"Kesepian bukan hanya terjadi di saat sedang sendiri. Kesepian selalu hadir di saat ada banyak orang di sekitar, tapi tak ada yang mau mengerti."

Begitulah yang gue pelajari dari apa yang pernah gue alami selama ini. Gue kadang kangen zaman-zaman gue masih kecil, di mana gue masih punya banyak orang yang bisa diajak untuk saling mengerti. Tapi, gue juga nggak bisa menyesali karena semua orang pastinya akan mengalami fase ini.

Nah, hari ini gue mau berbagi tentang beberapa penyebab orang yang kesepian, sekaligus mau ngasih solusi bagi mereka yang ternyata kesepian. Here they are:

Depresi
Suka di kamar seharian? Gak buka pintu? Gak buka jendela? Gak buka gordin?
Besar kemungkinan, orang itu sedang depresi. Sehingga dia memilih untuk menyendiri. Biasanya di kamar itu cuma nyalain TV, bukan untuk ditonton acaranya, tapi cuma biar ngerasa ada yang nemenin aja.

Biasanya ada yang secara sadar ngelakuin itu karena ngerasa kurang nyaman dengan dunia luar. Dan ada juga yang ngelakuin itu secara nggak sadar karena ngerasa nyaman aja waktu mager di kamar.

Terlalu sibuk
Dari bangun tidur, langsung cabut ke kantor, kelar jam kantor ada lemburan kerjaan. Kelar lemburan, pulang dan langsung tidur. Ritual itu terulang selama week-days. Di weekend, tetap di kamar ngerjain deadline kerjaan.

Dengan rutinitas semacam itu, orang ini bakal kehilangan ikatan terhadap kehidupan sosialnya. Jarang mengobrol, jarang ketawa bareng, maupun jalan-jalan bareng. Sehingga tanpa sadar, orang ini nggak ada bedanya dengan robot.

Penulis favorit gue, mbak Windy Ariestanti pernah bilang, "Orang itu kayak piramid, semakin dia sukses dalam karier, dia akan semakin merasa sendirian."

Kalimat mbak W ini menguatkan hipotesis gue bahwa semakin sibuk seseorang, teman-teman sejatinya juga bakal semakin berkurang. Gue sendiri juga belajar bahwa, jumlah uang seseorang itu berbanding lurus dengan jumlah teman palsunya. Iya, teman palsu tidak akan bisa mengusir kesepian. Mereka cuma bisa menciptakan keramaian, tapi keramaian tanpa makna dan warna.

Nggak percayaan
Mungkin pernah dicurangi teman sendiri, atau pernah dikhianati orang yang dicintai, sehingga orang ini ngerasa nggak ada orang yang layak untuk dipercayai. Dengan pola pikir semacam ini, dia bakal males untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitar, maupun dengan orang-orang baru. Sehingga, dia akan kehilangan interaksi dengan sesama manusia dan kesepian akan menguasai dirinya.

Salah memilih pergaulan
Sebenarnya Supri doyan banget lagu-lagu dari Kangen Band. Tapi demi menuruti gengsi, dia memilih untuk bergabung menjadi WOTA. Dia sampai ikut komunitas pecinta Idol Group itu kalo kopdar-kopdar dan bawa light stick. Sampe nggak bisa dibedain, itu kopdar WOTA, atau kopdar polisi cepek.

Karena Supri sukanya sama Kangen Band, tentunya setiap kali diajakin ngobrol soal JKT 48 sama teman-teman WOTA-nya, Supri nggak bakal ngerasa nyambung dong. Nah, nggak dapet teman yang nyambung kalo diajak ngobrol ini adalah salah satu faktor yang bisa bikin orang ngerasa kesepian dalam keramaian.

Jomblo
Makan sendirian, nonton sendirian, jalan sendirian, merupakan rutinitas yang harus diemban oleh para kaum tuna-asmara. Karena seringnya sendirian inilah, tentunya mereka bakal sering didera oleh rasa kesepian. Apalagi di malam minggu, di saat teman-teman yang biasanya bisa diandalkan, mendadak memilih untuk pacaran.

Oke, itu sebagian penyebab orang ngerasa kesepian yang bisa gue sampein di sini. Berikutnya, gue bakal berbagi beberapa tip untuk mengusir kesepian biar yang sedang mengalami salah satu atau semua penyebab kesepian di atas, bisa segera terbebas dari siksaan kesepian:

- Keluar dari comfort zone
Kalo kemarin-kemarin lo ngerasa nyaman buat seminggu di kamar aja tanpa peduli dengan dunia luar, cobalah untuk bangkit dan melihat indahnya dunia. Selalu tanamkan dalam diri bahwa kehidupan yang nyaman-nyaman aja tak akan membawa diri lo ke mana-mana. Masalah adalah salah satu cara Tuhan memberi warna pada hidup kita. So, jangan takut kalo di luar sana kita bakal dapet masalah, artinya Tuhan mau ngasih warna baru dalam hidup situ.

- Temukan partner
Untuk mengusir rasa kesepian, lo nggak perlu ketemu banyak orang kayak di point ke 4 di atas. Lo cukup nyari satu orang yang asik buat diajak ngobrol. Karena kesepian itu bisa dihilangkan dengan obrolan yang mampu membuat lo ketawa dan lupa dengan masalah yang ada. Kadang yang kita butuhin cuma telinga. Pundak itu cuma bonus aja. So, will you find that one?

- Cari teman ngobrol
Seperti di pembuka postingan ini, kesepian bukan cuma terjadi saat nggak ada teman, tapi saat nggak ada yang mau mengerti. Gimana dong cara nyari orang yang bisa mengerti? Ya ngobrol lah!

Tapi Al, gue pemalu, gue gak gampang percaya dengan orang baru, gue nggak berani nyapa lebih dulu.

Oke, kalo lo ngerasa lo susah untuk nyari teman baru, gue kasih solusinya. Kebetulan gue juga orang yang nggak mudah buat ngajak kenalan mbak-mbak cakep yang lagi tiduran di jalan tol. Nah, kalo lagi bengong dan nggak ada kerjaan, biasanya gue nyari teman secara acak di sekitar gue.

Hah?! Nyari teman secara acak di sekitar? Caranya gimana?

Gue pake aplikasi yang namanya BeeTalk. Aplikasi ini punya fitur keren buanget. Jadi, di aplikasi ini ada fitur yang namanya Flip. Fitur ini bekerja saat kita guncang-guncang handphone kita. Abis itu dia bakal ngerefresh page-nya dan nongolin siapa aja orang yang make BeeTalk juga di sekitar kita. 


Bisa kita pilih opsi Flip, atau kita pake opsi Look Around. Bedanya kalo flip itu, misal kita "Love" in profile orang, dia nggak bakal dapet notifikasi apapun, dan dia bakal jadi teman kita di kontak kalo dia juga nge"love" profile kita. Jadi, ini kayak masalah jodoh-gak jodoh aja. Sedangkan kalo Look Around itu, kita bisa kirim friend request ke orang yang kita pilih profile-nya. Dia bakal dapet notifikasi dan bisa approve atau reject friend requestnya. Seru ya!

Sante.. Jangan takut kalo penginnya dapet teman lawan jenis, dapetnya malah sesama jenis. Kita bisa mengatur filternya untuk show result: Females only, atau Males only. Jadi, hasilnya bakal sesuai dengan yang kita mau. Lagian, di BeeTalk ini, nggak kayak aplikasi chat biasa. Kita bisa ngintip dulu profile orang yang mau kita add. Di situ kita bisa ngeliat album foto si pemilik profile itu biar kita nggak ketipu sama cakepnya avatar doang. Jangan sampe kalian ngalamin "Cinta di avatar pertama, dan ilfeel di zoom in kedua."



Asik kan?!

Asik sih, Al.. Tapi, apa enaknya sih ngobrol sama orang asing?!

Buat gue, kadang gue lebih percaya buat cerita panjang lebar kepada orang asing sekalian daripada kepada teman palsu. Kenapa? Karena orang asing itu tidak tau siapa gue, sehingga dia tidak punya tendensi apa-apa atas apapun yang gue ceritain kepada dia. Sedangkan teman palsu? Iya, dia mau dengerin curhat kita, bukan untuk ngasih solusi atau minjemin telinga, tapi buat ngumpulin aib kita aja. Hih!


Wah.. Bener juga! Kalo gitu, gue mau dong make BeeTalk juga. Di mana downloadnya, Al?

Yang pake android silakan download di Google Play, yang make iOS silakan download di AppStore. Search aja keyword "BeeTalk", gratissss!!

Oke.. kalo udah download, register pake nomor hape/facebook kalian yak. Jangan lupa add ID BeeTalk gue: "Alitt". Mari kita ngobrol dan bantai rasa sepi! :D

Nah, itu beberapa penyebab orang ngerasa kesepian dan solusinya menurut versi gue. Kalo kalian punya penyebab lain dan solusinya, silakan tulis di comment box yap!