Kemarin gue lagi jalan menuju kantor, terus di depan gue ada bapak-bapak yang nampol kepala anaknya gara-gara si anak ngejatuhin sendal yang dia pakai saat sedang diboncengin. Karena posisi gue ada di belakang mereka, gue pun ngambilin sendal yang jatuh itu. Sendal itu gue kasih ke si bocah, terus gue mencoba menegur bapak yang tadi mukulin kepala anaknya gara-gara hal sepele tersebut.

“Pak.. Jangan main tangan ah.. Apalagi kepada anak kecil.” Gue memegang pundak bapak itu, lalu gue melanjutkan. “Lihat.. Anak anda menangis sesenggukan. Anda tahu kenapa?”

Bapak itu hanya menggelengkan kepalanya dengan tatapan penasaran. Gue kembali ngomong. “Anak ini menangis, karena dia berfikir anda sebagai orang tuanya adalah tempatnya untuk berlindung dari segala masalah di dunia. Bapaklah yang menjadi jagoannya. Tapi, di saat bapak memukulnya, bukan tubuhnya yang tersakiti, namun kepercayaannya kepada bapak lah yang tersakiti dan hancur. Dia ketakutan, karena dia merasa tidak ada lagi yang mau melindunginya di dunia ini.”

Mendengar kalimat gue, bapak itu diam sesaat, tatapannya kosong. Lalu, dia mengarahkan pandangannya kepada anaknya, terus ke arah gue. Ekspresinya berubah, diapun menjawab, “Nggak usah sotoy! Ini bukan urusan lo!”

Bapak itu segera menyalakan motornya, lalu pergi meninggalkan gue. Gue… Nangis sesenggukan di pinggir jalan.

Yap.. Pengalaman di atas ngingetin gue tentang banyak jenis pengguna jalan. Tapi, yang mau gue bahas sekarang adalah tipe pengguna jalan yang menyebalkan. Mau tau apa ajah? Atau mungkin elo masuk salah satu jenis orangnya? Cekidot:

1. Trotoarman

pic inilah.com

Pernah gak lo, lagi jalan di trotoar, terus dari belakang ada suara klakson nyuruh kita minggir?

Ya, kelakuan tak beradab itu adalah kelakuan trotoarman. Meraka suka naikin kendaraan di trotoar yang notabene adalah hak pejalan kaki, demi menghindari kemacetan di jalan beraspal.

Orang kayak gini, menurut gue nggak berhak buat teriak “Anti korupsi!”. Ngapain dia protes sama orang yang suka ngembat duit rakyat, kalo dia sendiri suka ngembat hak sesama pengguna jalan?

2. Nyolotman
Gue pernah nabrak seorang pengendara motor. Mobil gue bumper depannya pecah, motor itu nyungsep di pembatas jalan bersama pengendaranya. Beberapa saat kemudian, si pengendara motor itu ngamuk-ngamuk dengan mengeluarkan kata-kata kotor seperti, “Amoeba! Karang gigi! Urine! Noda kerah baju!” Dll.

Intinya, tuh pengendara motor merasa dia benar, dan gue salah. Padahal, gue lagi berkendara di jalur searah, dan dia berkendara di jalur yang sama sambil melawan arah. Keren kan, pengguna jalan kayak gini? Gue ampe mikir, tahu aja ada isinya, masa’ kepala dia enggak?

Nah, beberapa lama kemudian, dia masih ngomel-ngomel, yang ujung-ujungnya dia minta ganti rugi. Gue mulai gedheg dong.. Dia yang ngelanggar aturan, kok gue yang dimintain ganti rugi?!

Akhirnya gue ambil hape gue dari kantong dengan kalem, terus gue buka aplikasi kamera. Gue foto deh bekas ban motor yang tergerus aspal karena direm mendadak, gue foto juga motor yang masih nyungsep di pembatas jalan itu. Terus gue ngomong, “Foto ini, adalah bukti yang cukup kuat buat dibawa ke kantor polisi. Anda yang melanggar jalur searah ini, jadi polisi pastinya tahu siapa yang layak dihukum. Sampe ketemu di pengadilan!”

Abis gue bilang gitu, pengendara motor itu ekspresinya nggak nyolot lagi. Mendadak dia jadi super ramah, kayak pegulat yang abis diinfus hormon esterogen. Endingnya, dia minta damai tapi dia nggak punya duit buat benerin bumper mobil gue. Jadinya, gue sita KTP-nya sampe dia punya duit yang cukup buat benerin apa yang dia rusakin. Ditambah lagi, motor dia juga rungsek nggak karuan. Gue nggak mau kasian, karena orang kayak gini emang harus dikasih pelajaran. :’)

3. Zebracross-man

pic Tribunnews

Sejak gue pindah ke Jakarta, ngeliat pemandangan orang nunggu lampu merah jadi lampu hijau di area zebra cross, bukanlah hal yang aneh. Bahkan, kadang mereka nunggu lampu hijau sambil berhenti melewati lampu lalu lintasnya. Kalo gitu keadaannya, gue penasaran, gimana mereka bisa liat lampunya udah ganti warna atau belum?!

Para penikmat zebracross ini menurut gue termasuk kriteria pengguna jalan yang ngeselin. Sama ngeselinnya dengan trotoar-man, yang intinya suka ngembat hak pengguna jalan lain. Kalo dibiarin terus, mungkin kelak mereka akan makin keterlaluan. Mungkin kelak mereka bakal nunggu lampu merah sambil mendirikan tenda di zebra-cross. Jangan jadi pengguna jalan yang begini ya.

4. Ibu-ibu desperate
Lampu sein kedip-kedip yang kiri, begitu kita sudah ngambil jalur kanan untuk menghindari, tau-tau dia belok kanan. Hal kayak gitu adalah salah satu terapi jantung yang diberikan secara gratis oleh ibu-ibu desperate pengguna jalan. Itulah kenapa, gue nggak mau percaya lagi sama lampu sein dari motor yang dinaiki ibu-ibu. Soalnya kalo ibu-ibu naik motor, yang tau dia bakal ke mana itu cuma dia sendiri dan Tuhan.

Selain lampu sein ngaco, kadang ibu-ibu semacam itu suka naik motor secara pelan, tapi ngambil jalur tengah. Mana kalo diklaksonin, dia nggak peduli. Dia nggak bakal nyadar kalo ulahnya yang berkendara pelan dan di tengah jalan itu sudah bikin macet Jakarta-Bogor.

5. Gerombolan si Berat
Biasanya di jam pulang sekolah, gue nemuin pengguna jalan yang naik sepeda kayuh ataupun sepeda motor yang berkendara secara bergerombol 4 sampai 5 orang dalam 1 baris. Kelakuan kayak gini yang bikin jalanan penuh dan orang-orang di belakang mereka tidak bisa mendahului. Mending kalo abis diklakson mereka mau nyingkir. Malah kadang mereka cuek-cuek aja. Gue sampe berfikir pengin banget kapan-kapan gue di belakang mereka sambil mengendarai Stom. Jadi kalo gue klakson mereka nggak nyingkir, langsung gue giles tanpa rasa bersalah.

6. Anti-seatbelt
Kadang gue kesal sama teman yang gue ajakin jalan pake mobil, tapi dia nggak mau make sabuk pengaman. Bukannya kenapa-napa, yang namanya nasib, siapa yang tahu?

Secara mereka pergi sama gue, naik mobil bareng gue, dan gue yang nyetir, tentunya keselamatan mereka adalah tanggung jawab gue. Nah, kalo ampe kecelakaan, terus yang nggak make sabuk pengaman itu terlontar dari jok dan melesat menembus kaca depan hingga terlempar sampe Zimbabwe, gimana?

Sayangnya, berdasarkan survey yang dilakuin sama Toyota, terbukti bahwa cuma 25% orang di Asia Tenggara yang mau menggunakan sabuk pengaman di kala sedang berkendara mobil. Sedangkan, angka kematian pada kecelakaan mobil, banyak ditambahkan karena pengendara tidak menggunakan sabuk pengaman saat berkendara. Padahal untuk menggunakan sabuk pengaman, mereka tak perlu menghabiskan waktu lebih dari 5 detik. Mereka lebih milih ngorbanin nyawanya dibanding 5 detik waktunya untuk make sabuk pengaman? Aduh.. Sayang banget.

Oke.. Keresahan tentang penggunaan sabuk pengaman itu ada baiknya segera kita tuntaskan. Kita bikin orang-orang merasa tertarik buat make sabuk pengaman yuk! Bikin orang-orang nyadar bahwa make sabuk pengaman itu gaul, dan nggak make sabuk pengaman itu alay!

Caranya gimana, Al?

Gini.. Lo tau seatbelt pads gak? Itu loh, lapisan empuk di sabuk pengaman yang gunanya untuk jadi bantalan seatbelt di bagian pundak dan dada. Ini deh gambarnya:



Nah, coba lo desain seatbelt pad hasil imajinasi lo sendiri. Bikin yang lucu, yang keren, yang kreatif, yang bikin orang pengin make seatbelt terus, meskipun sedang buang air besar. Boleh lo gambar pake doodle, photoshop, maupun crayon, yang penting ntar bisa dijadiin file .jpg

Kok disuruh ngedesain ginian buat apa, Al?

Jadi ada 2 manfaat lo ngedesain seatbelt pads ini. Yang pertama, kalo desain lo keren dan bikin orang-orang pede buat make seatbelt, artinya lo udah bisa bantu nyelametin nyawa mereka. Selain itu, lo bisa dapet iPad Air 32GB!

Wow!! iPad Air?! Kok bisa?!

Gini, jadi Toyota lagi bikin kontes seru bagi para kreatif muda kayak lo. Namanya Toyota Seatbelt Pads Contest:


Intinya, lo cuma diminta bikin desain seatbelt pads yang oke. Kalo udah, tinggal submit deh ke webnya. Bebas lo mau garap pake corel, photoshop, doodling, yang penting jadi. Kenapa harus ikut kontes ini? Karena caranya gampang, nggak ngabisin banyak waktu, terus mampu meningkatkan awareness orang-orang tentang keselamatan berkendara, dan hadiahnya keren-keren. Ikuti 3 step ikutan kontes ini:

- Registrasi dulu di sini: http://www.besafetyleaders.com/seatbeltart
- Kalo udah, tinggal upload hasil kreasi lo itu di sana
- Terus ajak teman-teman buat ngevote karya lo.

Hadiahnya seru-seru loh! Nih:


Ada iPad Air 32GB, & 10 seatbelt pads karya lo sendiri.

Nah, iseng-iseng berhadiah dan bermanfaat nih guys! Nggak perlu susah payah nabung, bisa dapet gadget keren!! Yuk gabung! Gue juga udah bikin desain seatbelt sendiri nih, bantu vote dong, lumayan kali aja gue dapet iPad.


Nah.. This is the end of the post. Semoga lo nggak masuk satupun dari beberapa tipe orang yang menurut gue nyebelin di jalan tadi. Btw, sebagai pengguna jalan, lo sering nemuin yang mana? Share di comment box ya! :D