Kemarin gue sempet dikagetin sama temen SMP gue yang namanya Supri. Sebelumnya, gue kasih tau dulu Supri itu kayak apa. Waktu SMP, Supri itu anaknya begonya minta ampun. Saking begonya, setiap dia jajan, dia perlu bawa kalkulator buat ngitung kembalian. Gue curiga, dulu Supri dikandung di area pembangkit listrik tenaga nuklir. Jadinya, sampai SMP juga dia masih ngileran. Dengan prestasi semacam itu, nggak heran akhirnya Supri tinggal kelas 5 kali saat dia belajar di kelas VII.

Meskipun bego, Supri tuh anaknya songong abis. Pas sekolah dulu, dia suka mamerin duit. Meskipun gue tau, itu bukan duit jajannya, melainkan duit buat bayar iuran uang gedung. Gue tau, karena gue juga bayar iuran yang sama. Dia sengaja naroh uang itu di kantong belakang bajunya, duitnya disengajain nongol separuh.

Karena penasaran, gue nanya, "Itu duit buat apa, Pri?"

"Duit jajan gue lah~" Jawab Supri sambil sesekali ngambil selembar duitnya buat ngelap iler.

"Wah.. Banyak banget! Emang berapa sih duit jajan lo tiap hari?" Gue sok nanya aja, meski gue tau Supri boong.

"Sejuta.. Wekk!! Duit jajan lo dikit kan?" Jawab dia songong.

"Uang jajan gue cuma 1 persen dari uang jajan lo. Berapa coba?" Gue sengaja nanya gitu biar dia mikir. Dan endingnya, dia dilarikan ke UKS karena kejang-kejang setelah mencoba berpikir keras menjumlahkan berapa kah 1 persen dari duit sejuta itu.

Siapa nyangka, kemarin waktu gue iseng buka Facebook, gue mendapati foto Supri lagi berdiri di kap mobil mewah. Hal itu bikin gue penasaran, karena setau gue, taraf hidup keluarga Supri nggak beda jauh dari keluarga gue. Kita sama-sama makan sabun di tanggal tua. Nah, berarti itu mobil siapa yang didudukin Supri? Apakah Supri udah tajir? Apakah Supri udah nggak ngileran lagi?

Gara-gara penasaran, gue pun klik profile Facebook dia. Di sana, gue nemu banyak lagi hal yang bikin gue semakin tercengang. Di album foto-fotonya, gue lihat dia traveling mulu. Ada foto dia lagi jalan-jalan di London, Jepang, Thailand, sampai Nusa Kambangan. Gue semakin penasaran dong, gimana Supri mendadak bisa seru gitu hidupnya? Tapi malas juga gue buat nanya, pasti dia bakal songong mampus.

Tapi Tuhan tampaknya selalu menunjukkan kebenaran kepada gue. Beberapa hari kemudian, gue lihat Supri lagi nuntun motor bebek tahun 90an yang kondisi mesinnya udah remuk redam mirip sama mesin pompa air. Pas gue berenti, gue tanya kenapa motornya, dia jawab "Gapapa kok.. Ini tadi abis dipakai road race, pistonnya pecah. Maklum.. Hobby baru. Hehehe.."

Melihat ekspresinya yang masih songong, gue pun segera pamit, "Oh.. Kirain butuh bantuan.. Ya udah ya.. Gue duluan."

Baru juga gue ngegas motor gue, Supri tiba-tiba manggil, "Eh Lit?!"

"Ya, Pri?"

"Boleh minta tolong nggak?" Ekspresinya jadi sedikit memelas.

"Apa, Pri? Kalo bisa, pasti gue bantu kok."

"Pinjem duit dulu dong.. Buat beli bensin." Kali ini, ekspresi Supri berubah jadi agak tersipu malu.

"Loh? Piston pecah kok dibeliin bensin? Emang bisa jalan?" Gue mulai mikir jawaban Supri nggak masuk akal.

"Umm.. Bukan buat ngisi tangki bensin, tapi mau gue siramin ke motornya. Mau gue bakar. Maklum.. Hobby baru. Hehehe.."

Denger jawaban Supri, gue langsung sodorin duit ceban, dan cabut. Gue eneg disuapin omong kosongnya. Mending gue ngabur demi kesehatan jiwa gue.

Gara-gara pengalaman itu, gue jadi semakin yakin kalo yang dilakuin Supri di media sosialnya itu palsu semua. Dan bener aja, setelah gue analisa beberapa fotonya secara lebih mendalam, ternyata ada beberapa kecacatan seperti gambar di background dan gambar Supri kurang menyatu. Kurang lebih, seperti ini:


Kemungkinan besar, ini foto hasil editan.

Nah berbekal pengalaman itu, gue pun nyari info ke sana kemari tentang beberapa cara agar kita bisa membuat teman-teman kita di media sosial jadi kagum. Karena gue baik, gue bakal nge-share pengetahuan ini kepada kalian. Yuk mari~

Photoshop
Ada istilah yang beredar di internet, "No Pic = HOAX" yang artinya, apapun pengakuan lo, kalo nggak ada gambarnya, artinya pengakuan itu palsu. Nah, biar nggak dibilang HOAX, lo harus mengasah skill editing foto pake software Photoshop. Kalo bingung gimana memulainya, lo bisa minta petunjuk master photoshop Indonesia, Agan Harahap. Biar lo bisa bikin foto-foto sekeren ini:




Dengan skill photoshop sekeren itu, tentunya bakal gampang banget buat lo yang pengin ngaku-ngaku abis kencan sama Emma Stone, atau abis duel digimon samaManny Pacquiao. So, untuk ngeksis di dunia maya, skill photoshop is a must.

Fake Location
Pengin update dengan tulisan locationnya lagi di tempat keren, atau di luar negeri? Gampang banget! Bagi pemilik gadget android, silakan download aplikasi "Fake GPS Location" di Play Store.


Setelah lo install, tinggal lo pindahin deh Pin Location di mapnya Fake GPS Location itu di negara/tempat mana aja yang lo mau. Dan Voila! Semua aplikasi di gadget lo itu bakal menganggap lo sedang berada di tempat/negara yang lo drop pin location tadi. Nah.. Kalo mau ngeboong tentang lokasi, kudu banget pake aplikasi ini.


Jangan sampe pengalaman Nikita Mirzani ini menimpa lo juga, guys!

Foto Menu Makanan
Ini sebenarnya trik yang sangat simpel. Lo masuk aja ke resto yang terkenal mewah, terus lo duduk di salah satu mejanya. Oiyah.. Pastiin tuh resto punya menu yang namanya aneh-aneh dan susah dipahami oleh teman-teman yang kehidupannya pas-pasan ya. Jangan lupa pastiin juga di menunya itu ada list harganya juga, biar kelihatan mahalnya. Syukur-syukur harganya dollar. Begitu menu dikeluarin, lo poto dan update aja, 


"Enaknya makan apa ya?"

Abis lo dapetin foto menunya, cabut ajah. Bilang ke pelayannya kalo makanan situ nggak ada yang sesuai selera. Untuk lebih meyakinkan kepada teman-teman di media sosial, comot aja bill orang yang udah cabut dari mejanya, terus difoto.


"Makanku hari ini banyak banget. Pasti aku gendud."

Foto di Mobil
Hari gini, untuk nyari jodoh berbekal kendaraan umum kayaknya udah nggak gampang. Susah lah PDKT sama cewek, tapi tiap ngedate selalu diajak naik angkot. Pastinya ada sih, cewek yang mau, tapi kalo sasaran lo adalah cewek-cewek dengan high-maintenance, di mana harga bedaknya aja bisa lo pake beli beras jatah setaun, susah lah kalo lo nggak punya mobil pribadi, atau setidaknya berlagak punya mobil pribadi.

Makanya, lo kudu banget sering upload foto bareng mobil di media sosial. Biar gebetan lo ngelirik ke elo karena mobil yang lo poto emang keren. Untuk meyakinkan orang, jangan foto di depan atau samping mobil. Lo harus foto di dalam mobil. Mobil siapa? Taksi juga boleh. Yang penting angle fotonya bener, nggak bakal ketauan kalo lo lagi di taksi kok.


Yang penting ada foto jok, sabuk pengaman, dan lo lagi pegang setir.

Foto Barang Bajakan
Untuk ngehits di Media Sosial, tampaknya kurang kalo lo nggak nunjukin bahwa lo punya barang-barang ngehits yang mahal. Nah, mari kita manfaatkan betapa indahnya tinggal di Indonesia. Di sini buanyak banget barang bajakan yang harganya sangat ramah sama kantong para kaum BPJS (Budget Pas-pasan, Jiwa Sosialita). Cari aja tas LV di Blok M atau MangDu, dijamin duit 100 rebu juga bisa dapet tas yang kelihatan mahal.


Kalo udah dapet, jangan lupa diupload ke Media Sosial ya. Serunya, kalo dalam bentuk foto doang, orang bakal susah bedain itu barang asli atau palsu. Soalnya nggak bisa disentuh, coy. Tip gue buat lo yang suka upload foto barang bajakan, bedanya barang asli dan bajakan itu cuma dari cara kita memperlakukannya. Jadi, meskipun bajakan, kalo pas motret tuh barang lo taroh di atas meja dikelilingi bunga-bunga, pasti orang ngira itu asli kok.

Nah.. Kalo lo udah ngikutin cara-cara gue ini, dijamin orang-orang di friendlist Media Sosial lo bakal nganggep kehidupan lo sangat sempurna, lo bakal dianggap sebagai orang sukses dan puncaknya, lo bakal menuai banyak like maupun smiley love!!

Yak.. itu aja dulu yang bisa gue bagi di postingan kali ini. Semoga info gue ini bisa melengkapi kehidupan palsu lo di dunia maya, dan semoga lo bisa makin diterima sama teman-teman palsu lo di dunia maya. Gapapa, yang penting kan apa yang mereka pikirkan di dunia maya. Toh mereka nggak bakal peduli kehidupan lo di dunia nyata kok. Nggak percaya? Coba aja update status lagi sakit, paling lo cuma bakal dapet ucapan "GWS" doang. Yang jenguk? Gak ada. Ya gitu deh kualitas pertemanan palsu di dunia maya. :p

Gue bikin postingan ini karena gue nyadar, setiap orang punya caranya sendiri untuk bahagia. Jadi, ini sedikit tip buat yang bisa bahagia dengan pengakuan dan pujian orang di sekitarnya. Sekali lagi, gue harap tulisan ini berguna.

Nah.. Lo punya tip lain? Silakan share di kolom komen ya~