Tahun lalu, gue mudik naik mobil pribadi. Nahasnya, karena kurangnya persiapan dan pengetahuan, dari Jakarta ke Jogja gue kudu ngabisin 48 jam di jalan. Untung waktu itu gue nggak sendirian. Tapi ditemenin sama sohib gue @aditsme.


Dua hari dua malam kami barengan, dalam satu mobil, duduk sebelahan. Sehari setelah berpisah, kami jadi saling rindu karena bau badan masing-masing udah nempel banget di pikiran.

“Dit.. Malam ini aku ngerasa sepi. Nggak ada yang nemenin aku ngobrol lagi. Kasurku, tak senyaman jok mobil saat aku duduk di sampingmu.” Begitulah isi SMS yang gue kirim ke Adit setelah kami pulang ke rumah masing-masing.

Dan di luar dugaan, dia membalas singkat, “Asu i”.

Kesalahan gue taun kemarin adalah mudik di H-3 lebaran. Di mana semua kantor udah mulai pada libur, di mana semua orang di Jakarta udah mulai pada berebutan buat sampai kampung halaman sebelum takbiran. Dan karena hal itu, kemacetan lalu lintas benar-benar nggak bisa dihindarkan. Makanya, di postingan yang sekarang, gue mau berbagi pengalaman tentang hal-hal yang harus lo tau biar bisa lo persiapin sebelum lo mudik.

Jadwal Yang Fix
Ini adalah poin paling penting bagi lo yang pengin mudik. Jadwal yang fix itu menentukan segalanya. Dengan jadwal yang jelas, bagi yang pengin mudik naik kendaraan umum, bisa pesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Jadi, kesempatan buat dapet tiket murah, terbuka lebar. Tapi yang lebih penting, lo bisa dapet kepastian bahwa lo kebagian tiket. Soalnya, makin dekat sama hari raya, tiket kendaraan umum juga semakin langka. Buat yang mudik naik kendaraan pribadi, dengan menentukan jadwal keberangkatan yang jelas, akan mempermudah lo buat nyari teman yang mau diajak mudik bareng di tanggal yang sama.

Cek Berita
Gara-gara taun lalu gue teledor dan asal berangkat gitu aja, gue kejebak macet di pantura cukup lama. Soalnya taun kemarin itu ada tragedi putusnya jembatan Comal. Runtuhnya jembatan yang menghubungkan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat ini praktis melumpuhkan jalur mudik utara. Andai aja waktu itu gue ngecek berita dulu sebelum gue berangkat, pastinya gue bakal milih jalur selatan buat mudik.

Nah, buat lo yang mau mudik, jangan lupa buat rajin-rajin ngecek berita yah. Siapa tau ada kabar penting mengenai jalur mudik lo. Selain kabar mengenai jalur mudik, lewat berita, lo juga bisa dapet info mengenai modus-modus kejahatan terbaru yang biasanya menargetkan para pemudik. Jadinya, lo bisa lebih waspada. Jangan sampai karena niatnya mau jadi orang yang ramah, lo malah dianter pulang polisi sampe rumah.

Rame-rame
Mudik sendirian bisa aja membuat lo menjadi korban kejahatan. Misal, lo lagi naik kereta, terus pas lo terpaksa ke toilet, barang-barang yang lo taroh kabin, diobok-obok ama orang jahat.

Atau, pas di jalan, lo ditawarin permen sama om-om. Pas lo emut permennya, tau-tau kesadaran lo ilang. Lo pingsan. Pas lo bangun, lo udah terbaring di sebuah gubuk tengah sawah, tanpa sehelai benang pun. Itu mengenaskan. Apalagi kalo elo cowok.

Nah, untuk menghindari hal semacam itu, lo sebaiknya mudik rame-rame. Ajakin teman yang sekota buat mudik bareng. Sehingga pas lagi jalan, kalian bisa saling jagain. Misal ada orang yang mau ngobok-obok barang lo, bisa dipukulin rame-rame. Misal ada om-om yang ngasih lo permen, bisa lo pukulin rame-rame. Misal ada nenek-nenek minta kursi, bisa lo pukulin rame-rame.

Mudik rame-rame, bisa membuat perjalanan berasa aman, nyaman, dan seru.

Konsumsi
Mungkin sebagian dari kalian milih buat jajan di jalan selama mudik. Tapi nyadar nggak kalo lagi musim mudik, harga jajanan di pinggir jalan juga biadab mahalnya? Nah, demi menghemat duit, ada baiknya kalian siapin makanan dari rumah sebagai bekal. Selain murah, makanan dari rumah juga terjamin kesehatan dan kebersihannya. Kan kita nggak tau, arem-arem yang dijual di setasiun itu dibungkus oleh orang yang kayak apa. Waktu dia bungkus, abis cebok dia udah cuci tangan atau belum. Hiiii...

Buat yang mudik pake kendaraan pribadi, bawa bekal makanan juga terbukti menghemat waktu karena nggak perlu mengantre di warung-warung dulu. Jangan lupa bawa air putih yang banyak, karena dalam perjalanan, kita bisa kena resiko dehidrasi. Jadi, pastikan persediaan air di tubuh cukup ya! Tapi buat yang mudik dan tetap berpuasa, jangan lupa multivitamin ya!

Manfaatkan Teknologi
Hari gini, komputer berasa udah di genggaman. Segala kebutuhan kita akan informasi juga semakin gampang didapat via internet dan smartphone. Makanya, jangan ragu-ragu buat manfaatin teknologi sebagai penunjang kelancaran mudik kalian ya. Berikut beberapa aplikasi yang gue rekomendasiin:

- GPS
Google maps, Waze, Garmin, bisa menjadi navigator yang baik dalam perjalanan kalian. Tahun lalu, dari Jakarta hingga Jogja gue sama sekali nggak nanya jalan ke orang. Berkat aplikasi GPS, gue bener-bener tau jalur mana yang harus gue lewati.

- Media Sosial
Dengan aplikasi ini, kita bisa tersambung dengan teman-teman kita. Kita bisa bertukar informasi paling update mengenai jalur mudik. Kita juga bisa janjian sama teman-teman selama perjalanan untuk beristirahat bersama di titik tertentu berkat aplikasi Media Sosial.

- Entertainment
Buat kalian yang menjadi penumpang dalam perjalanan mudik, khususnya yang via darat, pastinya bakal bosen kalo cuma duduk berjam-jam di jok kendaraan. Makanya gue saranin buat membekali smartphone kalian dengan game-game, video, film, musik-musik andalan favoritmu sebelum berangkat mudik. Karena semua fitur hiburan itu akan menjadi pembunuh waktu yang menyenangkan.

- Garda Mobile Otocare
Awal Juni kemarin gue sempet diundang ke acara launching aplikasi karya anak bangsa ini.


Garda Mobile Otocare adalah satu aplikasi dengan buanyak fungsi. Tapi sang pencipta aplikasi ini cuma bertujuan satu: “Membebaskan pikiran orang-orang dari segala kekhawatiran soal kendaraan dan perjalanan” atau istilah mereka, #PeaceOfMind.

Dengan tujuan itu, Garda Mobile Otocare dilengkapi banyak fitur yang benar-benar berguna bagi kita, para pemilik kendaraan. Misal, fitur reminder kapan waktunya servis kendaraan, atau fitur penghitung keperluan BBM kita setiap bulan, atau yang lebih hebat lagi, nih aplikasi juga bisa ngingetin kita kapan waktunya memperpanjang SIM. Gokil kan?


Nah, untuk yang mau mudik, gue rekomendasiin kalian buat download aplikasi ini karena aplikasi ini punya fitur yang berguna banget untuk mendukung kelancaran perjalanan kalian. Misal fitur “Near Me” di aplikasi ini, gunanya adalah buat nunjukin kalian RS, SPBU, Masjid, atau Restoran terdekat di jalur yang sedang kalian lewati. Selain itu, fitur “Near Me” juga bisa nunjukin Posko Mudik terdekat yang bisa kalian jadikan tempat buat singgah dan beristirahat.


Nah, buat para pelanggan Garda Oto, aplikasi Garda Mobile Otocare ini juga bisa digunakan untuk klaim asuransi kalian loh! Iya.. Klaim asuransi sekarang nggak pake ribet lagi! Jadi, nggak perlu ragu lagi.. Silakan download aplikasi Garda Mobile Otocare di Play Store atau di App Store sekarang. Mumpung ada promo! Bagi yang download aplikasi sekarang, bisa dapet layanan GRATIS layanan darurat 24 jam Garda Siaga untuk kenyamanan dalam perjalanan kalian. Promo ini cuma berlaku dari tanggal 4 Juni sampai 31 Juli 2015. Yakin, mau sia-siain kesempatan langka ini? Kalo gue sih, langsung download! :p

Oke.. Sekian dulu postingan kali ini. Semoga info ini bermanfaat buat kalian ya. Jangan lupa kalo emang dirasa tulisan ini berguna, silakan dishare ke teman-teman semua. Biar kalian juga kebagian pahala. Bye-bye~