Sejak pacaran sama dia, hidupku jadi beda..
Sejak pacaran sama dia, hidupku jadi berwarna..
Sejak pacaran sama dia, aku jadi suka buang air besar di jendela..

Itu adalah beberapa contoh testimoni orang yang sedang jatuh cinta. Indah memang, tapi di mata dia. Pernahkah kalian melihat lingkungan sekitar juga saat sedang jatuh cinta? Apakah orang-orang di sekeliling kalian masih bersikap sama? Kalo sikap dan kehidupan kalian jadi beda (nggak nyaman lagi), artinya "dia bukan yang terbaik buat lo".

Emang pacaran itu selalu nyari yang terbaik ya Litt?

Yup.. IMHO, Segala hubungan itu wajib nyari yang terbaik, bukan yang sempurna. Karena, kalo nyari pasangan yang sempurna, yang ada ntar malah sering jadian dan putus sia-sia. Soalnya emang nggak ada manusia yang sempurna. So, kita cukup nyari yang terbaik, di mana pasangan itu bisa membuat hidup kita terasa sempurna. Begitupun kita, juga harus bisa bikin pasangan kita ngerasa hidupnya sempurna, alias lengkap hidupnya.

Terus, "Pasangan yang terbaik" itu yang kayak apa Litt?

Okay, berdasarkan survey yang udah gue lakuin di beberapa lokalisasi dan lampu merah, terciptalah beberapa hasil analisa yang bakal gue jabarin di bawah ini. Gue bakal bahas beberapa gejala orang yang pacaran dengan pasangan yang salah. Here they are:

1. Gak Punya Waktu Untuk Hal Lain
Sejak pacaran sama Ningsih, Supri udah jarang melakukan hobby-nya seperti Futsal, Renang, Mancing, dan Nyebokin singa. Seluruh waktunya, dia abisin buat nemenin Ningsih. Sejak bangun tidur, sampe waktunya tidur lagi, Supri selalu harus ada di samping Ningsih. Ningsih bilang sih, itu contoh pasangan yang tak terpisahkan. Dan Supri tampaknya tak punya pilihan. Gue curiga, saking nggak terpisahkannya cinta mereka, mereka bakal pake bakiak kalo lagi jalan berdua.

Apakah Supri nyaman? Yang bisa jawab Supri sendiri. Dengan sering sama pacar, dia berasa nggak punya kehidupan sendiri, atau Dengan sering sama pacar, dia berasa punya hidup baru yang lebih berarti? The answer is yours!

2. Tunduk Karena Takut
Banyak orang yang pacaran dan salah satunya cenderung dominan. Sedangkan pasangannya cuma bisa ngikutin misal disuruh ngapa-ngapain. Misal, waktu di mall ceweknya minta cowoknya bawain tas ceweknya, dan tasnya ini warna pink, ditambah hiasan bling-bling di mana-mana. Terus cowoknya ngikut aja. Penampilan cowoknya bakal jadi kayak orang yang abis sukses ngejambret ibu-ibu pejabat.


Kejantanannya hilang dalam sekejap mata~

Boleh-boleh aja sih, cewek minta cowoknya ngelakuin sesuatu yang DIA NGGAK BISA. Misal benerin listrik, nguras jamban, atau nyuci genteng. Dan cowoknya berhak nolak kalo misal ceweknya minta hal-hal yang nggak sewajarnya dilakukan pria, misal beli sayur, masangin pengait beha, atau buang pembalut bekas.

Tapi ada juga sih, orang yang nggak nolak permintaan pasangannya, meskipun itu permintaan terkonyol sekalipun. Yang jadi pertanyaan, dia mau ngelakuin itu karena sayang, atau karena takut si dia nyiletin tangan doang? Ask yourself. :)

3. Gak Punya Temen
Pernah nggak, kalian pacaran terus semenjak jadian itu kalian jadi jarang atau malah nggak pernah lagi ngumpul sama temen-temen setongkrongan? Semua waktunya udah dipake buat bareng pacar, tiap mau jalan ama temen, gak dibolehin pacar. Akhirnya bukannya temen-temen kalian yang menjauh, tapi kalian lah yang secara nggak sadar udah menjauh. Kalo udah kayak gini, misal kalian lagi ada masalah ama pacar, mau ke mana kalian lari? Nyariin sahabat-sahabat kalian lagi kan?

Itulah yang pengen gue omongin. Sahabat itu lebih tulus dari pacaran loh.. Saat berantem sama sahabat, terus baikan, semua bakal balik kayak semula. Tapi kalo putus sama pacar, misal baikan, semua nggak akan utuh seperti semula. Paling ntar kalo berantem lagi, masalah yang dulu-dulu bakal diungkit lagi. Jadi, kalo pacar nuntut kalian untuk nggak boleh lagi nongkrong sama sahabat-sahabat kalian dengan dasar keegoisan, udah.. Putusin aja.

4. Pacaran Karena Kasian
Supri akhirnya jadian sama Ningsih setelah Supri nembak Ningsih dan ditolak 12 kali. Endingnya Supri pake jurus andalan buat nyuri hati Ningsih. Supri ngaku-ngaku kena penyakit bisul ganas tepat di lubang pantat sehingga kalo mau kentut pun Supri akan berteriak histeris. Dia juga ngaku-ngaku hidupnya nggak lama lagi. Endingnya, Ningsih pun mau menerima Supri buat jadi pacar. Bukan pacaran karena ada kecocokan, tapi pacaran karena kasian. Mengenaskan..

Orang pacaran harusnya sih jalan tanpa ada paksaan, termasuk dipaksa oleh rasa kasian. Karena segala jenis "paksaan" itu nggak akan bisa menghasilkan kenyamanan. Tanpa adanya kenyamanan, di sana nggak bakal ada juga yang namanya ketulusan.
Udah.. Putusin aja..

5. Menghambat Mimpi
Yang namanya pasangan terbaik itu kan harusnya membuat hidup kita terasa jadi sempurna. Jadi saat kita sedang ada sesuatu untuk dikejar, harusnya pasangan nggak berhenti ngasih dukungan. Tapi kalo pasangan itu malah menghambat mimpi kalian demi sebuah keegoisan, itu bukanlah pasangan yang terbaik.

Contohnya kayak gini, kalian ada tugas dari kantor ke luar kota di hari ulang tahun si dia. Saat kalian ngasih tau dia soal hal itu, dia malah ngasih pilihan, "Kamu pilih kerjaan, atau aku?"

Pacar kayak gitu, udah... Putusin aja..

6. Nggak Punya Privasi
Sedeket-deketnya seorang pacar, dia nggak punya hak untuk menuntut kita berbagi privasi. Pasangan yang terbaik itu menghargai privasi, karena dia mampu mempercayai. Gue masih nggak ngerti sama orang-orang yang menuntut pasangannya buat bagi password twitter, facebook, email dan semua akun-akunnya.

Pelanggaran privasi gitu sebenernya malah nggak bakal menciptakan rasa aman loh. Mungkin hal kayak gitu bisa jadi bibit pertengkaran. Soalnya, apa yang dia kepoin di akun kita, bisa aja berbeda makna dengan apa yang kita tulis di sana. Kalo emang cintanya tulus, ngapain sih hal-hal kecil kayak gini juga diurus? Kalo emang mau ngasih perhatian, ya nggak cuma dengan cara ngepoin akunnya, tapi jagain orangnya dong ya~

Makin pengin tau banget kehidupan pasangan, itu semakin nunjukin ketidak percayaan. Kalo masih miara rasa gak percaya, ngapain masih dipacarin juga? Nikah sana..

Nah, dibanding contoh di atas, yang lebih ekstrim lagi, adek gue.. Dia tuker-tukeran simcard sama pacarnya! Jadi pas gue nelpon mau ngomong penting ke adek gue, yang ngangkat malah pacarnya. Tentunya gue marah.. Bukan, gue bukan marah soal nomor hape yang tukeran sama pacarnya. Gue marah karena adek gue udah ngelangkahin gue dengan punya pacar lebih dulu daripada gue. Sejak saat itu, gue bilang ke adek gue, "Udah.. Putusin aja.." #AbangSirik #AbangDengki

7. Gak Bisa Jadi Diri Sendiri 
Poin ini adalah inti dari semua poin di atas. Pasangan terbaik itu akan menerima kita apa adanya, bukan menuntut kita untuk jadi seseorang yang sesuai kriterianya. Kayak yang pernah gue bahas di postingan ini misalnya. Rasa nyaman untuk bersama pasangan itu bukan muncul dari saat kita pegangan tangan dan nyium pipi, tapi rasa nyaman itu muncul saat kita bisa jadi diri sendiri. Yeah.. Our life is too short to be someone else. Live our own life lah~

Yup.. Kayaknya itu dulu yang bisa gue share hari ini. Semoga kalian nggak ada yang ngalamin poin-poin yang udah gue sebutin di atas. Kalo emang ada yang ngalamin, tunggu apa lagi? Udah.. Putusin aja.. #JombloNyariTemen

And this is the end of the post. Kalo ada yang mengalami hal yang sama? Terjebak keadaan yang sama? Atau ada yang ngalamin hal yang belum gue sebutin di atas? Share di comment box yah! :D

Orang yang salah pilih pasangannya, bakal salah juga cara hidupnya. - Mama gue