Gue adalah tipikal orang yang bisa berteman dengan siapa aja. Bahkan, dalam 6 bulan gue pindah ke Jakarta, hampir semua orang di sekitar tempat gue tinggal bisa mengenal gue dengan akrab. Tiap hari mereka selalu nyamperin gue untuk silaturahmi, dan…. Nagih utang.

Gue percaya, punya banyak teman akan membuat hidup semakin seru. Kalo gue sakit, banyak yang ngucapin “GWS”, kalo gue ulang tahun, banyak yang ngucapin “HBD WYATB”, dan kalo gue laper, banyak yang ngasih poto-poto makanan.

Nah, pergaulan yang luas itu juga mampu mendongkrak taraf hidup kita, baik itu kehidupan pertemanan, maupun kehidupan dalam karier. Misal, dengan punya banyak kenalan di bidang pertemanan, tentunya kita nggak bakal bingung untuk hang out ke mana saat libur tiba. Atau, dengan punya banyak kenalan di bidang profesional, kita nggak bakal susah buat nyari downline. Asik ya?

Nah, untuk itu, hari ini gue mau sharing ke elo, tentang tip memperluas pergaulan. Biar lo makin banyak kenalan, dan hidup lo pun bakal lebih ramean. Here they are:

1. Jangan Rese
Sebelum memperluas pergaulan, ya pastinya kita harus benerin attitude kita sendiri dulu. Percuma punya banyak kenalan kalo endingnya banyak juga yang nggak suka. So, fokus kita bukan cuma nyari kenalan dalam pergaulan. Tapi, kita mencari teman yang menyukai kita dalam pergaulan.

Pastiin jangan sampe kita jadi pribadi yang sombong, pelit, sotoy dan suka ngembat pacar orang. Jangan pula jadi orang yang suka menyantap binatang peliharaan teman. Kalo bisa, kita harus jadi pribadi yang suka ngalah, rendah hati, dan murah hati. Karena karakter semacam ini memang sangat lovable. Dengan pribadi semacam ini, kita bakal disayangi oleh banyak orang.

2. Pinter
Punya pengetahuan yang luas adalah kunci untuk memiliki pergaulan yang luas juga. Nggak selalu hal-hal besar, bahkan kalo kalian ngerti gimana proses jerapah bereproduksi pun, itu akan jadi pengetahuan tambahan bagi orang lain. Dengan istilah lain, kalo kita pinter dan bisa mengimbangi tema obrolan orang dari berbagai kalangan, artinya kita juga bisa diterima di berbagai kalangan juga kan?

3. Gabung Komunitas
Bergabung dengan komunitas atau klub adalah cara paling efektif buat nemuin teman yang sevisi, semisi, dan seminat. Dan gue emang paling sering dapet temen baru berkat gabung dengan komunitas. Inget, komunitas.. Bukan geng motor yang suka ngejarah warung bandeng bakar.

Contohnya, gue pernah gabung di komunitas stand up comedy. Berkat gue gabung dengan komunitas ini, gue jadi tau tentang dunia stand up comedy. Gue jadi tau cara buat bikin orang ketawa. Dan gue jadi tau, kalo malem minggu gue kudu nongkrong di mana.

Berkat bergabung dengan komunitas itu juga, gue ngerasa sangat terbantu misal gue lagi ada kerjaan di luar kota. Gue jadi ada temen nongkrong di masing-masing kota tersebut. Misal di Padang, Malang, Jambi, Semarang, dan kota-kota lain, anak-anak komunitas stand up-nya sangat ramah-ramah dan mau nemenin gue nongkrong semaleman penuh.

Selain komunitas stand up comedy, gue juga pernah gabung di komunitas airsoft gun, motor, Radio Control, dan komunitas Arisan budhe-budhe. Tentu dengan bergabung dalam banyak komunitas, gue jadi punya teman yang saaaaangat banyak. Bahkan, tiap gue lagi jalan, gue nggak pernah mau nutup kaca helm gue, biar gue nggak dikira sombong pas disapa oleh orang-orang di jalan.

Nah, biasanya yang terberat dari mau gabung komunitas atau klub itu adalah pas kudu nyamperin dan permisi buat gabung. Soalnya, biasanya kita bakal malu buat ngomong sama orang yang belum kita kenal. So, buat kalian yang pengin juga gabung di klub atau komunitas, tapi malu buat nyamperin tongkrongannya, kalian bisa make fitur baru dari BeeTalk nih! Nama fiturnya adalah “KLUB!”



Dengan fitur ini, BeeTalk bakal bantuin kalian buat dapetin teman-teman yang minatnya sama dengan kalian. Yang lebih keren, dengan fitur Klub ini, cari komunitas seminat di sekitar kalian jadi mudah banget. Cukup, nengok “Klub disekitar” dengan cara seperti ini:




Gak ketemu komunitas yang kamu suka di sekitarmu? Ya tinggal buat saja.



Nah, dengan fitur ini, tentunya kalian bakal dapetin teman-teman dengan minat yang sama dan mereka ada di sekitar tempat tinggal kalian. So, kalian bisa ngadain gathering atau kopi darat sama klub itu. Seru banget kan?

Kalo gue, saat ini lagi gabung di klub “Nulis Asik”. Iya, itu klub bikinan gue buat sharing tentang dunia menulis. Buat yang mau belajar nulis juga, yuk gabung ajah! Search aja klub “Nulis Asik”, atau kalo nggak ketemu, kalian bisa cari berdasarkan Klub ID: “113853”


“Having a good discussion about writing”

Dengan bikin Klub ini, gue jadi bisa berbagi dan dapet banyak ilmu tentang menulis. Btw, lagi ada kontes Klub Ter-Eksis. Katanya sih Klub yang aktif akan dapat ‘kejutan’ dari BeeTalk berdasarkan aktivitas Klub masing-masing.


Contohnya Klub Game League of Legends (LoL) yang menang kemarin katanya didatengin Staff BeeTalk pas mereka kopi darat. Mereka langsung dapat limited edition merchandise LoL resmi & in-game item dengan total nilai 4 Juta rupiah. Ajegile.

Seru juga ya, cari komunitas, seru-seruan bareng – kalo hoki malah dapet kejutan manis kayak Klub diatas.


4. Open-minded
Dalam dunia pergaulan, kita nggak boleh menutup diri. Kita harus siap menerima apa aja di dunia luar sana. Yang penting kita bisa menyaring mana yang baik dan mana yang kurang baik. Jadi, saat ketemu dengan orang yang tidak sepaham, tidak selayaknya kita langsung memprotes atau memaksa dia untuk sepemikiran dengan kita. Tapi selalu usahakan untuk mengerti sebelum menjauhi. ;)

Sekian beberapa tip dari gue. Semoga petunjuk dari gue ini bisa mencerahkan pemikiran kalian tentang pergaulan. Kalo ada yang mau ditanyain mengenai topik ini, silakan tulis di comment box ya! Ntar gue jawab satu-satu. Ciao!