"Internet gue lelet banget Litt!!"
"Sinyal gue sekarat Litt!!"
"Pacar gue lemot Litt!!"

Yap.. Beberapa keluhan kayak di atas sering banget gue denger dari temen-temen gue. Banyak yang ngeluhin betapa mengenaskannya koneksi internet yang mereka miliki. Sehina-hinanya koneksi internet, adalah koneksi yang gak mampu buat buka google.com. :p

So, berhubung gue adalah anak Pendidikan Bahasa Inggris, gue mau ngasih beberapa tips buat kalian biar koneksi kalian makin kuenceng dengan budget mahasiswa, alias murah meriah!

Sebenernya ada banyak cara sih buat meningkatkan kemampuan si modem buat nangkep sinyal.. Kayak yang pernah gue bahas dulu di postingan INI , gue pake wajan.. Soalnya di kampung gue, (Sragentina) sinyal adalah hal langka.. Maklum, di kota gue belom ada Mall..
Ntah apa hubungannya..

Tiap Gue Nge-Net, Bau Ikan Asin

Niatnya sih gue pengen bikin Wajan-Bolic kayak orang-orang yang udah ahli kayak gini..

Tapi sayang, wajannya masih sering dipake eyang buat goreng ikan asin.. Gue nggak tega buat ngelobanginnya.. Buat yang emang niat bikin, boleh nih ikutin tips bikin Wajan-Bolic yang ada di SINI. Fungsinya sama aja, tinggal ganti wireless LAN receivernya pake modem USB situ..

Ada juga orang yang sukses nguatin sinyal modem mereka dengan cara aneh-aneh.. Ada yang pake kaleng..


 Bahkan, pake sendok.


Ini nih cara bikinnya -> KLIK

Nah, kemaren gue ngaskus tuh.. Gue nemu Thread gokil bikinan agan dvboy .. dia bikin penguat sinyal sendiri buat modem Smartfren Evdo Rev-B dengan bahan seadanya, namun efektif! Penasaran? Nih gue tulis di sini yeee..

1. Siapin Modem Smartfren lo yang kayak gini:

Ini modem Rev B baru dari Smartfren. Harganya 399 rebu, bonus kuota 2GB. Modem ini juga udah pake program Connex EVO. Apa itu "Connex EVO"? Ntar gue kasih tau di bawah ye..

2. Siapin 3 keping VCD/CD yang udah gak kepakai, misal VCD hadiah dari mantan.. Atau VCD yang isinya video pas jadian sama mantan, gitu..

 

3. Siapin Lakban Aluminium foil.. Itu loh, kayak yang buat nempel panci kalo bolong..


4. Lebarin deh CD tadi pake pisau, cutter, atau benda tajam lain biar lobangnya muat buat dimasukin modem elo..

5. Tempelin semua permukaan CD tadi pake Lakban Aluminium foilnya sampe rata.

6. Tusukin modemnya ke lobang yang udah lo bikin tadi..

7. Sambungin modem lo pake kabel USB extension ye.. kalo bisa, pake kabel extension USB yang bagus, biar powernya nggak turun-naik.. Kabel USB extension tuh kayak gini:


8. Voila! Sinyal pun bertambah!

SEBELUM:
SESUDAH:
Sadisss Kakak~

Btw, kalian kudu mastiin dulu, paket yang kalian pake tuh paket apa.. Kalo di Smartfren, gue saranin kalian pake program Connex EVO aja.. 


Soalnya kenapa??

- Gak ada batasan speed.
Pake Connex EVO, lo gak bakal dilimitin speednya. Speed maksimal bakal sesuai sama sinyal yang lo dapetin. Beda ama paket unlimited regular itu.. Dia kan pake speed limit, jadi ya kurang ngebut. Jadi sebelum ngeluhin kenapa modemnya lemot, pikir-pikir dulu, lo pake paket yang mana??

- Lebih murah.
Iya, emang lebih murah bila dibandingkan beli yang paket kuota, karena selalu dapet bonus kuota 50% tiap isi ulang pulsa. Misal, biasanya gue ngisi pulsa modem 150rebu. Pulsa gue otomatis jadi kuota 12GB + Bonus 50% (6GB), jadinya dengan ngisi pulsa 150rebu, gue dapet kuota 18GB donggg.

- Praktis.
Gak perlu beli-beli paket lagi.. Setiap isi ulang pulsa, langsung jadi kuota. Jadinya gak perlu nginget-nginget tanggal berapa kudu perpanjang paketnya.

Caranya biar modem kita bisa pake  program connex EVO gimana Litt??

Simple..

Bisa dengan dial nomer *123*3*333 + Call

Atau dengan mengirim SMS gini-> Connex EVO dan kirim ke 123

Kalian cukup melakukan migrasi ini sekali saja. Bulan-bulan depannya gak perlu lagi..

For more details, you guys may check this LINK!

*Inget, program Connex EVO hanya disarankan untuk penggunaan di modem. Karena tiap pulsa yang diisikan, akan otomatis menjadi kuota. So, gak bakal bisa buat SMS/Nelpon.. :p

Yap.. Kayaknya itu aja dulu info yang bisa gue kasih ke kalian.. Semoga bermanfaat yaa! Btw, kalo ada yang suka utak atik modem dan punya tips buat bikin koneksi makin ngebut, boleh share di comment box loh.. Thank You! :)