari ini gue mau bagi-bagi info seru kepada kalian. Jadi, gue abis nemu game seru buat smartphones. Namanya Paper Master. Kenapa seru? Selain gamenya simpel tapi ngegemesin, nih game juga addicting banget! Kalo penasaran, gue bakal ngasih review user experience gue selama main game ini. Sumpah, ini game nggak rumit sama sekali. Eyang gue cuma perlu gue ajarin sekali, beliau langsung nggak pernah mau balikin hape gue lagi.

WARNING: This game is amazingly addicting! 

Pertama, lo cuma perlu login pake Facebook di aplikasi ini, buat verifikasi identitas dan nyimpen skor lo, siapa tau kan elo yang menang. Kalo udah, pilih karakter yang mewakili penampilan lo banget. Ada beberapa pilihan karakter yang tersedia di sana. 

 
Terus, langsung aja pencet Next. 

Ntar lo bakal ketemu sama APRIL dan program-programnya yang sangat mendukung penghijauan. Lo bisa dapet banyak pengetahuan tentang penggunaan kayu sebagai bahan kertas. Kalo sesi ini udah lewat, lo bakal masuk ke babak yang sebenarnya!

Tree Resource Game
Di babak ini, tugas lo cuma memusnahkan semua binatang yang bisa menjadi hama dan membahayakan pohon yang lo tanem. Cara musnahinnya cukup mudah, cuma tinggal dipencetin aja tuh hama-hama yang mendekati pohon lo.

Nah, di saat lo ngusir hama itu, ntar lo bakal dapet stok pupuk dan nutrisi buat pohon lo, ambil semua pupuk dan nutrisi itu dengan cara dipencet. Usahain secepat mungkin lo mencet pupuk dan nutrisi yang disediakan. Soalnya barang-barang itu bakal menghilang dengan cepat juga kalo nggak segera diambil. Menurut lo mudah? Coba aja dulu~ Hehehe.

The Office Challenge
Kalo lo sukses ngelewatin babak Tree Resource Game, lo bakal menjumpai babak The Office Challenge. Ceritanya, di babak ini lo jadi OB, tugas lo adalah ngasih kertas sesuai permintaan para karyawan lain di kantor, terus ngeprint, ngefotocopy dan kemudian memberikan hasilnya kepada para karyawan. Setiap karyawan mempunyai request jenis kertas yang berbeda-beda. Cara mengenali permintaan mereka adalah samain aja warna bubble yang keluar dari mulut mereka dengan warna box tempat stock kertas dan warna bendera di dekat mesin printernya.

Misal nih yah, karyawan A minta “Joke of the month” dan bublenya berwarna Biru muda. Lo kudu ngeklik dulu bubble yang keluar dari mulut si A, terus lo klik kotak tempat stock kertas yang berwarna biru muda juga, dan secepatnya klik bendera yang berwarna biru muda. Abis itu, karakter lo bakal otomatis nganterin kertas yang direquest kepada si A. Untuk setiap misi yang sukses, lo bakal dapet point.

Tapi jangan dianggep mudah yah. Itu tadi kan contohnya cuma si A doang. Pada prakteknya, ntar seluruh karyawan bakal punya request yang beda-beda, terus batas waktu per request yang harus dipenuhi cuma 10 detik. So, kalo lo nggak bisa memenuhi permintaan mereka sebelum 10 detik habis, lo nggak bakal dapet point apa-apa.


Intinya gameplaynya bakal gitu terus. Cuma, yang ngebedain adalah ntar bakal ada levelnya. Di level awal, point yang kudu lo kumpulin cuma 500, terus level berikutnya jadi 750, terus nambah lagi jadi 1000, dan seterusnya. Kecepatan requestnya juga bakal makin menggila. Pokoknya, kalo lo nggak konsen mainnya, dijamin lo bakal gugur di level tiga.

Coba, kalahin skor gue ini deh:

Ha-ha-ha-ha. Anak TK juga bisa nyaingin skor gue. *nangis*

Downloadnya di mana, Al? 

Untuk yang pake iPhone atau iPad, bisa download di AppStore (Free), untuk yang pake Android bisa download di PlayStore (Free). Search aja pake keyword “The PaperMaster”, terus install deh. Untuk info lebih lanjut mengenai game ini, silakan cek: www.thepapermaster.asia

Yap.. This is the end of the post. Kalo kalian ada pertanyaan mengenai game ini, atau ada tambahan alesan kenapa lo bisa betah main hape, silakan share di kotak komentar di bawah ini, dan nanti kita diskusikan secara lebih lanjut. Oiyah, alasan kalian betah main gadget apa?