Jadi, sejak minggu kemarin, gue heran ngeliat banyak orang-orang udah tua bangka pada megangin hape, jalan kaki ke trotoar, ngumpul di masjid, dan tiba-tiba berenti ngubek-ngubek tempat sampah sambil liatin layar hape. Gue penasaran dong, mereka lagi ngapain, gue kira mereka sudah terkena hipnotis yang dipancarkan oleh sinyal hape yang disebarkan oleh Megatron. Ternyata.. Mereka main game Pokemon Go.

Denger kata Pokemon, pikiran gue langsung melanglang buana, bernostalgia mengingat-ingat di zaman gue SD, gue suka mainin game ini di Gameboy Advance yang disewain sama mas-mas di sekolah gue. Game yang bikin uang jajan gue ludes dan bikin lambung gue terserang maag ini emang seru gila. Gamenya simpel, intinya gue jadi seorang bocah yang punya keahlian melatih monster-monster kecil yang gue temuin di alam bebas. Abis itu, gue adu tuh monster dengan monster lain.


Nah, game Pokemon ini direproduce berpuluh-puluh kali dalam berbagai judul. Dan yang terakhir gue mainin adalah game Pokemon X & Y di konsol Nintendo 3DS. Gameplaynya sama persis, di mana gue harus berpetualang dari kota ke kota mencari monster-monster mini buat gue piara, latih, dan adu. Seru parah.


Setahun kemudian, gue mendengar desas-desus bahwa game Pokemon yang legendaris itu bakal rilis di smartphone. Awalnya gue skeptis, karena gue nggak gitu suka main game di touch screen. You know, nothing is better than joystick for gaming. Tapi ternyata, apa yang gue duga salah total! Game Pokemon Go yang rilis di Android dan iOS ini interfacenya beda total dari yang gue duga. Gue nggak lagi mengendalikan seorang bocah pelatih monster, tapi, gue jadi bocah itu sendiri di dunia nyata! Iya! Pokemon Go, bukanlah game untuk orang-orang yang suka ngegame sambil duduk atau tiduran di sofa, tapi buat lo yang mau pergi keluar rumah dan melihat dunia!


Nih game menggunakan teknologi GPS di hape lo, buat nunjukin maps, menggunakan kamera hape lo buat menggabungkan animasi Monster yang lo tangkap dan lokasi lo nemu monsternya, serta menggunakan internet untuk menyambungkan ke servernya.


Oke.. Itu aja dulu perkenalan buat lo yang penasaran sama game ngehits ini. Kalo lo mau kenal lebih jauh mengenai Pokemon, gue rekomendasiin banget lo buat main game Pokemon di GBA atau Nintendo 2DS, atau 3DS. Dari situ bakal ketauan lo demen game ini atau nggak, dan lo bakal ngerti sejarahnya kenapa game ini segitu hebohnya bagi anak 90'an yang sudah mulai renta sekarang.

Sekarang gue mau ngejelasin tentang panduan game Pokemon Go bagi pemula banget. Jadi, yang udah jago, mending gak usah baca, atau syukur-syukur mau nambahin tips & trick di kolom komen, monggo.

Tutorial ini bakal gue bagi jadi 3 bagian:

1. Installing
2. Gameplay
3. Features

Yuk, kita mulai!

Installing
FYI, Pokemon Go untuk saat ini (Juli 2016), masih belum rilis di Indonesia. Baru rilis di US, Australia, New Zealand, dan beberapa negara lain akan menyusul. Oleh karena itu, kalo lo nyari Pokemon Go di Google Playstore maupun Appstore ampe jenggot lo gimbal, juga nggak bakal nemu. 

Cara pertama adalah dengan membuat akun Apple ID atau Google Playstore US, di mana kadang itu ribet. Dan gue terlalu males jelasin caranya di sini, googling aja.

Jadinya, gue bakal ngasih cara lain untuk install Pokemon Go di hape lo yang lebih praktis dibanding bikin akun-akunan. Tapi, gue nggak bilang ini cara yang aman, karena cara yang paling aman adalah menunggu Pokemon Go rilis secara resmi di Indonesia.

Gue kasih tau dulu resikonya kalo lo donlot aplikasi di luar Playstore ataupun Appstore. Aplikasinya bisa aja mengandung spyware ataupun malware. Jadi, kalo lo insecure, mending lo nunggu versi resminya. Tapi kalo lo udah nggak sabar buat ikut seru-seruan main, silakan ikuti step berikut ini. Ingat! Segala resiko dalam menginstall aplikasi ini, ditanggung sendiri, ya!

Yuk ah, kita mulai..

Untuk menginstall aplikasi Pokemon Go di iOS maupun di Android, silakan download dulu aplikasi Hipstore di:
- iOS (buka pake safari, bukan browser lain)
Khusus pengguna iOS, karena masalah security iOS sangat rapat, ada step lanjutan yang harus lo jalanin setelah app Hipstore terinstall. Yaitu, buka settings -> General -> Device Management.



Lalu lo klik dah certificatenya Hipstore, dan trust.


Kalo udah keinstall, silakan cari aplikasi Pokemon Go dari Hipstore market. Lalu install deh! Untuk pengguna iPhone, silakan "Trust" developer Pokemon Go dari settings -> General -> Device Management, seperti pas lo install aplikasi Hipstore tadi.


Setelah selesai install, buka deh aplikasinya! Voila! Aplikasinya pun udah bisa dijalankan! Gampang to~

Gameplay
Cara main nih game kalo dari awal, lo harus login dulu pake Google account, alias email lo yang gmail. Bukan buat apa-apa, tapi buat nge-save profile dan progress game lo di cloud. Abis itu, lo bakal diajak ngobrol ama profesor yang ngenalin lo ke Pokemon. Tapi sebelumnya, lo disuruh dandan. Yak.. Tinggal pilih gaya avatar Pokemon Trainer yang sesuai selera lo.


Setelah itu, lo bakal diajarin buat nangkap monster. Biasanya bakal nongol monster di sekitar lo, dan lo cuma tinggal milih salah satu monster yang nongol itu untuk ditangkap. 


Cara nangkapnya gimana? Tinggal "lempar" Pokeball (bola merah putih) dari ujung bawah layar hape lo ke arah monsternya. Scroll aja dengan cepat bolanya ke arah monsternnya. Untuk akurasi yang oke, tekan tahan dulu bolanya, tunggu sampai lingkaran hijau di monsternya mengecil, baru deh dilempar bolanya. Nah, itu basic dari cara menangkap Pokemon.

Pokemonnya buat apa, Litt?

Yang jelas, bukan buat dijadiin hewan qurban. Tuh monster bakal kita piara, kita gedein, sampai berevolusi jadi bentuk paling sangar. Endingnya? Ya bakal kita adu. Di mana? Di Gym. Ntar gue jelasin lagi di bagian features.


Abis lo nangkep Pokemon pertama lo, lo bakal disuruh profesor buat mencari PokeStop. PokeStop adalah lokasi yang ditandai dengan kubus biru di map lo. Mapnya bisa lo liat di layar hape. Cara mendekati PokeStop-nya gimana? Ya lo harus jalan ke sana. IYA, JALAN KAKI. Udah dibilang, nih game nggak bisa lo mainin sambil tiduran di kasur, atau di pangkuan pacar. Lo harus keliling kampung, komplek, ataupun kota.


Setelah sampai di PokeStop, lo nggak harus duduk di tempat yang ada di PokeStop itu sih, lo bisa berdiri di deket-deket situ aja, yang penting jaraknya nggak lebih dari 5 meter. Nah, di situ, silakan liat layar hape, terus lo scroll lingkaran PokeStop itu ke samping dengan cepat, logonya bakal muter. Ntar dari situ bakal nongol beberapa item bonus seperti PokeBall, Potion, dll. PokeStop bisa lo scroll setiap +/- 5 menit sekali. Jadi, baiknya kalo lo abis ngambil bonus di satu PokeStop, mending lo keliling cari PokeStop lain di area situ buat dapetin bonus lain dulu sembari nunggu PokeStop yang sebelumnya pulih kembali.


Di sepanjang perjalanan lo nyari PokeStop lain, lo bakal nemuin monster-monster yang bisa lo tangkep-tangkepin tuh. Dan monster-monster di berbagai wilayah bakal beda-beda jenisnya. Misal wilayah yang banyak pepohonan, monsternya bakal berbentuk ulat, ataupun burung. Wilayah yang dekat sungai, monsternya bakal berbentuk ikan, dsb.


Intinya, nih game mengharuskan lo nyari monster sebanyak-banyaknya, biar level lo naik terus. Jadi, kalo nemu monster di jalan, tangkep aja dulu. Kalo nemu monster yang jenisnya sama dengan yang pernah ditangkep? Ya nggak apa-apa, itu ntar berguna buat evolve. Ntar gue jelasin lagi.

Untuk sekarang, yang penting lo coba mainin aja dulu gamenya dengan cara di atas. Dan gue bakal ngejelasin beberapa fitur dasar yang perlu lo tau biar nggak bingung pas main.

Features
Di sesi ini, gue bakal ngejelasin beberapa fitur yang ada di game ini, biar lo paham fungsi dari setiap item yang ada.

Pokeball:


Bola berwarna merah, hitam, dan putih. Gunanya buat nangkepin Pokemon yang lo temuin di jalan. Kalo abis, lo bisa dapet gratis di PokeStop, atau beli pake Gold Coin.

PokeStop:


Seperti yang gue jelasin di atas, ini adalah tempat yang ditandai dengan simbol kubus berwarna biru di map lo. Gunanya untuk mencari bonusan Pokeball, potion, dll. Selain itu, bisa juga buat mengaktifkan Lure Module.


Gym:


Ini adalah tempat di mana lo bisa ngadu maupun ngelatih Pokemon koleksi lo. Biasanya, Gym ini dikuasai oleh tim yang punya Pokemon dengan CP (Combat Power) tinggi. Tapi kalo lo bisa ngalahin Pokemon mereka, Gym ini bisa lo kuasai juga. Yah, gym ini semacam kayak singgasana yang diperebutkan gitu lah. Untuk bisa mengakses dan bertarung di Gym, minimal lo harus ada di level 5.

Lure Module:


Gunanya untuk memancing para Pokemon liar di sekitar daerah situ buat mendekat ke PokeStop. Dengan begitu, Pokemon-pokemon bakal berdatangan ke PokeStop, terus lo bisa tangkep-tangkepin deh. Kalo pake Lure Module, semua pemain yang lagi nongkrong di deket PokeStop, bakal bisa ngeliat monster-monster yang datang juga, jadinya mereka juga bisa nangkepin monster-monster itu. Lure Module bertahan selama 30 menit di PokeStop.

Incence:


Fungsinya mirip sama Lure Module, tapi ini semacam parfum yang lo semprotin di tubuh lo sendiri. Jadi, Pokemon-pokemonnya bakal mendekati lo, bukan mendekati PokeStop lagi. Jadi, ke mana pun lo pergi, selama Incence ini aktif, Monster-monster liar bakal mendekati lo, dan bisa lo tangkep. Selain itu, kalo lo pake Incence, pemain lain yang di deket lo, nggak bakal kena efek apa-apa. Mereka nggak bakal ngelihat monster yang datang juga. Incence ini, sekali diaktifkan, bakal bertahan selama 30 menit.

Potion:

Ini semacam ramuan yang gunanya buat ngobatin Pokemon lo yang cidera setelah berantem. 


Revive:

Kalo Pokemon lo pingsan karena KO dibantai lawan, nih ramuan yang bisa bikin dia siuman.

Razz Berry:
Pernah nyoba nangkep monster yang CP tinggi, udah masuk Pokeball tapi bisa kabur lagi? Nah, sebelum lo lempar PokeBall, lempar dulu Razz Berry, biar monsternya sibuk makan Razz Berry, baru deh lo tangkep pake PokeBall. Dijamin nggak ngabur lagi.

Eggs:
Inih adalah telor Pokemon yang bisa menetas. Isinya random, kadang Pokemon yang langka, kadang Pokemon yang biasa aja.

Egg Incubator:
Ini adalah alat buat menetaskan telor Pokemon lo. Caranya simpel, klik telor yang mau lo inkubasi, terus klik gambar tabung inkubator. Telor akan menetas sesuai dari keterangan yang ada di bawah logo telurnya. Misal keterangannya 5.0 KM, maka telur itu akan menetas setelah lo berjalan 5 KM jauhnya sejak si telur masuk inkubator.

Gold Coin:
Intinya ini duit di dunia Pokemon. Gunanya buat beli Razz Berry, Egg Incubator, Pokeball, Insence, Lure Modul, dll. Beli Gold Coin kalo di android bisa pake pulsa, disetting dari payment setting goggle playstore. Kalo di iOS, ya harus pakai kartu kredit. Tapi, nih game bukan tipe pay to win kok. Selama lo rajin keliling nangkepin monster dan mampir ke PokeStop, semua items yang lo butuhin bakal terpenuhi tanpa perlu beli Gold Coin.

Q & A
Ini game bisa diinstall di hape apa aja?
Untuk android, minimal OS Kitkat ke atas. Untuk iOS, kayaknya iphone 5 ke atas lancar jaya.

Kok di daerahku nggak ada PokeStop dan Gym kak?
Nih developer game Pokemon Go adalah developer dari aplikasi INGRESS, yang dulu fungsinya adalah nge-tag lokasi-lokasi gitu. Nah, Pokemon Go menggunakan portal-portal checkpoint INGRESS untuk penempatan PokeStop dan Gym. Kalo daerah lo nggak pernah ada yang main INGRESS, ya PokeStop dan Gym-nya juga nggak ada. Tapi, monsternya tetep bakal ada di sekitar lo kok. Biasanya, untuk daerah-daerah terpencil emang susah nyari PokeStop maupun Gym.

Kok di Hapeku nggak bisa pake fitur AR kak?
Biasanya itu karena hape lo nggak support gyro-nya. So, matiin aja fitur AR-nya. Malah gampang buat nangkepin monsternya. Nggak goyang-goyang. Hehe..

GPS Signal Not Found. What the hell?
Sering kejadian kayak gini gara-gara lo pernah pake aplikasi Fake GPS, yang mengharuskan lo untuk Allow Mock Location. So, harus lo balikin ke settingan standar. Karena game Pokemon Go, nggak bisa dicurangin pake Fake GPS. Kalo udah lo balikin ke settingan standar, dan masih GPS Not Found, mungkin koneksi di daerah lo emang terkutuk.

Apa itu Evolve?
Evolve adalah sebuah proses di mana monster lo bakal menjadi lebih sangar, dan lebih kuat. Biasanya untuk melakukan Evolve, lo perlu item bernama candy. Candy didapat dari mana? Dari monster-monster yang lo transfer ke profesor. Setiap satu monster yang lo transfer ke profesor, bakal ditukar sama satu candy.

Cara Transfer Monster ke Profesor gimana, Kak?
Klik menu utama di bagian bawah tengah layar yang berlogo Pokeball, terus klik menu Pokemon, lalu pilih monster mana yang mau lo transfer, terus scroll ke bawah mentok, nanti ada tombol Transfer. Klik deh!

So.. That's all I can say untuk perkenalan game ini. Semoga bisa membantu kalian untuk lebih mengerti dalam memainkan game Pokemon Go. Nih game emang dinanti-nanti oleh para pecinta Pokemon jadul. Buat adik-adik yang nyoba main, stay safe ya. Jangan motoran sambil megang hape, jangan masuk pekarangan rumah orang tanpa izin, dan jangan ngebobol kartu kredit ortu buat beli Gold Coin. 

Yap.. Sampe sini dulu postingan gue kali ini. Udah capek 2 jam ngetik beginian. Sudah waktunya jari gue direbonding. Besok-besok kalo ada yang perlu ditambahin, bakal gue update nih postingan. Dan kalo ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar, ya! Ciao!