Kira-kira bulan Desember tahun kemarin, gue kehilangan hape gue, HTC One, waktu lagi dalam perjalanan ke luar kota. Gue sendiri nggak tau gimana bisa hilang, soalnya gue baru inget tuh hape udah nggak ada pas gue udah sampe di tempat tujuan. Mungkin hape itu jatuh, mungkin hape itu dicopet, atau mungkin hape itu nggak sengaja gue kasih ke pengamen yang make parang buat pengganti gitar. Setelah nyadar hape gue ilang, gue sempet telepon untuk minta secara baik-baik kepada orang yang nemuin hape gue agar dibalikin. Tapi telepon gue selalu di-reject. Akhirnya gue SMS dia ngerayu-rayu buat dibalikin dengan iming-iming imbalan sepantasnya. Gue penasaran aja sih, dia bakal milih rezeki halal yang seadanya, atau rezeki yang lebih gede tapi haram. Dan, SMS itu berbalas kalo yang nemuin hape gue itu minta tebusan uang sebesar 1 juta.

Gue nggak kesal sama sekali pas gue baca SMS orang yang nemuin hape gue itu. Gue justru senang karena dia masih ada itikad baik buat ngebalikin hapenya. Akhirnya gue bales SMSnya tanpa mikir panjang:


Abis gue bales kayak gitu, dia nggak bales lagi SMS gue. Gue tungguin dari malem ampe pagi. Hingga gue ketiduran pun, SMS itu nggak berbalas. Pas gue bangun tidur, gue cek hape gue. Dan gue senang, ada SMS masuk dari hape gue yang hilang. Tapi isinya,


“Saya boleh minta tolong nggak?”

“Minta tolong apa? Tempat ketemuan di mana?” Balas gue.

“Saya pengin punya sepeda motor. Mau beliin saya motor nggak?”

SMS orang ini mendadak bikin gue pengin ngunyah hape gue sendiri pake saos tomat dan bon cabe. Ya kali, hape minta dituker motor. Ntar kalo gue iya-in pasti tuh orang bakal ngelunjak lagi, minta mobil, rumah, atau minta dijodohin sama Aura Kasih.

“Ya mana bisa mas.. Hape saya aja nggak seharga motor, masak minta tebusan motor. Gini aja deh.. Saya lipatkan tebusannya jadi 2 juta. Anggep aja itu buat nambahin anda beli motor. Gimana?” Gue juga takut kalo hape itu nggak balik. Soalnya di sana ada data-data penting banget yang menyangkut kerjaan gue. Ada banyak foto dokumentasi event yang kudu gue kasih ke klien.

“Oke. Nanti saya kabarin. Ketemuan di mananya.”

“Baiklah mas. Saya siapin dulu uangnya.”

Sorenya, orang yang nemuin hape gue itu ngajakin gue ketemuan di Stadion Manahan Solo pukul 19:00. Gue bergegas ke sana dari jam 18:00 biar gue nggak telat dan bikin dia berubah pikiran. Hari itu hujan gerimis mengguyur kota Solo. Gue duduk di dalam mobil yang gue parkirin di pinggir jalan depan stadion. Sendiri.

Jam tangan gue udah nunjukin pukul 21:05, tapi orang yang ngajak gue ketemuan itu nggak dateng-dateng juga. Gue coba telepon dia, seperti biasa, direject. Gue coba SMS, nggak berbalas. Sampai akhirnya gue menyerah buat nunggu pas udah pukul 23:00. Gue kudu balik ke Jogja karena malam sudah mulai larut. Sampai akhirnya gue berniat ngeblok nomor lama gue itu buat gue ganti nomor baru pun, orang itu tetap nggak ngabarin gue lagi. Gila, gue di-PHP-in sama maling hape. Bersyukurlah kalian yang di-PHP-in sama orang yang kalian suka. Setidaknya kalian pernah ngerasain baik-baiknya dia, pernah ngerasa jadi orang spesialnya dia.

Gue cuma bisa ngeikhlasin hape gue digondondol orang yang lebih milih jalan haram dibandingkan jalan halal itu. Gue doain hape itu bisa bermanfaat buat keluarganya. Gue yakin, pilihan Tuhan nggak pernah salah. Kalo hape gue nggak bisa balik lagi, pastinya Tuhan udah nentuin itu demi kebaikan gue maupun kebaikan orang lain juga.

Yang sempat gue sesali adalah, gue matiin internet hape itu tepat sebelum dia hilang. Padahal, biasanya gue nggak pernah matiin internet hape itu. Kalo misal internetnya masih hidup, gue yakin gue bakal punya petunjuk tentang siapa yang ngegondol hape gue itu dengan bantuan aplikasi-aplikasi yang udah gue instal di sana. Tapi kalo kebetulan seaneh itu pun bisa terjadi, waktu itu gue yakin artinya Tuhan memang benar-benar menghendaki.

Dan benar saja. Dengan gue ngeikhlasin tuh hape digondol maling, kurang lebih dua minggu kemudian gue dapet hape yang sama tipenya, cuma beda warnanya. Yang ilang dulu warna item, yang baru ini warna silver. FYI, dari dulu sebenarnya gue emang pengin beli HTC One yang silver, tapi pas gue keliling-keliling toko handphone, gue cuma nemu yang item. Tapi Tuhan emang maha keren. Hape item gue dituker sama hape yang silver sesuai keinginan gue dulu. Gue jadi makin yakin, orang yang selalu ikhlas, hidupnya nggak bakal dibikin melas.

Oke, selalu ada pelajaran di balik setiap kejadian. Hari ini gue mau ngeshare beberapa aplikasi keren yang gue saranin buat lo install di hape lo. Here they are:

1. LockWatch (freemium)
Ini adalah aplikasi pengaman hape Android. Aplikasinya bisa didownload gratis di PlayStore.


Cara kerja aplikasi ini adalah, dia bakal diem-diem motret muka orang yang salah masukin password di lockscreen hape kita, pake kamera depan tuh hape. Terus aplikasi ini bakal ngirim ke email kita foto si orang tadi beserta lokasi di mana dia salah masukin password di hape kita.



Kalo attachment berisi foto di bagian bawah itu di-klik, ntar bakal muncul foto muka hasil jepretan diem-diem dari kamera hape yang tadi salah dimasukin passwordnya.


Canggih kan? Sayangnya, kalo mau make Lockwatch buat ngetrace, ngelock dan ngebunyiin alarm dari jarak jauh, kita perlu ngeluarin duit tambahan buat jadi premium user. Jadi, dengan fitur gratisan ini, kalo lo nggak masang password di lockscreen pas hapenya ilang, lockwatch nggak bakal berfungsi.

2. Find My iPhone (free)
Aplikasi ini juga aplikasi keamanan hape. Fitur utamanya adalah ngelock iphone/ipad/macbook dari jarak jauh, terus ngewipe data dari jarak jauh, dan bisa ngetrace lokasi iDevice yang ilang itu via GPS.


Cara makenya mudah banget. Yang paling pertama, dan utama, nyalain dulu fitur "find my phone" di settings-> iCloud. Kalo udah, misal hape/ipad lo ilang, segera masuk ke web www.icloud.com/#find pake browser komputer. Terus pilih deh device lo yang ilang yang mana. Kalo udah, segera aktivin Lost Mode.


Dengan aktifnya fitur Lost Mode, lo bisa ngelock, ngebunyiin alarm di gadget lo, sampai ngehapus semua data yang ada di gadget lo. Dan jangan takut kalo tuh maling bakal tetep bisa ngeinstall ulang terus make tuh hape. Di iOS 7, ada fitur keamanan baru yang namanya iCloud Lock. Jadi, misal tuh maling nyoba ngeinstall ulang tuh iphone/ipad, mereka bakal dapet notifikasi kayak gini:


Iya, tuh maling tetep butuh Apple ID dan password pemilik hape sebelumnya buat bisa ngeaktivin tuh iphone setelah diinstall ulang. Tanpa Apple ID dan password lo, nih hape cuma bisa dipake jadi ganjelan pintu.

Oiyah, kalo lo punya iDevice, dan udah nyalain find my iPhone, jangan lupa matiin Find my iPhone-nya kalo tuh hape mau dijual, ya. Kasian ntar pembeli berikutnya kalo dia mau upgrade OS, hapenya malah bakal ke-lock icloud. Mending kalo yang beli temen lo, dia bisa minjem user ID lo. Kalo yang beli orang yang nggak tau di mana, gimana coba? Kasian.

Kekurangan dari Find My iPhone adalah dia nggak bisa ngambil foto diem-diem kayak LockWatch.

3. Android Device Manager (free)


Biasanya di gadget dengan system Android Jelly Bean dan ke atas udah ada aplikasi ini. Lokasinya di Settings. Fungsinya nih aplikasi tuh juga mirip kayak Find My iPhone. Ngelock, ngewipe data dan trace position via GPS.


Cara makenya simple. Kalo hape lo ilang, segera buka https://www.google.com/android/devicemanager dari browser. Kalo udah, pilih device lo yang ilang. Abis itu dia bakal nunjukin lokasi hape lo dengan map. Terus ntar juga bakal muncul pilihan buat nyalain alarm yang berisik terus-terusan, atau ngeaktivin kunci di hape lo atau ngehapus semua data di hape lo. Seru kan?

Semua aplikasi canggih itu kelemahannya cuma satu: Kalo nggak ada internet, semuanya nggak guna. Jadi, jangan matiin internet lo kayak gue ya. Ntar kalo ilang, kelabakan juga.

Di atas kita udah ngomongin soal aplikasi-aplikasi security, yuk kita pindah topik ke aplikasi-aplikasi keren favorit gue di smartphone:

1. BuzzFeed (free)


Ini adalah aplikasi yang isinya kompilasi berita-berita maupun foto-foto unik yang dibikin sama bule. Yang bikin gue suka ama nih aplikasi adalah dia mampu memperluas wawasan gue tentang dunia. Kita bisa milih kategori apa aja yang mau dibaca. Bisa tentang teknologi doang, tentang film-film doang, dan masih banyak kategori lagi. Jadinya, aplikasi ini adalah pelarian yang pas buat orang yang udah bosen ngeliat berita-berita tentang pemilu atau politik.

2. Pocket (free)


Kalo ini aplikasi yang bisa ngumpulin berita-berita dari buanyak aplikasi atau web portal berita yang ada di hape atau tablet kita. Tiap nemu berita yang oke, tekan dan tahan aja, ntar bakal muncul menu share to pocket. Nah, berita-berita yang udah kita simpen di Pocket ini nantinya bisa kita baca tanpa perlu koneksi internet lagi. Aplikasi ini sangat berguna kalo kita mau pergi traveling atau mau naik pesawat dalam jangka waktu yang cukup lama. Jadinya kita tetap bisa baca berita, meski gadget kita nggak lagi terkoneksi sama internet.

3. Paper 53 (freemium)


Suka ngegambar? Atau lebih suka numpahin isi hati pake gambar, bukan tulisan? Gue kadang juga gitu sih. Nah, buat yang doyan gambar, nih aplikasi ngebantu banget numpahin kreativitas lo ke dalam gadget. Enaknya apa ngegambar di gadget? Banyak! Hemat kertas, hemat tinta, bisa di-undo kalo salah-salah.


"Please draw me like one of your french-girls." - @leonisecret

Ini kemarin contohnya gue ketemu mantan-calon-gebetan gue di SCBD. Dia keliatan jauh lebih cantik dari zaman dulu kami pertama ketemu. Rambutnya lebih panjang, kulitnya lebih terang, dan lubang hidungnya sekarang ada dua. Dia dateng bareng calon-gebetan-barunya. Gue langsung terpancing buat nunjukin isi hati gue ke dalam gambar:


Yap.. Cuma perlu kurang lebih 5 menit untuk membuat lukisan sekeren ini. Tapi ternyata, Leoni masih ngasih keluhan dari gambar gue di atas. Dia bilang, "Kok di situ aku keliatan gendut sih?".
Dasar cewek.



4. MyTelkomsel (free)
Pernah nggak lo, mau langganan paket internet, tapi bingung kode SMSnya apa?

Pernah nggak lo, mau transfer pulsa, nggak tau kode SMSnya juga?

Nah, aplikasi ini bisa ngehapus semua moment-moment ngebetein kayak gitu.

Karena kebetulan gue make kartu Telkomsel sebagai provider selular gue, aplikasi ini sangat ngebantu gue buat ngedapetin info-info yang gue butuhin kayak: Cek pulsa, Cek Kuota, masa aktif kartu.


Selain buat ngecek-ngecek doang, nih aplikasi juga bisa buat belanja paketan paketan internet, paket SMS, paket telepon dan paket-paket menarik lain lagi. 


Jadi, dengan memakai aplikasi ini, kita nggak perlu ngeinget-inget kode semacam *363# atau *888# atau kode-kode buat SMS berlangganan paket.


Bagian tab fitur, kita bisa nemuin menu isi ulang pulsa, transfer pulsa, transfer kuota, bayar tagihan kartu halo, dan masih banyak lagi.


Nah, yang paling sering gue sepelein dan ternyata penting adalah ada program yang namanya telkomsel poin. Ternyata kita selalu dapet telkomsel poin setiap kali kita ngisi ulang pulsa.


Gunanya Telkomsel poin apa sih, Al??

Telkomsel poin ini bisa kita tukerin ama banyak item mulai dari gadget kayak iPod gitu, sampe buat ditukerin pulsa.


Seru abis kan? Semua kemudahan itu bakal bisa kalian dapetin dalam satu aplikasi. Gue rekomendasiin banget kalian buat nyoba aplikasi ajaib ini. Gampang banget kok downloadnya, gratis lagi. Silakan langsung download di AppStore (iDevice), Play Store (Android), search keyword “MyTelkomsel”, atau langsung buka http://tsel.me/mytelkomsel

Oke.. Kayaknya itu dulu sharing dari gue hari ini. Semoga info ini bisa ngasih wawasan baru buat kalian. Oiyah, kalo kalian ada info soal aplikasi-aplikasi keren lain yang wajib dicoba, silakan share di comment box yap, siapa tau besok-besok bisa gue review.

Thank you!