Tadi gue lagi mengisi hari minggu sambil terbaring di ranjang penuh peluh.. Kenapa? Di kost gue, Earth Hour baru digalakkan siang ini.. Sehingga kipas angin gue pun mati. Ini kamar rasanya kayak lagi sauna.. Nah.. Di sela-sela gue nganggur itu, gue maen twitter deh.. Nah.. pas maen twitter ini, gue liat tweet si Ernest Prakasa :

Yup.. Sebuah mobil mewah seharga Miliaran, ngisi BBM premium! Itu contoh orang-orang yang mau merebut hak rakyat kecil guys! Nah, dari tweet di atas, gue jadi kepikiran sebuah ide. Gimana kalo kita "hukum" orang-orang macem pemilik Alphard di atas biar mereka malu dan (mungkin) jera buat ngelakuin hal itu ke depannya. Biar kalo mereka mau pamer mobil mewah ke temennya, temennya bakal ngerespon:

"Oh.. jadi ini mobil MEWAH yang suka ngembat bensin PREMIUM itu?"

So, kalo kalian mau ikutan ide ini, gue jelasin gimana konsepnya. Program ini gue kasih nama #BikinMalu *Daptarin Patent ah..*
Fungsinya adalah:

- Bikin orang yang suka ngelanggar peraturan jadi ngerasa malu
- Bikin orang yang suka ngelanggar peraturan jadi diomongin banyak orang
- Bikin orang yang suka ngelanggar peraturan jadi dikucilkan dari pergaulan

Caranya gimana Litt??

Caranya simpel guys.. Kalo kalian nemu orang-orang yang lagi ngelanggar peraturan kayak tweet di atas, ambil aja potonya (video juga boleh), dan share ke social media kayak twitter, facebook, tumblr, atau mana aja biar gampang dilihat oleh orang lain dan biar dishare ulang. Contohnya kayak gambar-gambar di bawah ini:



Mobil mewah, pakenya premium.. Dasar Serakah..


Mentang-mentang mobil dinas, terus boleh ngelanggar peraturan gitu?

Bisa beli motor, tapi nggak bisa baca..

Cara melihat orang memperlakukan mantannya, adalah dari cara dia memperlakukan benda yang "pernah" bermanfaat untuknya..

Kalo Zebracross aja ditutup kendaraan, orang nyebrang boleh nginjek2 jok motor mereka nggak ya?

 Masih pake seragam, ngerokok di tempat umum.. Jangan ditiru yah~

Dan tentunya masih banyak lagi kecurangan-kecurangan yang terjadi di luar sana. So, Solusi yang gue tawarkan ini simpel.. Bikin para pelanggar ini "TERKENAL".. ya.. TERKENAL CURANGNYA..

Yang penting sih kita kompak aja guys.. Jangan menyepelekan cara-cara simpel gini.. Kalo kita mau kompak untuk memperbaiki bangsa dari hal terkecil kayak lingkungan sekitar kita, nggak menutup kemungkinan bangsa kita bakal jadi bangsa yang lebih baik kelak. Karena nggak semua masalah bisa diselesaikan oleh pihak berwajib doang, asal kita sadar, kita juga pihak yang berkewajiban atas masa depan bangsa ini, gue yakin kelak kita bakal bisa jadi bangsa yang besar..

Yap! I'm waiting for your reports.. Kapan aja kalian ngeliat hal2 kayak di atas, jangan sungkan buat ngetweet ke @bikin_malu dengan hastag #BikinMalu biar gue bantu temen kalian yang curang itu, jadi TERKENAL.. Tentunya gue juga perlu bantuan kalian kalo gue nemu kecurangan yang sama, tolong dibantu share juga.. Karena gue sendiri nggak bakal bisa ngelakuin hal ini tanpa kalian.. Kalo takut kena pasal "Pencemaran Nama Baik", disensor juga monggo.. Tapi sebenernya kalo kita bener2 nge-Gap dia ngelakuin hal gak bener, namanya bukan pencemaran nama baik.. Tapi penyebaran nama yang emang sudah tercemar..

Dan karena ini baru ide simpel gue, kalo kalian ada masukan lain demi memperbaiki lingkungan kita, silakan share di comment box yak!! :D

Smart people, understand.. Ignorant people, underestimate..

P. S. : Kalo kalian mau re-share tulisan ini di note FB, kaskus, atau mana aja boleh loh.. Yang penting kasih sumber.. Kan gue juga mikir buat bikin tulisan ini.. Thank you! :)