Bulan Oktober adalah bulan favorit gue. Selain di bulan itu gue ditakdirin buat transit ke dunia  (lahir) sebelum kelak gue ngelanjutin flight ke surga, pada bulan oktober juga ada beberapa hari besar nasional yang menurut gue cukup penting. Di antaranya, pada tanggal 1 oktober, ada Hari Kesaktian Pancasila. Dan tanggal 28 kemaren baru aja kita ngerayain hari sumpah pemuda.

Nah.. Buat yang ngerayain hari sumpah pemuda, udah ngerti belom, untuk apa hari itu diperingati? Jujur, dari jaman SD, SMP, STM, gue nggak ngeh ini sebenernya peringatan apa. Tapi setelah ngumpulin info dari sana sini, akhirnya gue nyadar bahwa tanggal 28 oktober ternyata adalah hari kelahiran bangsa kita, Indonesia. Bingung? 17 Agustus itu kan hari kemerdekaan bangsa kita, nah.. 28 oktober ini adalah hari di mana para pemuda (Soegondo Dkk.) bersumpah untuk bersatu padu dalam satu kesatuan bangsa, Indonesia. Yup.. Sumpah Pemuda dicanangkan pada tahun 1928, jauh lebih dulu dibanding Proklamasi kemerdekaan (1945). Mereka  menyelenggarakan Kongres pemuda, hingga lahir lah Sumpah Pemuda yang berisi:
Sumpah Pemuda versi asli :

Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoewa
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.


Sumpah Pemuda versi EYD :

Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.


Kalian pikir gue pinter? Kalian pikir gue ngerti soal ginian? Artinya kalian lupa sama jurus utama seorang mahasiswa abadi, yaitu jurus WIKIPEDIA! Nyahahahahaha!!

Betewe... Bayangin deh, kalo sumpah pemuda dilakukan di tahun 2012, mungkin sumpah pemuda bakal berubah nama jadi "Cumpah Pemuda", dan dilakukan di depan Sevel. Oke.. Berhubung sekarang masih kerasa aura Hari Sumpah Pemuda dan Jiwa Nasionalis kalian masih anget-angetnya, mari kita ngomongin soal cinta.

Pernah nggak sih kalian dapet sumpah palsu dari pacar?
Pernah nggak sih kalian dipacarin tapi nggak dicintai?
Pernah nggak sih kalian pacaran cuma karena kasian?
Pernah nggak sih kalian "kakak-adekan" tapi berani ciuman?

ITU SEMUA ADALAH CONTOH KELAKUAN YANG MENCEDERAI SEMANGAT PEMUDA YANG BERASMARA!

Ngeliat beberapa kasus pengkhianatan asmara yang akhir-akhir ini marak terjadi, gue jadi gatel buat meracik sebuah sumpah, yang bernama SUMPAH ASMARA. Iya, gue ngajakin seluruh pemuda dan pemudi bangsa untuk memperbaiki masa depan asmara kita dengan bersama-sama melakukan SUMPAH ASMARA. Sehingga, kita tidak akan lagi menyepelekan lagi makna dari Tenggang Asmara dan Kerukunan antar umat berasmara.

Nah, setelah gue merenung di bawah jemuran basah selama beberapa hari, gue pun bisa memformulasikan sebuah sumpah. Sumpah ini gue kasih nama SUMPAH ASMARA, yang isinya bakal jadi pedoman bagi para penganut asmara agar bisa menjalankan kehidupan asmaranya dengan penuh rasa bahagia. So, gue harap kalian berpartisipasi dalam Sumpah ini dengan membaca keras-keras sumpah ini di depan komputer kalian. Jangan lupa waktu baca, taruh kedua tangan kalian di depan dada dengan formasi jari membentuk tanda "cinta" kayak gini:


Dan, inilah deklarasi yang harus kita genggam sekuat mungkin di dalam hati:

SUMPAH ASMARA

Kami, putra dan putri yang sedang berasmara, mengaku berpacar satu, untuk selamanya..

Kami, putra dan putri yang sedang berasmara, mengaku berbahasa satu, nggak mau lagi make "cumpah dan miapa"..

Kami, putra dan putri yang sedang berasmara, menjunjung tinggi kerukunan antar umat berasmara..

Kami, putra dan putri yang sedang berasmara, bersumpah tak akan memakai kaos couple lagi ke mana-mana..

Kami, putra dan putri yang sedang berasmara, bersumpah akan menolak segala modus kakak-adekan dan segala curhatan yang berujung mencari perhatian..

Kami, putra dan putri yang sedang berasmara, bersumpah akan pacaran sesuai nasihat orang tua, dan tak akan pernah mendua..

Kami, putra dan putri yang sedang berasmara, bersumpah akan menghindari tukang PHP, dan segala antek-anteknya..

===========================================

Nah.. dengan membaca sumpah di atas, gue berharap semua pemuda-pemudi Indonesia bisa memperbaiki kualitas asmaranya. Sehingga tak ada lagi rasa sirik maupun dengki yang muncul dari para tuna-asmara yang melihat pasangan-pasangan bercumbu asmara. Dan tak ada lagi rasa sakit hati yang tumbuh dari para bekas pelaku asmara yang terluka karenanya.

Oke, this is the end of this post.. Gue nungguin poto-poto kalian dengan pose seperti yang gue jelasin di atas, dan poto-poto paling gokil bakal gue pajang di postingan ini sebagai Pembaca Sumpah Asmara terbaik.. Gue tunggu di mention box twitter gue dengan hashtag #SumpahAsmara yak!! :D

(Lanjutan)

Dan berikut ini adalah poto-poto para pemuda-pemudi yang udah dengan suka rela ikut #SumpahAsmara .. Gue urutin dari pose yang paling biasa, sampe pose yang paling geser otaknya.. :D

NinaNNR

@Luthfiahra

@ArdhajalalID

@Tusmei

@KIKIHULK

@Kostkadenali

@DestyWindyUtami

@Bullytlicious

DAN JUARANYA ADALAHHHH!!!!

@RezkyKiky

Yap.. Semoga hari #SumpahAsmara ini bisa kita peringati setiap taun.. Dan mampu menciptakan kualitas penganut asmara yang semakin baik dari tahun ke tahun..

DADAAAAHHH!!! :D