Beberapa waktu lalu, gue sempet liat video2 stand up comedy di Comedy cafe. Gue liat di Youtube, tepatnya di Sini
Dari video2 disitu, gue ngerasa tergugah.. ini aktivitas apa? kenapa ada orang ngoceh sendiri di panggung? kenapa dia joget2? dan Kenapa Nazaruddin make ringtone hape "Sari Roti"? Kenapa??


Nggak.. maksutnya semenjak hari itu, gue mulai ngefans ama stand up comedy performance.. Gue juga pengen berdiri di sebuah panggung, dimana orang2 di depan gue adalah orang2 yang dahaga akan hiburan.. dan di situ, gue pengen memberikan mereka Oase hiburan yang mampu melegakan tenggorokan mereka dengan penuh tawa.. Anjrit! barusan gue ngetik apaan?!


Oke.. Awalnya gue tau soal teknik2 stand up comedy dari Raditya Dika.. Dan gue baru nyadar kalo setiap talk show dia yang sebenernya ngomongin soal menulis kreatif itu, dia selalu melakukan Stand Up comedy di depan audience. Terus gue nanya ke Radith,


"Untuk persiapan perform SC itu perlu seberapa panjang naskahnya sih dith?"


Dia pun jawab,


"Nggak bisa dipatokin.. tergantung improvisasi.."


Oke.. dari situ, gue mulai ngerti bahwa Stand Up comedy itu nggak boleh terpaku ama naskah.. Improvisasi itu menjadi soul dalam tiap perform, biar lebih alami..


Sampe suatu hari, tepatnya kamis kemaren, jam 11 malem gue dapet email dari mas Imot. Dia adalah salah satu perintis komunitas Stand Up comedy di Jogja. Dia minta gue buat perform di Djendelo Cafe Jum'at malam. Iya.. Gue kudu tampil esok harinya..


Waktu itu gue langsung galau. Gue lari ke pantai.. Gue lari ke gunung.. dan gue mencoba menerima kenyataan bahwa waktu persiapan gue itu kurang dari 24 jam. Gue pun tiduran di zebra cross..


Malemnya gue nyoba ngetik naskah buat perform besok. Saat gue udah mulai ngetik dan dapet 4 halaman HVS gitu, gue ragu lagi. Mau sepanjang apa naskahnya? Sempet nggak gue ngapalin semua dalam waktu kurang dari 24 jam? Lalu, berapa kah ukuran dada Malinda Dee pasca di operasi kemarin??


Akhirnya, gue hapus naskah yang barusan gue bikin. Gue lupain! Semacam dapet pencerahan, gue pun mikir,


"ini perform pertama gue.. dan gue memang pengen banget ngelakuin perform ini.. dalam waktu semepet ini, gue nggak bakal bisa menghafal semua naskah.. if it so, kenapa nggak total improvisasi aja? Let's see how crazy I can be!"


Iya.. besoknya gue dateng ke Djendelo Cafe dengan mengunyah kemenyan, berharap pas perform ntar gue kesurupan. Dan baru juga nyampe di Djendelo Cafe, gue shock.. Audience yang udah pada nangkring di sono ada lebih dari 50 orang yang sangat antusias ngeliat perform dari para stand up comedians. Begitu gue masuk dan nyari tempat duduk, tiba2 ada cowok yang nyapa gue..


"Halo mas Alitt.. mau tampil kan?"


Ternyata cowok itu salah satu follower gue di twitter.. Setelah gue tweetin kalo gue mau manggung di Djendelo Cafe, ternyata banyak juga temen2 yang follow gue di twitter pada dateng ke sana. Gue nggak tau, mereka dateng karena penasaran seberapa ngaconya gue di dunia nyata, atau karena penasaran ama kegantengan gue di dunia nyata.. Tapi gue juga sempet mikir, kalo ampe perform gue garing, pasti mereka bakal nyiram bensin ke badan gue..


Malem itu ada 4 comedian yang tampil. Ada Mas Imot, Mbak Diyah, Mas Awang dan gue. Gue minta tampil di urutan ketiga. Sengaja, untuk mengenali dulu sikon dan seberapa heboh audience-nya. Sampe akhirnya tiba di giliran gue. Gue ngunyah kemenyan lebih kenceng. Gue panik. Gue sempet ngeblank. Gue berak2 dari idung. Gue nggak tau kudu ngapain! Akhirnya yah.. gue maju aja.. Let's see how crazy I can be..


Penasaran kayak apa videonya? Cekidot guys!




Sorry, hasilnya emang agak gelap. Dan Sorry.. itu bukan Benakribo!

Sorry juga kalo masih berantakan. Ini performance pertama gue. Dan gue nggak nyiapin apa2. Gue cuma anggep waktu itu gue lagi diskusi santai ama audience. Dan Alhamdulillah nggak dikit juga yang ngakak dan ngasih Applause.. Yeah dude, I'm only a newbie.. But I tried to do my best..

Tapi dari pengalaman malem itu, gue ngerasa kalo gue mulai cinta ama yang namanya Stand Up Comedy. Gue bisa ngerasain atmosfernya. Tiap gue ngejoke, gue denger audience ketawa. Rasanya asikkkk banget men! Beda ama rasanya nulis buku. Kita ngejoke di buku, dan kita nggak tau ekspresi pembaca kayak apa. Gak percaya?! Ayo ikut next Open Mic event! :D

Dengan segala kerendahan hati, gue mengakui banyak banget kekurangan di perform pertama gue ini, and I think, I'm gonna' do it again next time with the better preparations!
See you on the next stage, guys!! ;)