Gue punya temen namanya Irpus. Dia kerja sebagai tukang las galangan kapal. Padahal kami dari SD menempuh jalur pendidikan yang sama. Bedanya, sekarang gue kerja pake otak, sedangkan Irpus kerja pake otot.

Di era globalisasi dan teknologi sekarang, seharusnya kita emang nggak kerja pake otot lagi. Tugas otot udah digantiin sama robot. So, sebaiknya kita mengembangkan kemampuan otak kita buat dijual.

Apa?! Jualan otak Litt?!

Bukan... Bukannya gue ngajak kalian jualan otak-otak. Dan bukan juga gue minta otak yang di kepala kalian yang dijual kiloan. Tapi idenya.. ide kreatifnya.. ide kreatif itu mahal banget loh. Bayangin dari ide kreatif ada banyak karya tak ternilai harganya udah tercipta. Misal, novel, film, lukisan, lagu, dan buanyak lagi! Dan tentunya kalo ngomongin soal finansial, jualan ide bakal lebih banyak ngasilin duit daripada jualan otot. Ya gak? Bukan berarti kerja dengan jualan otot itu gak baik sih, semua kerjaan itu baik asalkan halal. Tapi gue cuma nyoba nunjukin kalian peluang nyari duit dengan jalan yang lebih ringan.

Lihat aja contoh orang-orang yang sukses dari hasil "Jualan otak" ini:



Siapa yang nggak kenal J.K. Rowling? Penulis buku legendaris Harry Potter ini lebih tajir dari Ratu Inggris! Beuh..



Inilah bapak dari para Alay yang merajalela di dunia maya.. Mark Zuckerberg.. 

Kok bule mulu?! Yang dari Indonesia emang gak ada ya Litt??

Adaa!! Banyak malah.. Dan ini salah dua contohnya aja deh..


Om Budiono Darsono.. Sang penemu portal berita online terbesar di Indonesia, Detik.com.

Dan yang ini, buat yang demen online pasti kenal..


Andrew Darwis.. Masih muda, dan kaya raya berkat penemuannya.. KASKUS, forum dunia maya terbesar di Indonesia..

Nah, Jangan cuma ngeliat contoh aja.. Ayo dong, ikut bangkit!! Dan buat ngetest seberapa kreatif kalian, coba deh ikutan kompetisi-kompetisi kreatif gitu. So, selain ngetest kreativitas, kalo menang kalian juga bisa dapet duit kan. Contoh paling simple ya misal ikut lomba blog, atau lomba bikin cerpen buat yang suka nulis. Buat yang suka bikin video, bisa ikut kompetisi video yang biasanya ada di youtube. Hadiahnya juga pasti gede-gede loh lomba semacam itu.. Nggak mungkin sejuta dua juta doang..

Nah, buat yang nggak suka nulis atau bikin video gimana dong Litt?!


Kalo lo ngerasa kreatif, dan punya ide-ide cemerlang tapi nggak punya skill buat nulis dan bikin video, tenang.. Ini gue kasih info soal lomba yang CUMA MINTA ide kreatif lo buat dijadiin aplikasi smartphone atau tablet!



Yup.. nggak perlu lo pinter coding atau apapun yang berhubungan dengan bahasa pemrograman. Yang dibutuhin cuma ide.. iye CUMA IDE.. Ntar yang bakal bikinin aplikasinya udah ada team tersendiri dari Tim Black Xperience. Asik kan?!

Waw.. Contohnya gimana tuh Litt?!

Nih, gue kasih contoh.. Jadi masuk dulu ke Link ini. Terus bakal muncul page kayak gambar di atas. Klik aja tombol “Join Our Competition Now”. Abis itu bakal muncul sebuah page registrasi. Lo bisa login via twitter atau FB, dan tinggal lengkapin data diri lo di form selanjutnya. Setelah kelar ngisi form registrasi, baru deh masukin ide kreatif apps lo di form bawahnya. Berikut ini contoh dari ide gue.


Jadi gue ngusulin sebuah Apps yang bernama STUDENT'S ASSISTANT. Nih apps  bakal jadi semacam asisten pribadi gitu. Gunanya buat ngebantu aktivitas para pelajar. Mulai dari ngingetin PR/Tugas, Jadwal kuliah/sekolah, ngingetin buat bikin Skripsi (duh...), dan canggihnya, nih app bakal bikin hape/tablet tuh orang pindah ke mode Airplane mode secara otomatis waktu lagi jam belajar.. Jadi konsentrasi belajarnya nggak bakal keganggu notifikasi twitter, FB, dll.. Keren kan?!

Cara ikutan kompetisinya simpel dan gampang banget. Yang dibutuhin sama Tim Black Xperience cuma ide lo doang kok. Lo nggak harus lulusan IT atau apapun yang berhubungan dengan bahasa pemrograman. Yang penting idenya detail, masuk akal, dan bermanfaat buat banyak orang.

Nah.. Hadiahnya apa Litt?!

Tenang.. Black Apps Competition udah nyiapin total hadiah sebesar Rp 110.000.000,- (seratus sepuluh juta rupiah) dengan pembagian :

- Uang tunai bagi 4 pemenang utama masing-masing sebesar Rp 25.000.000, dan Ide aplikasi dari 4 Pemenang utama akan diproduksi dan digunakan pada platform mobile apps yang sudah ditentukan.

- 1 Pemenang favorit berdasarkan hasil voting akan mendapatkan hadiah sebesar Rp. 10.000.000,-

- Penghargaan berupa plakat untuk 12 finalis yang terpilih.

Tuh, buat anak-anak kost.. Ngiler nggak lo?! Duit segitu bisa dipake buat beli bensin eceran setaun men.. Jadi, buruan tunggu apa lagi.. Kasih ide kalian buat kesejahteraan bersama.. Dan raih duitnya! :D

Oiyah, buat manasin otak kalian kalo belum ada ide buat disubmit ke kompetisi ini, ada game dari @BlackXperience juga.. Nama gamenya Appsdicted! Nih LINK gamenya. Game ini ngajak "mikir", guys. Semacam riddle gitu deh.. Kita harus nyari jawaban dari clue yang ada di game itu.. Kalian yang demen mecahin misteri pasti bakal demen sama game ini..


Simpel sih gamenya, tapi meres otak banget.. Awalnya kita cuma disuruh nyari symbol Black Xperience (segitiga merah) itu..


Cari simbol black xperience di gambar di atas deh.. :p

Tapi di level selanjutnya, selain nyari symbol segitiga merah itu, kita juga harus ngejawab pertanyaan yang muncul setelah ngeklik symbol tadi. Misal di level 2, setelah gue nemuin symbol segitiga merah, malah muncul gambar hape gini..


Hayoloh...

Gue bingung kudu apa?! Gue coba ketik kode yang ada di display hape, ternyata jawaban gue salah.. Setelah minta petunjuk kepada Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, akhirnya ketemu juga jawabannya.. Hehehe..

Kalian bisa dapetin clue gamenya di twitter @blackxperience , follow aja sono.. Biar bisa nanya-nanya soal detail kompetisi Black Apps Competition di situ..

Nah, buat kalian yang ngerasa kreatif, punya ide-ide out of the box, yuk gabung di Black Apps Competition dan ikutan game Appsdicted ini! Tenang, nih game juga ada hadiah jutaan buat yang bisa ngelarin level-levelnya kok. Asik kan?! Easy money, guys!! :D

Tunggu apa lagi, ini bukan kerjaan berat buat anak-anak kost yang punya banyak waktu luang setelah kuliah atau sekolah. Iseng-iseng aja ayo ikutan game dan kompetisinya. Namanya rezeki mah nggak akan ke mana..

Oiyah, ini ada postingan salah satu contoh ide aplikasi gue-> NYOH! Siapa tau bisa bikin kalian terinspirasi..

Jangan pernah berhenti berkreasi guys, karena Kreativitas adalah mata uang universal.. :)

Good Luck Guys! :D