Pernah nggak lo ngerasain jalan-jalan 24 jam non-stop keliling Jakarta pake mobil? Pastinya lo bakal khawatir mobilnya kepanasan kek, boros BBM kek, macet kek. Tapi semua masalah itu nggak perlu dikhawatirin lagi di acara Mazda 24 HOURS TAKE & GO yang diadain Mazda Motor Indonesia.


Jadi pada tanggal 4-5 Februari kemarin, Mazda Motor Indonesia ngajakin teman-teman media buat jalan-jalan keliling Jakarta selama 24 jam non-stop! Acara Mazda kali ini bertajuk All New Mazda2 24HRS TAKE & GO! Tujuan dari acara ini adalah menguji ketangguhan mobil All New Mazda2 dengan cara melalui jalanan-jalanan sibuk di Jakarta selama 24 jam tanpa mematikan mesin mobil sama sekali. Rutenya pun diratakan mulai dari Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan.


Acara dimulai dari Hotel Fairmont Senayan, dan dibuka langsung oleh Presiden Direktur PT. Mazda Motor Indonesia, Keizo Okue.

“Sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya oleh Mazda, di mana kami ingin mengajak setiap orang untuk merasakan kembali nikmat hidup yang membuat jiwa memiliki keterikatan emosional yang menjadikan mobil lebih dari sarana transportasi. Dimana pengguna mobil Mazda meluncur di Jalanan ibukota dalam kondisi sebenarnya, untuk menjelajahi kota Jakarta dalam 24 jam!” – Keizo Okue

Jadi touring yang kita lakuin kemarin itu diikuti oleh lima grup di antaranya, The Voyager, The Seeker, The Tracker, The Explorer, dan The Traveller. Masing masing grup ini terdiri dari tiga tim di mana setiap tim terdiri dari 2 awak (pengemudi dan navigator).


Regulasinya sama kayak lomba balap estafet lainnya, setiap tip disediakan waktu selama 8 jam untuk menyetir, lalu diteruskan oleh tim berikutnya. Jadi, saat seluruh anggota grup (3 tim) menyelesaikan sesinya, maka total waktu yang dihabiskan adala 24 jam.

Estafetnya pun seru, nggak cuma kebut-kebutan. Tapi kita dianjurkan untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dengan cara mendatangi check-point di tempat-tempat unik dan bersejarah di seluruh Jakarta.

Selain mengumpulkan poin di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan, para peserta juga dihadapkan dengan 3 special-tasks di hari kedua. Special-task itu adalah:

The Frisky Shot Paintball di taman Kridaloka Senayan,
The Eyeless Drive di Mazda Thamrin,
The Skycrapper Catcher di Rofftop Semanggi.

Semua special-tassk ini bertujuan untuk membuat peserta merasakan kecanggihan fitur-fitur mobil All New Mazda2. Contohnya:

Dynamic Stability Control,
adalah sebuah teknologi terkomputerisasi yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dari sisi pengendalian mobil dengan cara mendeteksi dan meminimalisir slip. Ketika kontrol ini mendeteksi adanya kehilangan kontrol pengendalian, maka dengan otomatis sistem ini akan membantu rem untuk mengendalikan mobil. Sistem pengereman langsung berjalan ke masing-masing roda, rem roda depan akan mencegah oversteer dan rem roda belakang mencegah understeer. Kadang, sistem ini juga mengurangi tenaga mesin sampai mobilnya terkontrol kembali.

Parking Distance Sensor,
Fitur ini membantu pengemudi untuk memarkirkan mobilnya di tempat-tempat seperti apapun. Sensor jarak yang tertanam akan memperingatkan si pengemudi apabila posisi body mobil sudah mendekati obyek-obyek yang mungkin bisa tertabrak. Sehingga, penggunakan tukang parkir bisa diminimalisir dengan fitur ini. Hihihi!

Hill Launch Assist.
Fitur ini membantu pengemudi untuk mengontrol tekanan rem untuk membantu menghindari kendaraan terguling saat menukik.

Di hari kedua, tepatnya saat acara All New Mazda2 24 Hours Take & Go kelar, diadain juga Awarding Night. Ini adalah momen di mana pemenang dari lomba estafet diumumkan. Tim Voyagers berhasil memenangkan lomba estafetnya dengan poin 365 dan total venue (check-point) 83 lokasi.


Masing-masing peserta dari group juara pertama mendapatkan hadiah TV Sony Bravia 40”. Selain senang karena dapet TV gratis, mereka pusing juga mikir gimana cara bawa balik TV segede itu. Hahaha!

Selain juara pertama, juara kedua juga mendapatkan hadiah berupa seperangkat Sony Home Theater set. Juara berikutnya mendapatkan kamera Sony Digital Imaging, dan juara keempat serta kelima mendapatkan voucher belanja dari MAP sebesar 1 juta rupiah.

Di event ini, nggak ada peserta yang bête. Semua senang, semua menang. Dan yang jelas, semua jadi paham bahwa All New Mazda2 memang benar-benar bisa diandalkan untuk berkendara di Jakarta. Dan semakin meyakinkan juga untuk digunakan di kota lainnya.

Jadi pengin seru-seruan bareng Mazda2! Jakarta – Bali, maybe? Hehehe!