Jaman STM, gue pernah punya (calon) pacar. Namanya.. umm.. Sebut saja Rosalia Indah.. Yap, meskipun namanya mirip sama agen bus malam gitu, tapi si Rosa ini anaknya baik, alim, rajin ibadah dan suka ngepel mushola. Dia anak seorang haji yang sangat disegani di kampungnya. Pak Haji ini berkumis tebal dan gue curiga, bulu dada beliau juga tebal.. Dan saat buka baju, mungkin bulu dada beliau nyambung sama bulu kakinya.. Oke.. Imajinasi gue mulai liar..

Nah, hubungan gue sama si Rosa ini awalnya adem-ayem aja. Tapi masalah muncul saat pertama kali gue maen ke rumah si Rosa. Kenapa? Karena bokapnya ini mungkin sangat menginginkan anaknya dipacarin oleh pria yang soleh. Sedangkan gue waktu itu, jumatan aja dua minggu sekali. Yap.. Sebelum gue maen ke rumah si Rosa di malam minggu, gue udah dikasih "warning" sama Rosa buat menjaga kesopanan gue kalo pas maen ke rumah dia. Perlu waktu kurang lebih seminggu buat latian ngilangin kebiasaan buruk gue yang kalo duduk suka jongkok di kursi, diam-diam suka ngupil pake lidah sendiri dan suka gak sengaja ngeludah di kaki orang.

Setelah gue rasa kebiasaan buruk gue udah mulai bisa gue kendaliin, gue pun bergegas ke rumah si Rosa. Seperti orang-orang yang (mencoba) sopan lainnya, gue mengetuk pintu rumah si Rosa sambil bilang "Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.." dengan bantuan kertas contekan buat nulis kalimat salam itu dengan huruf alfabet biar mudah dibaca. Alhamdulillah, lancar..

Sesosok pria bertubuh besar, penuh bulu, dan brewok muncul dari balik pintu. Awalnya gue curiga, dia mungkin pernah jadi model iklan minyak firdaus.. Sebelum gue berpikir lebih jauh mengenai seberapa lebat bulu-bulu lainnya, pria itu menjawab salam gue, "Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.. Umm.. Nyari siapa ya?"

"Selamat malam pak Haji, sa.. saya Alitt.. Saya ingin bertemu dengan Rosa, putri bapak haji.." *Nunduk-nunduk, garuk-garuk*

"Hmm.. Mau ngapain?" *dongakin kepala sambil menatap tajam ke mata gue*

"Mau.. Mau saya ajak jalan-jalan pak.."

"Ke mana?" *Dongakin kepala lebih tinggi lagi*

"Hmm... Anu.."

"Anu apa?" *Dongakin kepala sampe kepalanya nyentuh lantai*

"Hehehe.. Bapak mau tau aja urusan anak muda.." Gigi gue nongol lumayan lebar buat nunjukin kalo gue sedang ngajak bercanda.

"ROSA ITU ANAK SAYA! KALO KAMU MAU NGAJAK DIA JALAN-JALAN, SAYA BERHAK UNTUK TAU KEMANA KALIAN MAU PERGI!" Kumis pak haji mulai mengembang, Jambangnya mulai mekar. Gue mencoba menyelamatkan diri sebelum kulit pak haji berubah warna menjadi hijau.

"Maa.. maaf pak.. saya tadi cuma mau bercanda, biar akrab.. Bukan berniat untuk tidak sopan.. Maaf pak.. Saya cuma mau ngajakin Rosa makan malam.. Serius pak.. Saya tidak mau macam-macam.." Kaki gue melemas, tulang-tulang gue berasa berubah jadi puding semua.

"Hmm.. Baiklah.. Saya tidak mau membatasi pergaulan kalian, para remaja, asal tidak kebablasan.."

"Alhamdulillah.. Makasih pak.. makasihhh.." Saat itu perasaan gue legaaa banget.

"Tapi..." Kata pak haji sambil mengelus jenggotnya dengan penuh wibawa.

"Tap.. Tapi apa pak?" *Garuk-garuk kepala*

"Saya berhak untuk memastikan bahwa anak saya pergi dengan pria yang benar.." *Menatap dengan tatapan "wani piro?"*

"Maksud bapak bagaimana?"

"Saya mau mengetest kamu.. Kamu termasuk pria yang soleh atau tidak.." Kata pak haji sambil jalan pelan mondar-mandir di teras rumah.

*DEG!* "......"

"Saya mau lihat, apakah kamu hafal ayat Kursi atau tidak.." Pak haji masih jalan pelan mondar-mandir di depan teras rumah.

*JEDER!!* "....."

"Bagaimana?" Kali ini pak haji jalan mondar-mandir di atas genteng.

"Baiklah pak.."

"Bisa?!" *Lompat dari genteng dengan gaya lompat indah* *mendarat kepala duluan tentunya*

"Akan saya coba pak.."

"Silakan.. Saya siap mendengarkan.." Wajah pak haji sumringah.

"Hmm... Bis.. Bismillahirahmanirahim.." Gue mulai ngeluarin beberapa gelas keringat dingin dari hidung.

*Pak Haji mendengarkan dengan penuh perhatian*

"Aa... err... Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh!" Gue ngibrit sekencang-kencangnya dari hadapan pak haji. Yap.. Saat itu gue langsung kabur dari rumah pak haji karena gue nggak hafal Ayat Kursi.

Sejak saat itu, gue nggak berani lagi maen ke rumah si Rosa.. Dan tentu saja bokap Rosa udah nge-blacklist gue. Hubungan kami nggak direstuin. Karena itulah gue ama Rosa nyoba buat tetap menjalani hubungan ini meskipun harus backstreet. Punya hubungan backstreet itu suram juga sih.. Menjalani sebuah hubungan yang harus disembunyikan. Kadang rasa iri muncul juga kalo liat pasangan-pasangan lain bisa gandengan di tempat umum, mesra-mesraan tanpa khawatir ada yang ngeliat, atau bisa upload poto unyu bareng pacar di Facebook tanpa harus diomel-omelin orang tua di comment box. Hiks..

Dari cerita singkat gue sama Rosa di atas, gue jadi kepikiran buat sharing tentang  beberapa tipe backstreet. Siapa tau info ini bisa berguna buat kalian yang sedang mengalami nasib yang sama.

1. Backstreet Behind Parents

Sama kayak gue sama Rosa, gue ngalamin hubungan backstreet di belakang orang tua Rosa. Kalo gue kan udah jelas, gue nge-backstreet karena gue nggak bisa baca ayat Kursi. Tapi nge-backstreet-in orang tua itu banyak loh alesannya. Sesuai riset yang udah gue lakuin di lingkungan kampung gue, banyak juga temen-temen yang nge-backstreet-in orang tua karena:

- Belum cukup umur
- Beda Keyakinan
- Beda Suku/Ras
- Beda Spesies

Kalo udah kayak gini, problem solvingnya bakal berat. Perlu usaha yang sangat keras untuk bisa meluluhkan hati kedua orang tua agar mereka mau menyetujuinya. Tapi yang namanya cinta, layak diperjuangkan dong ya.. Selama kita nyaman, gak usah dengerin apa yang orang-orang katakan.. Karena cinta kita yang menjalani, bukan hak orang buat mengadili.. ;)

2. Backstreet Behind Friends

Pelaku backstreet di belakang temen-temen ini juga banyak penyebabnya. Bisa karena temen-temen nggak demen sama pacar lo, bisa juga karena pacar lo itu adalah mantan dari temen lo sendiri, dan yang paling tragis, pacar lo itu adalah pacarnya temen lo, tapi kalian udah terlanjur saling cinta.. Yak.. Cinta kadang emang bikin kita jadi orang yang bodoh sih.. Namanya juga pilihan hati, bukan pilihan otak, mau gimana lagi?

Gue kadang juga kepikiran, betapa pedihnya kalo pasangan backstreet lagi jalan, terus si cewek bilang:

"Nanti kalo pas ada temen-temenku, lepasin gandengan kamu ya.."

atau,

"Kalo pas ketemu anak-anak, kita duduknya jauh-jauhan aja ya.."

Nyesek? Emang.

3. Backstreet Behind Your Own Heart

Ini adalah tipe backstreet yang paling mengenaskan, karena elo bakal ngejalanin sebuah hubungan yang lo rahasiain dari diri lo sendiri. Bisa dibilang, elo pacaran/berhubungan karena terpaksa. Mungkin korban perjodohan, atau korban "kecelakaan", bisa juga lo jadian karena cuma kasian. Separah-parahnya backstreet dari orang tua maupun teman, tetep yang paling nggak enak itu ngebackstreetin diri lo sendiri, karena elo bakal ngeboongin perasaan lo sendiri.. Mencoba mencintai seseorang yang bukan pilihan hati. Mau sampe kapan? Ya sampe kamu sadar, memiliki tanpa mencintai itu benar-benar hambar..

Nyesek? Banget.

Hayo.. Kalian ada yang ngalamin salah satu dari tipe backstreet di atas nggak? Share pengalaman backstreet kalian di comment box ya! :D