"Hal yang pertama pengin aku lakuin kalo ketemu kamu ntar adalah, meluk kamu kenceng-kenceng ampe ginjalmu remuk, sayang.. Karena aku gemes ama kamu.." Ucap Supri kepada pacarnya Ningsih yang tinggal di benua yang berbeda.

"Iiiih.. Kok jahat siiihh.." Ningsih menjawab kalimat Supri tadi sambil gigitin meja kamar.

"Hahaha.. Becanda sayang.. Aku sayang kamu.. Nggak tau kenapa, hawanya aku tuh pengin melukin kamuuuuu, terus.." Supri kembali merayu pacarnya yang mulai merajuk itu.

"Aku bosen tau.. Dari zaman kita masih SD, ampe sekarang kamu udah jadi Satpol PP, kamu cuma bilang pengin meluk mulu, tapi nggak pernah ada niat buat ketemu. Aku mulai nggak percaya sama perasaanku ke kamu." Ningsih kian menjadi.

"Tapi kan aku kudu nabung dulu.." Supri membela diri, "Dari Cilacap ke Bosnia itu nggak deket loh!!"

"NABUNG! NABUNG! UDAH 15 TAUN LEBIH TABUNGANNYA NGGAK CUKUP-CUKUP! Kayaknya sih bukan duitnya yang nggak ada, tapi niatnya yang nggak ada! Udah ah.. Aku capek!" Ningsih memencet tombol merah di hapenya.

Supri terdiam dengan tatapan kosong tanpa terganggu oleh suara "tut.tut.tut." di hapenya yang terus berbunyi karena sambungan teleponnya sudah putus. Beberapa menit kemudian, Supri memutuskan untuk tiduran di rel.

Buat lo yang udah pernah ngerasain hubungan LDR, gue yakin lo pada nggak ngerasa asing dengan dialog semacam itu. Ya, hubungan LDR itu emang sering berantem karena masalah-masalah kecil. Dan sebenernya kalo udah ketemu, pasangan LDR itu bakal nganggep masalah yang jadi alasan berantem mereka tiba-tiba nggak ada. Aneh ya? Iya.

Seperti layaknya hubungan percintaan manusia normal lainnya, hubungan LDR itu bisa diganggu oleh masalah kebosanan pasangan. Gimana enggak? Ketemu aja susah. Apalagi mau nyium, meluk, atau ngeprospek buat ikutan MLM?

Gue adalah veteran pejuang LDR yang udah tobat dan kembali ke jalan yang benar, alias milih jadi jomblo. Iya, mending jadi jomblo daripada LDR sih. Gue capek dicemburuin sama orang yang fisiknya nggak pernah ada, diomelin karena telat makan tapi dianya nggak pernah ngajakin makan, dilarang buat nongkrong ama temen-temen sedangkan dianya nggak pernah bisa nemenin. Hih! Tapi intinya sih, gue mau berbagi tips biar lo yang masih tersesat di lembah LDR yang fana itu bisa ngejalanin hubungan lo dengan lancar. So, silakan pantengin tips-tips gue berikut ini:

1. Laporan
Karena masalah jarak, tentunya pasangan nggak bisa nemenin kita ke mana-mana. Si dia cuma bisa tau lo lagi apa dan di mana kalo lo ngasih tau si dia. Nah, sadar atau nggak, intensitas kalian ngabarin dia itu berpengaruh sama level kepercayaan dia loh. Kalo lo jarang ngabarin, dia bakal ngerasa dia nggak ada gunanya buat lo. Dia bakal nganggep lo nggak pernah peduli kalo dia lagi mikirin gimana keadaan lo.

Makanya, dengan sering-sering ngabarin, artinya elo peduli sama dia dan dia juga ngerasa dihargai meski nggak bisa selalu menemani. Ngabarin itu bukan aktivitas yang berat kok. Apa sih susahnya ngetik:

"Sayang.. Aku lagi main futsal nih.."
"Sayang.. Aku lagi ngegiring bola nih.."
"Sayang.. Di depanku ada pemain belakang lawan, di kiriku ada gawang, di kananku ada temen satu team, enaknya bola ini dioper atau langsung ditendang ke gawang ya?"

Nah, dengan selalu ngabarin dan minta pertimbangan si dia dalam kehidupan sehari-hari lo, si dia bakal ngerasa lo prioritasin. Si dia bakal ngerasa berguna buat elo. Dengan begitu, si dia juga bakal makin sayang sama elo.

2. Ketemuan
"Pacaran kok sama hape."
"Pacaran kok sama monitor."
"Pasangan lain kalo pacaran boros tissue, eh elo pacaran boros pulsa.."

Para pelaku LDR pastinya sering dong ya diejekin temen atau orang-orang terdekat dengan kalimat semacam di atas itu. Nah, kalimat-kalimat intimidasi kayak di atas ini kadang yang bikin iman pasangan goyah. Kalo mereka udah mulai terhasut, endingnya mereka bakal ngomel-ngomel kayak Ningsih di awal postingan ini.

Cara ngeredamnya gimana?

Ya ketemuan dong!! Usaha dikit kek.. Korban dikit kek.. Gue kasih tau ya, dalam hubungan itu, jarak bukan dihitung dari seberapa jauh lo dan pasangan berada, tapi dilihat dari seberapa gede niat ketemunya. Iya, jadi dalam hubungan sekota pun, kalo nggak pernah ada niat buat ketemu, artinya itu hubungan yang berjarak. Jarak yang menyiksa bukanlah jarak rumah, tapi jarak di hati. So, usahain bikin quality time rutin buat ketemu sama pasangan dan ngelupain semua kesibukan. Pastiin kalian bisa menikmati moment itu berdua. Kalo gue dulu, tiap lagi ketemuan sama pacar, gue matiin semua gadget. Sehingga gue nggak bisa diganggu urusan kerjaan maupun skripsi.

3. Kejutan
Buat temen-temen yang udah pernah baca postingan gue yang INI, pastinya udah ngerti kalo gue bukanlah cowok romantis, tapi gue adalah cowok yang penuh kejutan. Gue seneng aja bikin kejutan-kejutan buat pasangan, yang bikin dia speechless. Misal: Mendadak buka celana pas lagi jalan di mall berdua.

Nah, di hubungan LDR, kejutan-kejutan itu penting banget buat bikin pasangan makin nempel. Lagian, kejutan sekecil apapun, buat pasangan LDR, itu bisa berasa gede banget loh. Misal lo nggak ngabarin, tiba-tiba lo ada di depan rumah dia sambil bawa sesuatu yang biasa aja, misal bunga, boneka, atau bom molotov. Gue jamin dia bakal nangis terharu. Ada kepuasan tersendiri kok kalo lo sukses buat kejutan buat pasangan. Pas liat dia speechless, salting, nyubit-nyubitin elo sambil bilang, "Kamu apa-apaan sih? Aku masih nggak percaya kamu ngelakuin ini buat aku! I love you!"

Nggak percaya? Coba dulu aja~

4. Virtual Gifts
Ngasih sesuatu itu tentunya bisa bikin orang yang dikasih ngerasa seneng, meskipun itu hal sepele. Misal, lo lagi makan bakso. Lo makan abis mie dan kuah-kuahnya, sisanya tinggal bakso. Terus baksonya lo kasih deh ke orang, dijamin orang itu bakal seneng. Begitu juga ke pasangan. Bedanya, kalo di hubungan LDR, hadiah yang praktis buat dikasih ya hadiah-hadiah virtual kayak gambar atau video atau suara. Ini adalah salah satu contoh virtual gift yang gue kasih ke (mantan) pacar, dan coba liat gimana komentar dia pas dapet pemberian gue ini:



Simpel sih, tapi dia suka kan?! :D

Nah, kalo kalian mau ngasih yang lebih spesial lagi, coba deh pake fitur Sound and Shot di Samsung GALAXY ACE 3. Jadi, nih fitur gunanya buat ngirim foto yang sekaligus bisa ngeluarin suaranya. Ini adalah cara lebih seru buat ceritain ceritamu. Misal lo kirim poto muka bangun tidur ke pacar, kasih suara "Selamat pagi sayang, aku mau hari ini kamu jadi orang pertama yang ngelihat aku!" Dengan begitu, pasti pasangan lo bakal makin ngerasa jadi orang spesial. Kalo penasaran gimana sih cara kerja Sound and Shot, cek video kocak ini deh:


Atau bisa langsung cek di YOUTUBE.

Kalo takut mukanya gak photogenic, lo bisa make fitur burst shot yang bisa ngambil buanyak photo sekaligus dalam sekali pencet/take. Jadinya, lo bisa milih poto mana yang terbaik buat dikirim dengan menu BEST SHOT. Seru kan?!

Ditambah lagi, Samsung GALAXY Ace 3 ini udah punya spek yang bisa ngesupport macem-macem social media, dari twitter, path, instagram, sampai vine hingga bisa berjalan lancar. Jadi proses LDRan kalian juga makin lancar karena semakin mudah buat berbagi apapun sama pasangan. Ada juga fitur S Voice yang bikin lo bisa merintah-merintah hape ini cuma dengan perintah suara doang. Cocok banget buat yang suka pewe dan sering susah megang hape karena tangannya sibuk.

Bentuknya juga stylish dan pas buat digenggam maupun ditaroh kantong loh!





Hasil jepretan kameranya juga nggak ngecewain sob!!



Untuk info lebih lanjut mengenai Spek nih hape, bisa lo cek di SINI.
Dan untuk info lebih lanjut mengenai Fitur-fitur kerennya, bisa lo cek di SINI.

Soal harga? Tenang, harganya worth it banget dengan fitur-fitur secanggih itu kok. Kemarin gue beli cuma seharga 2,1 jutaan doang. Dengan budget segitu, Samsung GALAXY Ace 3 dan fitur-fiturnya, bener-bener worth to buy!

5. Liburan
Menurut gue, hubungan yang tingkat stressnya paling tinggi itu ya LDR. Soalnya, jarak itu semacam kaca pembesar yang bikin segalanya terlihat berlebihan. Misal liat pacar punya teman baru di Facebook dengan foto profile jauuuhh lebih cakep, lo pastinya bakal insecure. Padahal, belum tentu itu gebetan barunya. Padahal lagi, foto profile yang cakep tadi cuma fotonya artis Korea. Tapi ya namanya karena jarak, wajar aja lo jadi insecure ama temen baru pacar itu.

Tingkat stress semacam itu yang ngerasain nggak cuma lo kok. Pasangan lo pasti ngerasain juga. Oleh karena itu, gue nyaranin lo buat ngejadwalin liburan bareng biar bisa ngilangin stress kalian selama kalian pisah. Nggak perlu liburan jauh-jauh ke luar negeri. Yang deket-deket juga nggak apa-apa. Soalnya, kualitas liburan itu bukan ditentuin tujuannya ke mana, tapi dengan siapa kalian menikmatinya.

Kenapa harus rutin liburan? Dengan seringnya liburan bareng, kalian bakal punya banyak moment indah buat dikenang bareng. Sadar atau nggak, moment indah itu susah terganti meskipun orangnya udah nyoba buat berpindah ke lain hati. Dengan kata lain, semakin banyak moment indah yang kalian miliki, bakal makin susah juga buat kalian buat berpisah nanti.

Nah, gue harap tips-tips di atas bisa bikin lo makin langgeng ama pasangan kalian. Btw, kalian udah rutin ngelakuin yang point berapa? Kalo kalian punya pengalaman lain yang bisa bikin seneng pasangan, silakan share di comment box ya! Biar pembaca yang lagi LDRan juga bisa belajar dari tips kalian. Ciao!