pic by : Adhit
Salam sejahtera kawan2..
pada kesempatan kali ini gue mau berbagi info ke kalian. Tentunya mengingat keadaan negara yang semakin gak stabil ini, bikin gue galau juga. Demo Nurdin dimana2, kerusuhan antar umat beragama juga lagi ngehits. Itulah yang mengetuk hati gue buat bikin postingan kali ini. Oke, berhubung yang lagi heboh adalah soal kerusuhan, malem ini gue bakal nulis tentang beberapa faktor penyebab Mahasiswa Lama lulusnya. #Jegerrrr!!

Loh?? apa hubungannya ama om Nurdin Lit??

Emang gak ada...
iseng aja tadi siang gue pas lagi ngopi di kantin sambil ngeNet, tiba2 merenung. Bukan.. gue bukan merenung tentang kenapa Nurdin gak mau turun dari tahtanya, apalagi merenung tentang warna kolor favorit dia. Gue merenung tentang Fase2 yang dihadapi oleh mahasiswa. Yap, namanya sebuah proses itu pasti punya fase2 yang akan dilewati oleh subyeknya. Dan fase2 yang akan dilewati mahasiswa itu, kalo dibikin skema sederhana bakal jadi kayak gini :

MABA (mahasiswa baru) ngampus, kesepian karna blom ada temen -->> MABUK (Mahasiswa Sibuk) ngampus, mulai punya banyak temen buat ngerjain tugas2 kuliah bareng -->> MAPALA (Mahasiswa Paling Lama) ngampus, kesepian lagi karna temen2 seangkatan udah pada wisuda..

Dan gue bisa bikin skema itu karena gue udah ngalamin semuanya.. yeah! akhir2 ini kalo gue di kampus, rasanya kayak alien yang kesasar di terminal Pulogadung. Orang sibuk sendiri2 dan gak ada yang nyapa gue.. #nyesek

Tapi dari renungan itu, gue jadi bisa menggali apa aja penyebab mahasiswa betah atau terpaksa betah kuliah lama2. Penasaran ama hasil perenungan gue itu? check this out, guys :

1. Kebanyakan kerja sampingan
Yap, banyak Mahasiswa2 diluar sana pada kuliah sambil kerja demi segenggam BB atau sesuap iPhone. Banyak profesi yang mereka jalankan. Mulai dari waiter/waitress, SPG, penjaga warnet, bahkan yang paling booming adalah profesi Ayam Kampus (Baca : Jualan Ayam di Kantin Kampus) btw, gue suka beli bagian dada dan paha *Loh?*. Tapi tampaknya, buat sebagian mahasiswa yang udah keenakan kerja, apalagi dapet gaji yang lumayan, orientasi mereka kepada kuliah bakal jadi berubah. Dari yang dulunya mikir, "Rajin kuliah biar dapet kerja" Bakal jadi mikir "Ngapain kuliah kalo sekarang udah dapet kerja?"
Tentunya kalo udah punya orientasi menyimpang gitu, tuh orang bakal susah kalo disuruh balik lagi ke dunia perkuliahan dan mengejar materi kuliah.

Problem Solving : Terlepas dari berapa gaji yang lo dapetin, atau apa kerjaan yang lo dapetin, tapi kalo lo udah dapetin kesempatan untuk kuliah, mending dirampungin dulu deh. Kasian orang tua yang udah banyak keluar duit buat kuliah lo, sedangkan diluar sono banyak orang yang pengen kuliah tapi ga ada duit. Bayangin moment2 pas dulu lo ikut ujian masuk, bayangin moment2 pas dulu lo seneng banget pas keterima di universitas itu, jadi sudah sepantasnya itu semua ditutup dengan encore yang indah juga.. Wisuda.. :)


2. Salah Jurusan
Dalam kasus kedua ini, gue banyak nemuin temen2 gue yang gak lulus2 atau bahkan udah D.O gara2 nilainya jeblok semua. setelah gue selidiki, ternyata banyak diantara mereka yang ternyata salah jurusan. Ada yang dulunya sekolah di STM jurusan elektro, terus kuliahnya di pendidikan bahasa inggris (Iye.. ini gue..), ada juga yang dulunya sekolah di SMK dengan jurusan komputer, akhirnya kuliah kesasar di jurusan Sastra Otomotif.
Penyebabnya bisa banyak.. biasanya sih faktor orang tua yang terkesan "nyetir" kemana mereka kudu melanjutkan pendidikannya, meskipun sebenarnya anak itu gak suka. but how can they refuse while they know that their parents pay for their study?

Problem Solving : Komunikasi dengan ortu itu penting. Apalagi menyangkut masalah pendidikan. Buat yang masih SMA, lemme' tell u that college is totally different with school. Kuliah adalah sebuah pilihan hidup. sekali kamu salah ngambil jurusan, hidup kamu juga bakal berantakan. Jadi, sebisa mungkin untuk soal kuliah, jangan terlalu ngikutin usul dari ortu atau temen yang emang gak cocok ama minat kamu. karena ketika kamu salah ngambil jurusan, maka kecil kemungkinan kamu bakal survive dengan keadaan jiwa tak tergoncang. Seperti kata andalan si @poconggg : "Break the rules and follow your heart.."

3. Pacaran ama adek angkatan
Ya, cinta emang gila.. ehm! maksut gue, cinta emang bisa bikin orang jadi gila. Kisahnya kayak temen gue dari kampus sebelah yang sama2 kuliah di Jogja nih. Sebut saja namanya Supri. Si supri ini deket ama Ningsih dari jaman semester 1. Sedangkan Ningsih-nya ini waktu itu baru kelas 3 SMP. OMG, masih bau kunyit asem tuh cewek. Tapi alhamdulillah si Supri gak pernah kena laporan kasus pencabulan anak dibawah umur. Akhirnya hubungan mereka pun mulai bersemi menjadi sepasang kekasih. Padahal waktu itu mereka LDR-an Jakarta-Jogja. Tapi karena keteguhan iman mereka, akhirnya hubungan LDR itu aman2 aja sampe si Ningsih lulus SMA dan nyusul kuliah di jogja, tepatnya di kampusnya si Supri juga. Ya, tentu saja sekarang si Ningsih mulai masuk semester 2, sedangkan si Supri udah masuk semester 10.. Nah, di semester ke 10 ini udah sewajarnya bagi mahasiswa buat masang poto profil FB pake Toga. tapi tidak untuk Supri! dia sengaja gak ngerjain skripsinya dengan harapan bisa wisuda barengan ama Ningsih, atau bisa dibilang, si Supri pengen Lulus saat nanti udah menginjak semester 16! Lihatlah bukti nyata bahwa cinta bisa bikin orang ber-IQ seperti Einstein menjadi orang ber-EQ setumpul Spongebob. Gue sih cuma berharap cinta Ningsih dan Supri tidak berakhir D.O.. :)

Problem Solving : Pacaran sih pacaran.. tapi untuk usia kita yang masih kuliah, pendidikan adalah kebutuhan primer. Udah gak jaman lagi deh banyak berkorban demi pacaran. Utamain pendidikan dan karier, soal cinta bisa nyusul asal kamu sudah sukses besok. Toh percuma kita ngoyo pacaran sekarang kalo endingnya kita merit dengan keadaan finansial yang ngos2an..

4. Takut Jadi Pengangguran
Ada pepatah sesat bilang, "Wisuda bukan berarti akhir dari penderitaan, tapi sebuah awal dari status pengangguran". Bayangkan betapa mengerikan kalimat itu. Seperti yang kita sadari, jumlah pengangguran di negeri ini mulai menggila. bahkan kalo misal mau dibikin partai, kayaknya Partai Persatuan Pengangguran ini bakal memenangkan pemilu 13 kali berturut2. Kenapa begitu? ya karena lapangan pekerjaan lebih sedikit dari jumlah sarjana2 yang dihasilkan universitas2 di negeri kita. Jadi gak heran kalo kita liat banyak mahasiswa S1 yang endingnya jadi tukang ojek. I'm sure it's real!

Problem Solving : Kalo buat gue sih, Kuliah itu bukan sebuah jaminan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak nantinya. Kuliah adalah sebuah wadah dimana kita bisa belajar banyak hal diluar materi jurusan kita yang bakal bisa jadi bekal hidup sampe tua. Kita bisa belajar bersosialisasi, mandiri, berdikari dari jaman kuliah ini. Gue sengaja gak berpikir soal wisuda sebagai jaminan pekerjaan yang mapan, karena gue gak pengen terlalu kecewa nantinya kalo sampe kenyataannya gak seindah itu. So, kalo kamu takut jadi pengangguran dengan gelar sarjana, mending jangan kuliah! ;)

5. Pengen Gondrong
Oke, ini nyeleneh.. but it's me! kemaren gue sempet sengaja gak ngambil beberapa mata kuliah formal yang mewajibkan kita untuk berpenampilan rapi dan rambut pendek. Tapi karena jiwa muda gue waktu itu masih bergelora, gue pun memutuskan untuk gondrongin rambut gue biar gaya gue gak kalah ama om Ahmad Albar. Dan karena alasan bodoh itulah gue akhirnya baru ngambil mata kuliah yang formal di semester2 akhir. Setelah gue melewati fase itu, gue pun bisa memetik pelajaran berharga. Rambut gondrong itu, bikin boros shampoo..

Problem Solving : Ga usah mikir aneh2 soal gondrongin rambut, gondrongin bulu ketek, ataupun gondrongin gigi. Tahan niat itu selama masa kuliah.. sabar dulu.. ntar kalo udah wisuda, lo mau gondrongin rambut lo ampe ngalahin rambut Suzana juga gapapa kok..

6. Naksir ama Mbak2 kantin
Faktor terakhir ini bakal bikin tuh mahasiswa males kuliah karena tiap hari bakal nongkrong di kantin terus.. Dia juga males lulus karena kalo dia lulus, dia gak bakal bisa nongkrong di kantin lagi.

Problem Solving : Mati aja mas.. #Desperate

Gue kira, cuma 6 hal itu yang bisa gue simpulkan tentang penyebab2 orang yang betah kuliah menurut versi gue. So, ini bisa jadi pedoman buat kalian yang belom terjerumus ke dalam nistanya kehidupan MAPALA. Sekedar pembelajaran aja, bahwa kuliah itu adalah sebuah medan perang yang terlalu indah untuk diakhiri dengan kata "menyerah".
I hope it works for you.. :)