Hallo guys..
Gue nulis postingan ini sambil ngolesin Betadine di pantat gue dan ngipasin sampe kering. Iye, Perih banget pantat gue setelah 3 hari berturut-turut gue siksa buat jalan menjelajah sumatera selatan.

Ngapain Litt?

Awalnya gue dapet undangan buat ngisi Talkshow tentang Creative Writing gitu di UNSRI.. Universitas Sriwijaya Palembang Sabtu kemaren.. Oh iyah.. Gue sempet heran, kenapa orang Palembang suka banget ngasih nama "Sriwijaya". Soalnya selama di Palembang, gue nemu ada Pupuk merk Sriwijaya, Universitas Sriwijaya, Hotel Sriwijaya, Rumah makan Sriwijaya, Tim sepak bola Sriwijaya FC, apakah di sana juga ada Gudheg Sriwijaya?

Talkshow di UNSRI sendiri seru gila.. Dihadiri lebih dari 250 peserta dari berbagai umur. Dan yang bikin gue sempet kaget, gue nemu kembaran Bena di sana:

Nah.. Talkshow di mulai jam 10, kelar jam 12. Dan FYI, hari itu.. Hari di mana gue dateng ke Palembang, listrik kota itu padam. Kayaknya efek radiasi kegantengan gue mulai membahayakan. Sehingga PLN pun terpaksa memadamkan listrik demi nama kemanusiaan. Dan gara-gara mati lampu, suasana gedung gue talkshow memanas. Orang mulai pada sibuk kipas-kipas di kursi audience.. Gue udah telanjang di panggung.

Di talkshow UNSRI, gue make kaos dengan tulisan berbahasa Palembang ini:

Gue nggak ngerti artinya apa.. -______-

Begitu acara kelar, panitia nggak mungkin ngijinin peserta buat minta tanda tangan dan foto satu-satu, karena pasti bakal rusuh dan lamaaaa.. Sedangkan kondisi gedung mulai mirip tempat sauna massal.. Listrik belom nyala.. Gue pun balik ke hotel.. Hotelnya sebenernya oke sih.. Tapi siang itu, hotelnya juga kena mati lampu!! -______-
Untung, waktu gue buka jendela kamar, ada pemandangan indah.. Jadi nggak bete-bete banget..

Wow.. jemuran.. Mari kita Zoom..

*Muntah 3 ember*

Karena gue sadar tadi banyak yang belom sempet poto bareng dan dapet tanda ketek di buku SKRIPSHIT mereka, akhirnya gue minta izin ke Gramedia setempat buat minjem tempatnya untuk meet & greet bareng pembaca-pembaca gue.. Dan gue shock.. Ternyata yang dateng banyak banget!!

95% pesertanya adalah cewek..

Acara di gramedia kelar kira-kira jam setengah 5 setelah gue ajakin semua peserta foto satu-satu dan ngasih tanda tangan satu-satu. Makasih banget buat pihak Gramedia Atmo Palembang yang udah nyiapin sekuriti sehingga acara berjalan lancar, dan insyaallah seluruh peserta merasa puas.. :) Ya.. Puas ngecengin kaki gue yang nggak ada bulunya ini.. -_____-"

Malemnya, gue sama editor gue Syafial langsung cuzzz ke Lampung. Sebenernya nggak ada acara apa-apa di sana sih. Gue nggak ada undangan talkshow atau apapun. Tapi gue sengaja pengen ngebolang aja menjelajah daerah-daerah deket-deket Palembang untuk kumpul bareng pembaca-pembaca gue. Akhirnya, dengan pertimbangan budget, gue ama fial milih buat naek kereta. Yap.. Awalnya, gue kira dengan memilih kelas eksekutif, gue bakal cepet nyampe dan mendapatkan perjalanan yang menyenangkan.

Tapi, akhirnya gue belajar satu hal. Kereta dari Palembang ke Lampung ini bener-bener safety.. Yap.. Waktu gue iseng-iseng nyalain GPS, ternyata speed maksimum tuh kereta adalah 60 Km/jam. Tapi lebih banyak jalan di kecepatan 30an Km/jam. Ditambah lagi, nih kereta tiap satu jam berhenti buat ngasih jalan sama kereta batu bara. FYI, dari Palembang ke Lampung, cuma ada satu jalur kereta doang. Dan itu digunakan secara bergantian sama kereta penumpang dan kereta batu bara. Itulah kenapa, dari Palembang ke Lampung yang berjarak 300an KM, ditempuh dengan kereta ini, gue berangkat jam 21:00 malem dari Palembang, nyampe Lampung jam 10 Pagi. Bokong gue rasanya kayak abis kecelup di tambak ikan Piranha. Perih om~

Sesampainya di Lampung, gue ama Fial ngojek sambil nyari hotel terdekat dari stasiun. Setelah nyampe hotel, kita istirahat sejenak sambil ngetweet soal rencana kumpul bareng pembaca Lampung. Karena acara dadakan, gue kira pesertanya bakal dikit doang. Tapi gue kaget, begitu nyampe di KFC Coffee (tempat yang kita tentuin dari hasil voting di twitter), gue udah disambut pembaca-pembaca tercinta. Ada yang manggil-manggil, teriak-teriak, lari-lari, sampe manjat tower.. Dan berikut adalah video tentang kebrutalan pembaca-pembaca SKRIPSHIT Lampung yang terjadi di KFC Coffee:

Karena keadaan makin rusuh, pihak management KFC Coffee pun menegur kita dan "mengusir" secara halus. Kita pun pindah dari KFC Coffee ke warung sebelah gedung KFC Coffee tadi. Nggak tau kenapa, bisa kebetulan nemu warung yang cukup luas itu. Mas-mas yang jual juga ramah. Dia ngijinin kita make warung dia buat ngumpul rame-rame, meskipun gue nggak booking duluan. Akhirnya, daripada nggak pesen apa-apa, gue pun nraktir temen-temen pembaca Lampung minuman dingin, kentang goreng dan Indomie.

Acaranya cukup sederhana.. Kumpul-kumpul.. bercanda-canda.. Foto-foto dengan gaya bebas.. Gue sama sekali nggak ngerasain perbedaan antara pihak pembaca, dan penulis.. Berasa banget suasana kekeluargaannya. Semoga kalian pun merasakan hal yang sama.. :)

Dan.. Setelah maghrib tiba, para peserta meet & greet pun membubarkan diri. Gue balik ke hotel dan nginep semalem, dan kelar juga trip gue di daerah Sumatera Selatan kemaren. Gue pun balik ke Jakarta dengan pesawat dan langsung menuju ke Kantor tanpa pulang ke kost dulu. Soalnya di kantor udah banyak kerjaan menanti..

Oke.. Sekian cerita gue selama jalan-jalan di Sumatera Selatan.. Gue mau ngucapin banyak banget makasih buat temen-temen pembaca yang gue cintai, karena kalian udah welcome banget meskipun kita belom pernah bertemu sebelumnya. Makasih juga udah tetep ngesupport gue, dan bikin gue selalu inget bahwa tanpa kalian, gue bukan apa-apa. Dan berkat kalian, gue ngerti.. Royalti penulis itu bukan dilihat dari angka, tapi dilihat dari seberapa besar keluarga baru yang gue punya.. :)

I just wanna tell you guys, I don't have fans.. I only have loyal-readers.. And they are called "Friends".. :)

P.S: Berikut postingan kesan meet & greet pembaca dari Palembang @ViskaSeptiani -> CEKIDOT