Siklus yang nggak ada habisnya dalam hidup sebagian orang adalah:

Kerja sebulan -> Gajian -> Bayar tagihan -> Miskin lagi -> Kerja lagi sebulan -> Gitu terus sampai istana negara pindah ke Cilacap.

Tapi sebenarnya siklus itu bisa diatasi dengan jalan yang sederhana. Nggak susah juga. Kalo kamu mau tetep punya duit di tanggal tua, coba ikutin cara ini:

No Smoking
Biasanya anak kost yang cowok yang begini nih. Hasil survey gue, mereka rata-rata dapet uang jajan sebesar 900ribu/bulan (Jogja – 2015). Nah, dengan uang jajan segitu, misal mereka perokok, udah dipastikan mereka bakal bokek bahkan sebelum tanggal tua.


Mari kita hitung:

Rokok sebungkus 15ribu rupiah/hari x 30 = 450 ribu.

Uang jajan 900 ribu – 450 ribu = 450 ribu.

450 ribu mau dipake bayar makan sebulan dan buat beli bensin?

Mari kita hitung lagi:
Kita pukul rata duit bensin Rp.5000/hari karena cuma buat jalan-jalan kampus-kos doang. Jadi kebutuhan buat bensin sebulan adalah Rp.150 ribu.

Makan setiap hari dengan menu mie instant campur nasi, 2 kali per hari, cukup dengan 10 ribu/hari. Jadi, uang makan sebulan 300 ribu.

Jadi, total pengeluaran rokok, bensin, dan makan, 450 + 150 + 300 = 900.

Wow! Ternyata duit 900 ribu bisa buat hidup sebulan, ngerokok, dan jalan-jalan. Tapi kalo rutin ngelakuin gaya hidup itu selama 3 bulan aja, mungkin kamu bisa jadi member tetap UGD, dan jadi pelanggan paling berdedikasi dalam program BPJS.

Sekarang, bayangkan kalo kamu nggak ngerokok. Kamu masih punya sisa duit 450 ribu buat beli lauk yang lebih manusiawi, misal, sayur, daging, dan bon cabe. Bisa juga buat nonton di bioskop, beli pulsa, dan beli sabun. Nah, berhenti ngerokok di saat penghasilan/uang jajan belum bisa dibilang makmur adalah salah satu contoh mawas diri dan pilihan yang bijak.

Makan di Rumah
Kalo kamu nggak ngekost, selalu makan di rumah bisa menjadi pilihan yang paling bijak. Dengan selalu mengonsumsi makanan rumah, kamu bisa menghemat hingga 600 ribu/bulan (asumsi uang makan 20ribu/hari).

Bayangkan, apa yang bisa kamu lakukan dengan uang sebanyak 600ribu itu?! Beli baju? Sepatu? Pacar? Banyak!

Lagian, masakan rumah itu lebih lezat, dan bergizi. Dengan selalu mengonsumsi makanan rumahan, kesehatanmu bakal selalu terjaga, terus ada yang ngingetin juga. Mamah. :’)

Beli Yang Dibutuhkan, Bukan Yang Dimau
Wajar sebagai manusia kita itu punya insting yang banyak maunya. Pengin punya ini-pengin punya itu. Apalagi di zaman internet ini, onlineshop bertebaran. Liat barang-barang menggiurkan di internet, cuci mata sekarang lebih mudah. Ditambah lagi toko-toko itu menawarkan fitur kredit yang bisa dicicil setaun. Tentu kadang kita buka onlineshop karena butuh flashdisk, tapi karena ngelihat ada jam tangan diskon yang bagus, endingnya kita malah beli sepatu keren yang bisa dikredit.

Faktor-faktor itu akhirnya mendorong kita membeli hal-hal yang nggak kita butuhin, tapi cuma yang kita inginkan. Endingnya, rasanya tuh kayak bercinta. Awalnya nafsu banget pengin beli, setelah bayar, nyesel sendiri.

Nah, saranku sebelum kamu beli ini-itu, tolong pertimbangkan dulu secara hati-hati. Bener-bener butuh, atau cuma pengin?

Kamu bisa beli apa yang kamu pengin, tapi endingnya pasti bakal bosen dan nggak guna. Sedangkan kalo kamu beli apa yang kamu butuh, meskipun bosen, kamu bakal tetep make barang itu. Buat contoh, pas milih pacar. Kalo kita macarin cewek cantik cuma karena mau pacar yang cantik, tapi di saat yang sama ternyata tuh cewek nggak pernah bisa nyambung sama kita, paling nggak nyampe sebulan, hubungan itu bakal bikin kita merasa tersiksa. #Curcol #Sial

Jangan Pacaran
Pacaran adalah salah satu sumber kebocoran finansial. Karena, dengan pacaran, kita akan dituntut untuk mengeluarkan uang lebih demi memenuhi anggaran pacaran. Misal:

Jomblo: Nonton film sendiri, bayar sendiri.
Punya pacar: Nonton film berdua, bayarin si dia.

Jomblo: Makan sendiri, bayar sendiri.
Punya pacar: Makan berdua, nraktir si dia.

Jomblo: Pergi sendiri, langsung ke tujuan. Irit bahan bakar.
Punya pacar: Tiap hari anter-jemput pacar. Mulai berharap air pipis bisa jadi bahan bakar.

Itu baru sebagian dari pengeluaran orang pacaran. Dan kamu rela ngeluarin duit mulu untuk keperluan semacam itu? Apalagi bagi kamu yang duitnya masih minta orang tua, kok ya bisa dengan entengnya, ngasih duit hasil keringat orang tua ke anak orang? :p

Jadi, menurutku pacaran itu kebutuhan tersier. Nggak perlu dipenuhi kalo kebutuhan sendiri belum bisa dicukupi. Boleh aja pacaran, asal si pacar ini bisa menanggung hidupmu, ngasih makan kamu, dan biayain pendidikanmu. Pacaran sama gadun, mungkin bisa jadi solusi.

Udahlah.. Kalo mau irit, ngejomblo aja.. #PenjombloanMassal

Bijak Berinternet
Bisa dipahami bahwa internet di zaman sekarang itu jadi kebutuhan primer. Banyak aktivitas yang sangat mengandalkan internet. Banyak orang yang lebih milih mending kelaperan, daripada nggak bisa internetan. Soalnya, kalo bisa internetan, pas kelaperan bisa langsung update status. Ngeliat banyak temen yang nge-Like status itu, jadi batal laper deh~

Nah, kebutuhan internet itu bisa jadi mahal banget kalo kita nggak bijak dalam memakainya. Misal, beli paket internet 2 GB, tapi dipake buat streaming youtube terus. Ya nggak bakal bertahan sehari tuh kuota. Kalo keseringan download atau streaming video pake kuota internet selular, dijamin jatah duit makan pun bisa kemakan sama handphone kita.

Bijak dalam berinternet itu bisa banget diaplikasikan dengan cara ini:

Pake Wifi
Kalo pengin nonton video, mending cari dulu wifi gratisan di kampus atau di kantor. Dengan begitu, kuota kamu nggak bakal berkurang. Kalo nggak nyaman streaming video di tempat umum, didownload aja videonya pas dapet wifi gratis. Baru deh ditonton di rumah. Cara downloadnya?


Pake Opera Mini aja~ Klik videonya, langsung nongol menu download kok. Praktis!

Sayang Kuota
Saat tidak sedang berada di jaringan wifi gratis, kuota tentunya jadi satu-satunya andalan kita buat berinternet. Untuk itu, sayang-sayanglah dalam menggunakan kuota selular. Misal, jangan streaming atau download di jaringan selular, cukup buat browsing-browsing aja. Nah, kalo demen browsing, pake aja browser yang hemat. Kayak Opera Mini misalnya.


Opera Mini tuh hematnya hebat! Bisa ngompress data, sehingga kuota yang kita gunakan untuk browsing juga nggak segede biasanya. Konon fitur ini mampu menghemat penggunaan kuota hingga 90%. Selain itu, dia punya banyak fitur canggih juga. Contohnya, fitur yang gue suka tuh night-mode ini.



Tenang.. Warna kekuningan ini bukan karena pake filter instagram atau LCD rusak. Ini adalah fitur reduce eye strain. Maksudnya gimana?


Gini, nyadar nggak sih kamu kalo lagi ngantuk, terus tiduran di kasur, lalu kamu browsing-browsing internet, ngeliat layar hape, kamu malah nggak jadi ngantuk? Itu karena mata kamu tercerahkan kembali oleh cahaya di layar hape yang terang. Biar kamu tetep ngantuk meskipun mainan hape menjelang tidur, Opera Mini ngasih fitur reduce eye strain yang membuat layar berwarna kekuningan layaknya bolam halogen. Menciptakan efek adem di mata, sehingga mata tidak “dikagetin” oleh cahaya terlalu terang yang mengusir kantuk. Bye-bye insomnia!

Selain fitur night-mode, fitur lain yang aku suka dari Opera Mini adalah Discovery Setting. Di fitur ini, Opera Mini nyediain banyak featured web channels buat kita pilih. Kalo kita udah pilih jenis channel-nya, nanti di home Opera Mini bakal muncul berita-berita pilihan favorit kita. Jadi, kita bakal punya banyak artikel pilihan menarik buat dibaca sebelum tidur atau sesudah bangun tidur.


Masih banyak lagi fitur keren dari Opera Mini yang bisa kamu eksplor. Silakan coba buktiin sendiri lengkapnya fitur-fitur Opera Mini di gadgetmu. Download aja di Play Store ya. Gratis kok!

Oke, ini adalah akhir dari pembahasan kita. Sekarang coba kamu aplikasikan semua hal yang aku sebutin di atas deh. Kalo kamu tetep miskin di tanggal tua, mungkin kamu harus nyoba pake cara terakhir: ternak tuyul. 

Kamu ada tip lain buat mengirit pengeluaran? Bagikan di kolom komentar dong! :D

Semoga tulisan ini bermanfaat, ya!