"Ciye.. Promo.."
"Kenapa sih harus ada iklannya?"
"Postingannya bagus, tapi endingnya promosi.. Wuu!!"

Kadang gue lumayan bete juga liat komen kayak gini kalo ada postingan gue yang gue tempelin review produk. Padahal dalam bikin postingan review gini, gue nulisnya juga nggak asal-asalan. Justru gue kudu mikir lebih berat buat nyeimbangin antara kualitas artikel dan reviewnya. Jadi reviewnya nggak boleh bikin artikelnya jadi gak enak buat dibaca.

Terus misal postingannya adalah review produk, pasti produk itu gue pegang dulu seminggu dua minggu buat bener-bener ngerti apa yang bakal gue bahas. Alias, gue juga nggak mau "menyesatkan" pembaca. Gue tau sebagian dari kalian harus nabung buat beli ini-itu. Kalo misal postingan promosi itu bukan tentang review produk, gue juga selalu ngusahain buat milih promosi yang berupa kuis berhadiah. So, pembaca gue juga jadi punya kesempatan buat dapet hadiah. Jadi, bukan promo asal-asalan yang ada di blog ini. :)

Lagian masih mending blog gue nggak pake iklan model pop-up yang kudu diklik dulu iklannya biar bisa baca postingannya. Bukan juga iklan obat pembesar ukuran Pisang Ambon pria. So, gue rasa nggak ada alasan untuk merasa terganggu oleh iklan. Blogger hidup dari iklan. We entertain readers, readers give us traffic, and traffic gives us money. Fair enough, ain't? :)

Sebagian orang Indonesia memang agak sensitif sama iklan. Maunya serba gratis. Bukan hanya di blog, kalo ada iklan di TV aja, buru-buru pindah channel. Padahal stasiun TV sekarang pinter.. Kalo satu channel lagi iklan, channel lain juga ikut ngiklan.. Jadi pindah channel juga bakal kena iklan lagi.. Endingnya, balik lagi ke channel pertama dan bilang "IYA! IYA!! AKU NYERAH!!". Miihihihihihi.. Apa-apa kok maunya gratis, emang stasiun tipi, dan program-program acara di tipi, yang mbiayain siapa?

Contoh lainnya kalo ada tweet promo misalnya. Pasti ada aja yang ngecengcengin "Ciye.. Promo.. Ciye ngiklan.." Yang lebih bete lagi kalo gue lagi ngetwit tentang produk yang bener-bener gue suka, bukan untuk ngiklan tapi untuk mengapresiasi kualitas produk itu. Eh.. Tetep aja ada yang ngecengcengin "Ciye.. Promo.. Ciye ngiklan..". Gue yakin, orang yang suka ngeciye-ciyein orang lain yang lagi bahas produk gini, kalo di dunia nyata pas liat tukang sayur lewat depan rumahnya dia juga bakal komen, "Ciye.. Jualan sayur.. Ciye.. Laris..". Semoga orang itu nggak tewas dilempar gerobak.


Di postingan ini, gue cuma mau mencoba terbuka aja mengenai profesi yang sedang gue jalanin. Gue juga berharap semoga sebagian dari kalian akan terinspirasi juga. Yah.. itung-itung mengurangi angka pengangguran.. Karena Blogger itu sebenarnya adalah sebuah profesi. Karena jadi blogger juga menuntut ketekunan dan konsistensi. Kalo udah ngeblog tapi belum ngerasa dapet apa-apa juga, berarti ya masih kurang tekun. SEMANGAT! :)

Yup, hari ini gue mau sharing soal hidup dari ngeblog. Dulu gue nggak pernah kepikiran kalo gue bakal jadi blogger. Cita-cita gue waktu SD aja pengin jadi KOPASUS. Tapi menjelang STM, gue nyadar dengan postur kayak gini, kalo gue jadi tentara, paling gue bakal masuk ke divisi bom bunuh diri.

Akhirnya hidup membawa gue ke dunia penulisan. Gue jadi penulis buku sekaligus rutin ngeblog. Wow! Di sini gue nyadar.. Jadi blogger itu asik.. Kerjaan yang nggak menuntut kita untuk bangun pagi, ngantor jam 8 sampe jam 4 sore, kudu ngurus cuti kalo mau libur atau lagi sakit, dan.. Jadi punya banyak waktu buat keluarga dan diri sendiri. Apa kalian nggak bosen, dari SD sampe Kuliah hidup udah dikekang sama jadwal terus? Masak sih, mau sampe tua kerja dikekang sama jadwal juga? :p

Oke.. Oke.. Tapi kasih tau dulu, blog itu apa Litt?!

Blog itu semacam web pribadi, tempat kita nulis di dunia maya dan bisa dibaca banyak orang. Nah, karena bisa diakses oleh orang banyak, makanya orang-orang pemasaran melihat ada celah untuk memperkenalkan produk mereka di blog.

Yakin emang blog bisa ngasilin duit?! Caranya gimana?

Yakin dong.. Udah 3 taun terakhir gue hidup dari blog. Ninggalin profesi gue sebagai wartawan di salah stasiun TV swasta. Dan bisa meninggalkan aktivitas ngejar bencong malem-malem sambil bawa kamera.

Yang ngebetein kadang orang di kampung gue nggak ngerti profesi gue itu apa, kok bisa beli laptop dan gadget, tapi keliatannya gue di rumah mulu, gak ke mana-mana. Sebagian dari mereka ngira gue ngelakuin ritual pesugihan. Ngepet! -_____-"

Tapi ada juga yang berani nanya soal kerjaan gue, walaupun endingnya tetep nggak ngerti. Gini kasusnya,

"Kerjaan kamu itu apa to Le?" Tanya om gue dengan wajah penuh tanda tanya.
"Blogger, om.." Jawab gue dengan pedenya.
"Blogger itu opo?" Om gue semakin bertanya-tanya.
"Umm.. Pokoke kerja yang berhubungan dengan internet gitu deh.." Gue nyari cara paling simpel buat ngejelasin.
"Owalah.. Om ngerti saiki.. Jaga warnet to?!"
"*Glodak!!*" Dan gue pun jatuh dari balkon..

Yup.. Sayang sekali profesi sebagai blogger di Indonesia emang belum familiar. Tapi di luar negeri, profesi blogger udah dianggep selevel sama jurnalis. Semoga tulisan ini menjadi salah satu jalan untuk memasyarakatkan blogger kepada orang-orang awam.

Buat bukti aja yah, banyak kok temen gue yang juga bisa dapet duit bulanan dari adsense. Temen-temen kuliah gue dulu yang jurusan teknik elektro, setelah sarjana malah konsisten ngeblog. Sampe saat ini, kurang lebih ada 90 blog yang dia kelola. Sampe-sampe dia make beberapa karyawan buat ngurusin blog-blognya. Emang gila tuh orang. Dan pas gue liat scan salah satu "gaji" dia dari google, gue mangap 3 hari.


Iya, itu baru salah satu dari beberapa paymentnya.. Soalnya dia juga ngedaftar adsense pake nama bini dan sodara-sodaranya. Jadi, gajinya banyak!

Nah.. Mari kita beranjak ke cara ngasilin duit dari blog! Yeyeyey.. Ulalalala~

Ngasilin duit dari blog ada beberapa cara. Ada yang PPC, PPV, ada juga yang PPP:

- PPC : Paid Per Click
- PPV : Paid Per View
- PPP : Paid Per Post

Nah, untuk pemula mungkin cara PPC adalah yang paling simpel. Lagian, untuk di postingan ini gue mau lebih konsen ke Google Adsense sebagai boss yang akan menggaji kita. Di PPC ini, kita bakal dibayar berdasarkan berapa klik yang orang lakuin ke banner iklan di blog kita. Itu nanti bakal dikalikan dengan CPC (Cost Per Click) atau tarif per klik. Tarifnya emang beda-beda, tergantung jenis iklannya. Bisa dari 0,01 Dollar sampe 0,5 Dollar (itu pengalaman gue sih, mungkin di luar ada yang dapet CPC lebih gede). Jadi misal di blog lo ada 10 orang ngeklik iklan dengan CPC 0,5 Dollar dalam sehari, artinya lo dapet 5 Dollar di hari itu. Nah menurut pengalaman gue, iklan yang paling tinggi CPCnya adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan dunia medis.

Bentuk iklannya kayak apa sih google adsense itu?

Silakan liat widget di bagian kanan blog ini, atau buat yang bacanya dari HaPe, liat di bagian ujung atas dan ujung bawah blog ini. Itulah iklan dari google adsense.

Oke, kok kita udah bahas soal bayaran mulu sih?! GIMANA CARANYA DAPET IKLAN DARI GOOGLE ADSENSE?!

Oke.. Yang pertama dan utama, lo harus punya blog. 

Isi blognya apa Litt?!

Bebas! Yang penting informatif dan bisa disukai banyak orang, sehingga akan memancing traffic yang besar ke blog lo. Kalo trafficnya gede, kemungkinan yang ngeklik iklan di blog lo juga gede.

Usahain blog lo itu bertema. Misal khusus review gadget, atau khusus fashion,  Otomotif, bisa juga bahas soal berita musik yang lagi happening. Yang penting bertema. Boleh sih temanya nyeritain soal kehidupan sehari-hari kalian, tapi tema seperti itu nggak banyak orang yang suka karena kurang informatif dan kurang nambah wawasan di bidang tertentu. So, kalo emang niatnya mau ngejar adsense, ya main ke jalur mainstream aja. Blog yang berbahasa inggris kemungkinan besar trafficnya lebih gede karena yang ngunjungin nggak cuma orang Indonesia aja, tapi sedunia! :D

Cara daftar google adsense gimana Litt?!

Pertama, siapin dulu account google alias gmail. Baru deh ajuin application lo di SINI.


Isi data-data pribadi lo sesuai yang ada di KTP/SIM/Pasport karena itu ntar yang bakal jadi syarat buat ngambil gaji. Pastiin juga blognya udah berumur minimal 6 bulan dengan postingan rutin dan konsisten. Ini bakal membantu tim google buat ngasih nilai plus ke application lo. Kalo udah, tinggal tunggu aja email dari google team. Biasanya kisaran maksimum 2 minggu. Balesannya bisa berupa keputusan diterima atau ditolak. Tenang, nggak bakal lebih deg-degan dari nungguin keputusan gebetan mau nerima kita jadi pacar atau tidak kok.

Kriteria akun & web yang akan diterima ada beberapa yang utama:

- Belum punya account adsense yang sudah diterima sebelumnya
Yup.. Kalo kalian udah punya account adsense aktif dengan nama dan alamat sama, application kalian nggak akan diterima.

- Konten asli
Konten asli itu maksudnya apa yang lo tulis di blog lo adalah hasil tulisan lo sendiri, bukan copas dari blog orang. Sekarang banyak banget sih kasus kayak gitu. Para nelayan adsense dengan sengaja main copas artikel orang demi mengejar target (misal) 5 post/hari. Dan tentu saja itu melanggar hak cipta. Karena pada dasarnya setiap postingan di web/blog itu ada HAKI-nya. Selain itu, banyak juga yang konten blognya ngaco, asal masukin segala keyword populer ke blog dia biar tiap ada orang googling, langsung nyasar di webnya. Dan isi webnya nggak relevan sama keyword yang orang itu cari. Pasti kalian pernah kan nyasar kayak gitu? Bikin bete sih.

- Bukan web mesum
Kayaknya nggak perlu banyak dijelasin, kalian pasti ngerti.

- Konsisten
Ya.. Kuantitas postingan tentu saja berpengaruh selain kualitas itu sendiri. Jangan dipikir kerja sebagai blogger itu jobdesc-nya cuma ongkang-ongkang, ngopi di jamban dan nunggu orang ngeklik iklan lo. NO!

Semakin banyak jumlah postingan, maka keyword yang ada di blog lo makin banyak juga. Keyword itu yang menentukan blog kita bakal mudah dicari oleh google atau nggak. Kalo blog kita bisa sering nangkring di halaman pertama google, artinya SEO (Search Engine Optimization) kita udah oke punya. Kalo blognya udah sering nangkring di halaman pertama google, biasanya trafficnya juga gila. Bisa kalian test blog gue ini dengan cara mengetik "Mahasiswa Abadi" di google.com deh.. Liat blog gue ada di halaman berapa.. :))))

- Private domain
Nah, ini kabar terbaru dari salah satu follower gue di twitter tadi. Dia nyoba daftar akun adsense, ditolak gara-gara dia masih pake domain bawaan. Ternyata google meminta kita buat bikin private domain di blog kita sebagai salah satu kriteria agar blog kita diterima. Apa itu Private Domain? Contohnya: shitlicious.blogspot.com, kalo dikasih private domain jadi www.shitlicious.com atau bisa diganti nama-nama yang lebih menarik. Pemilihan nama domain ini NGARUH BANGET ke SEO loh. Jadi kalo blog kalian bahas otomotif, pilih nama domain yang relevan. Misal: www.piston-head.com

Gapapa, namanya usaha mah emang kudu pake modal. Lagian domain juga nggak mahal kok. Kisaran 10 Dollar/TAHUN. Belinya di mana? Banyak.. Googling aja.. Misal di Name.com atau Yola.com, tapi kudu pake kartu kredit. Buat yang nggak punya kartu kredit, bisa beli ke reseller lokal biar bisa bayar via transfer antar bank. Temen gue juga ada yang jualan domain. Storenya di  www.dracoola.com.

Kalo application google adsense udah diterima, aku kudu piye Litt?!

Paling pertama sih, bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang..
Terus, login deh ke akun adsense lo di google.com/adsense . Ntar lo bakal masuk ke page dasboard adsense. Pilih tab "My Ads"-> New ad Unit.


Di situ, silakan bikin ad unit sesuai ukuran widget di mana lo mau naroh iklan di blog lo, biar keliatan rapi dan nggak ngerusak tampilan blog lo juga. Kalo udah, klik Get Code, dan paste kodenya di settingan widget blog lo.


Di blogger.com settingannya ada di "Tata Letak"-> Tambah gadget -> HTML/Javascript.



Ingat! satu blog cuma bisa dikasih maksimum 3 banner iklan. So, kalo kalian pasang 10 biji juga yang nongol ntar cuma 3 biji doang.

Kalo step-step itu udah kelar, yang harus kalian lakuin cuma tinggal nge-maintenance blog kalian dengan tambahan postingan-postingan berkualitas setiap hari. Pokoknya yakin aja, semakin banyak jumlah postingan kalian di blog, semakin banyak pula keyword yang bakal ngebantu google buat nemuin blog kalian, dan efeknya semakin banyak juga pengunjung blog kalian ntar.

Terus soal bayaran gimana Litt?!

Nah, google bakal ngirim duit "Gaji" lo dengan beberapa metode. Bisa via Check atau Western Union. Tapi untuk kita yang ada di Indonesia, metode paling mudah adalah via Western Union. Begini cara nyetting payment method kita di payment setting adsense kita:


So, begitu gaji turun, kita bakal dapet form kayak di screenshot gaji temen gue di atas itu. Terus kita bisa mencairkan duitnya dengan membawa MTCN yg dikirim google dan kartu identitas ke kantor post, pegadaian atau indomaret terdekat. Pokoknya yang ada simbol "Western Union" deh.

Harap diingat! Payment hanya dikeluarkan saat total payment yang kita raih mencapai batas minimum 100 Dollar. Jadi misal bulan ini lo cuma dapet 50 Dollar, payment lo belum bakal turun.

Nah, itu tadi tips singkat ngasilin duit dari ngeblog. Cara-cara di atas adalah metode paling simpel buat dipakai oleh pemula. Buat yang nggak mau make google adsense, banyak juga kok perusahaan PPC lokal yang siap menerima web kalian. Silakan googling aja.

Do & Do not

Gue harap kalian bisa berkembang dengan baik dalam dunia blogging. Di mana aspek finansial seharusnya bukan menjadi tujuan utama. Jangan sampe kalian lupa esensi utama dari ngeblog, yaitu menulis, berbagi informasi, pengalaman dan menggali potensi diri. Bukan ngerusak google index dengan keyword yang ngaco. Itu bakal ngerepotin orang yang lagi bener-bener nyari info penting. Hal-hal semacam itulah yang bikin adsense Indonesia sempat diblokir.

Blogger itu ada 2 jenis. Ada Blogger Content dan ada juga Blogger Copas. Gue harap kalian nggak jadi tipe blogger ke dua yang rela mengabaikan potensi dirinya demi uang semata. Blog model kayak gitu, ntar lama-lama bakal di-Ban juga kok sama google. Duitnya hangus!

Yap! This is the end of the post. Maaf banget kalo ada kurang-kurangnya. Gue yakin di luar sana masih banyak yang lebih jago soal nyari duit di blog daripada gue. Gue berharap kalo ada ilmu yang belom sempet gue tulis di sini, ada juga yang mau nambahin di comment box. Karena berbagi, tak pernah rugi. :)

Oiyah.. Kalian juga bisa belajar banyak dan tukar pikiran soal dunia adsense  atau bisa nyari cara-cara dapet duit dari dunia online dengan sering ikut nongkrong ke forum-forum adsense. Salah satunya di -> http://ads-id.com/

AYO NGEBLOG!!