Gue adalah tipikal orang yang kurang ngerti soal karya seni rupa. Bahkan lukisan Monalisa karya Leonardo da Vinci yang sangat terkenal itu, dulu gue kira cuma lukisan biasa buat ilustrasi iklan shampoo. Gimana gue nggak mikir gitu, soalnya tiap nyoba googling gambar Monalisa yang asli di internet, susaaaah banget. Yang ada malah udah diphotoshopin sama orang-orang dan gambarnya jadi aneh-aneh. Nih contohnya:



Terus, ada juga lukisan Monalisa yang diedit secara extreme. Gue yakin Leonardo da Vinci bakal nangis 7 hari kalo liat masterpiece-nya diedit jadi kayak gini:
Edisi Duck-face selfie

Edisi Perang

Edisi Supermona

Kelakuan para vandalis ini yang bikin gue nggak gitu tertarik sama senirupa karena gue belum bisa nemu segi "indahnya" dari sana. Sampe akhirnya gue jadi tertarik sama seni rupa, saat gue kenal dengan seniman bernama Kurt Wenner. Dia udah bikin gue ngiler 3 galon karena ngeliat karya-karyanya.


Beliau adalah seniman dari Amrik yang juga penemu teknik 3D pavement art or Anamorphic Street Painting. Ngerti nggak lo? Nggak kan? Sama.

Bentar, gue gugling dulu ya!

*30 menit kemudian*

Oke.. Anamorphic Street Painting itu semacam lukisan yang kesannya “hidup”, terus biasanya dibikin di jalanan, lantai, atau di langit-langit gedung. Ukurannya juga gede. Nah, mas Kurt Wenner ini udah banyak ngelukis di berbagai wilayah publik seperti jalanan, atau di pameran-pameran di negara-negara barat sonoh. Kerennya lagi, mas Kurt Wenner ini juga bekerja sebagai ilustrator ruang ilmiah di NASA untuk keperluan project-projectnya NASA. Gokil yak!

Nah, pada penasaran kan kayak apa kerennya hasil karya doi? Nih gue kasih liat beberapa contoh 3D Chalk Drawings doi.

(images are taken from: http://www.thisisartphoria.com/)







Jangan mangap ngeliatnya!

Gambar-gambar yang doi bikin itu keliatan hidup dan nyata banget. Gue nggak ngerti gimana ngejelasin betapa keren hasil lukisan mas Kurt Wenner ini pake bahasa Bosnia.

Nah, kalo kalian udah kelar mangap-mangapnya ngeliat gambar-gambar di atas, gue mau ngasih kabar gembira! Bukan.. Gue bukannya mau bilang kalo akhirnya gue wisuda.. Tapi gue mau bilang.. KURT WENNER MAU MAMERIN KARYA SENINYA DI INDONESIA! HORE!

Yap, buat kalian yang suka karya seni yang mudah dinikmati, silakan dateng ke Artphoria. Ini adalah event seni kreatif yang nggak boleh dilewatin gitu aja.


Di Artphoria ntar, mas Kurt Wenner nggak bakal sendirian. Kalian bisa menikmati hasil karya seniman-seniman muda-beda-dari-Indonesia juga!

Siapa aja tuh?

Lala Bohang
Mbak ilustrator cantik dari Sulawesi ini adalah salah satu ilustrator favorit gue karena hasil goresannya punya warna dan makna yang unik. Dia suka menghasilkan karya-karya ilustrasi yang di mata gue cenderung gelap, namun secara emosional tidak selalu mengungkapkan hal-hal yang menyedihkan. Karya-karya dia juga banyak mengandung pesan. Salah satunya ini:



Diela Maharanie


Kalo ngeliat gambar penuh warna kayak di atas, ntah kenapa hati gue mendadak ngerasa ceriaaa. Nah, itulah ciri khas dari karya-karya Diela. Karya-karyanya selalu melibatkan warna-warna yang menyala. Mampu membuat mata kita terbuka, dan hati kita ceria. Oiyah, uniknya lagi, Diela ini suka melukis dengan tangan kiri loh. Keren banget. Sedangkan yang bisa gue lakuin dengan tangan kiri adalah, cebok, ngupil dan hal-hal tidak keren lainnya..

Hendra “Hehe” Harsono
Dia ini tetangga gue. Yup.. Cowok jebolan Institut Seni Indonesia yang bermarkas di Yogyakarta ini adalah seniman yang karyanya sangat gue suka karena terkesan lucu, imut dan bagus buat dijadiin bahan mikir. 

“Kira-kira, gambar ini artinya apa ya?”

Zaky Arifin
Cowok ganteng ini dikenal dengan karya-karya Typhography. Bukan.. Typhography bukanlah karya seni yang melibatkan teknik salah ketik. Tapi karya seni yang menonjolkan indahnya perpaduan pola huruf-huruf dalam tulisan. Mau ngerti lebih lanjut? Besok dateng dan tanya aja sendiri ama mas Zaky.

Rotua Magdalena P. Agung
Nah, yang terakhir nih.. Buat kalian yang demen desain grafis digital, mungkin kalian perlu ngeliat karya-karya kak Rotua Magdalena ini. Soalnya dia pernah nyabet gelar ‘Best National Painter’ di tahun 1995 oleh Phillips Morris Awards. Siapa tau dengan ngeliat karya-karya dia, apalagi kalo bisa ngobrol sama dia, kalian bisa dapet inspirasi buat berkarya di bidang yang kalian geluti itu.

Yup.. Buat yang penasaran sama karya orang-orang luar biasa ini, sempetin deh tanggal 14 Desember 2013 – 26 Januari 2014 besok ke Ciputra Artpreneur Center (Sudirman – Kuningan) buat nonton karya seni yang sangat mudah dinikmati oleh siapapun ini. Dan kerennya lagi, di acara ini juga ada Doorprize-nya! Siapa tau balik dari pameran lo bisa dapet iPhone 5s atau iPad Mini.


Untuk info lebih lanjut, kalian bisa buka:
Twitter: @ArtphoriaID
Instagram: ArtphoriaID

Silakan ajak temen, sodara, gebetan, pacar sendiri, pacar orang, bebas! Semuanya boleh nonton! Gue juga udah kebelet banget buat ketemu mas Kurt Wenner terus minta dilukis muka gue biar makin mirip Jay Park nih! Okay guys, siapa di antara kalian yang mau dateng nih?! See you there! :D