Suatu hari gue dandan secakep mungkin, dan pake parfum merk Cap Lang segayung biar wangi dan bisa menutupi bau badan gue yang udah beberapa minggu nggak terjamah oleh air. Rencananya hari itu gue mau ketemuan sama pacar gue yang gue kenal dari dunia maya, dan jadian di dunia maya. Buat gue, pacar gue waktu itu adalah figur sempurna dari seorang cewek. Orangnya kalem (Kalo ngetik chat pelan-pelan, 1 kata per menit), Suaranya lembut (Kalo nelpon suaranya lirih kayak ibu-ibu yang pita suaranya kena sariawan), Cantik banget (Kalo dilihat dari profile picturenya sih gitu). Nah, setelah kita jadian kurang lebih sebulan, gue janjian sama dia bakal kopdar (Kopi Darat) alias ketemuan untuk ngerayain anniversary sebulan jadian (iye, dulu gue juga pernah jadi ABG). Gue deg-degan, gue nervous, gue susah buang air besar.

Sesampainya di tempat janjian, gue pun bisa ketemuan sama dia. Di sana gue takjub, ternyata wujud pacar gue itu gak beda jauh dari poto profile dia. Wajahnya hampir sama kayak di poto profilenya, cuma ada tambahan pernak-pernik jerawat di bagian pipinya dan sedikit noda menguning di kerah keteknya. Sebagian jerawatnya udah hampir keluar nanah. Tapi gak apa-apa, namanya juga cinta, gue lupain semua kekurangannya. Di tempat itu, kami menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam dengan konten 15 menit buat ngobrol via BBM, dan 115 menit buat diem-dieman, sibuk sama hape masing-masing, sambil curi-curi pandang ke wajah satu sama lain. Obrolannya pun bukan obrolan berat, paling juga bahas soal Saham BEJ yang akhir-akhir ini labil banget. Terus harga gorengan jadi ikut naik turun.. Inflasi juga makin parah.. Kalo udah gini, bakal banyak perusahaan yang ngemis-ngemis Obligasi dana dari pemerintah.

Setelah kita merasa jenuh dengan keheningan hari itu, kita pun memutuskan untuk pulang dan janjian untuk ketemuan lagi kapan-kapan. Sesampainya di rumah, gue masih senyum-senyum sendiri ngebayangin cantiknya tuh cewek. Senyum manisnyanya, lembut tangannya, aroma keteknya, mengecap kuat di pikiran gue. Baru juga 5 menit gue nyampe rumah setelah kopdar, gue udah kangen luar biasa. Gue coba telpon dia, tapi gak diangkat, gue SMS, gak dibales, giliran gue isi pulsanya, dia bilang makasih..

Dan ternyata, itu adalah pertemuan pertama gue sama dia sekaligus pertemuan terakhir. Abis itu dia ngilang, nomernya gak aktif lagi, offline mulu di dunia maya. Saat itu gue nyadar, dia ilfeel sama gue. Gak tau kenapa, tapi gue curiga karena waktu ketemuan itu gue minta dia buat bayarin makan dan beliin gue bensin.

Nah, kisah itu ngasih gue inspirasi buat bahas tentang gejala-gejala pacar yang mulai ilfeel. Biar kalian, para pembaca setia gue bisa lebih waspada kalo pacar kalian mulai ngelakuin hal-hal berikut:

Males Telponan
Gue ama mantan gue yang itu, dulunya sering ngobrol dari jam 12 malem, ampe jam 6 pagi. Iya, 6 jam per hari kita habisin berdua cuma buat ngobrol di telpon. Biasanya, tiap kelar telponan, kuping kita sama-sama keluar ingusnya. Tapi setelah kita kopdar, mantan gue itu jadi sering alesan ngantuk, padahal pas gue telpon itu baru jam 7 malem. Dan belom sempet ngobrol begitu banyak. Contoh:
Gue: Halo sayang..
Dia : Halo juga, aku lagi ngantuk banget nih, bye! *tut..tut..tut..*
Gue: .....
Nah, kalo pacar kalian udah ngeluarin gejala yang ini, siap-siap aja ya~

Males BBMan
Kadang gue sebel sama orang yang kalo di chat balesnya lama-lamaaaa banget, udah gitu kalo jawab cuma pake 1 kata, atau bahkan 1 huruf doang (misal: "y"). Nah, kalo orang tersebut adalah pacar gue, gue bakal putusin hari itu juga!
Atau, pernah nggak kalian ngalamin kejadian kayak gini:

Kalian BBMin pacar-> Status Delivered-> Tapi gak diRead-> si pacar malah asik twitteran -> kalian cek tweetnya, ternyata via Blackberry

Gondok? Ngambeg? Marah? Hak kalian sih.. Kalo udah kayak gitu, artinya kalian udah bukan lagi prioritas buat dia. Udah.. Putusin aja..

Hilangnya Kebiasaan
Namanya orang pacaran, pastinya akan menciptakan beberapa kebiasaan baru. Contoh simpelnya, pacar kalo pagi nganterin sarapan ke rumah kalian, atau seminggu sekali ngambil pakean kotor kalian untuk dilaundry, bisa juga dua hari sekali dia nyuciin mobil kalian.

Nah, kalo pacar udah mulai ilfeel, dia bakal berenti ngelakuin hal-hal yang udah bikin kalian ngerasa terbiasa itu. Dia udah jarang nganterin sarapan ke rumah kalian ampe kalian kena Maag, dia udah gak pernah ngelaundry pakean kotor kalian ampe kalian panuan karena gak ganti-ganti baju, dia udah gak pernah mau lagi ngurasin jamban. Kalo udah kayak gitu, udahlah.. Putusin aja.. Cari orang baru untuk menciptakan kebiasaan baru.. ;)

Tertutup
Faktor terpenting dalam pacaran kan komunikasi. Nggak ada pacaran yang nyaman tanpa komunikasi yang lancar. Nah, kalo pacar kalian udah mulai tertutup ama kalian, contohnya dia malah lebih sering curhat ke orang lain daripada sama kalian, siap-siap aja tuh. Masalahnya, jaman sekarang udah susah loh nyari temen curhat yang nggak menyimpan harapan.

Syukur-syukur temen curhat pacar kalian itu emang bijak dan bisa ngasih solusi. Nah kalo temen curhat pacar kalian itu ternyata malah siap jadi pengganti, gimana? Udahlah.. Kalo pacaran dan tiap ada konflik ama pacar malah larinya ke orang lain, bukan ngajakin ngomong pacar buat nyelesaiin, artinya dia emang udah gak nyaman lagi sama kalian. Udah.. Putusin aja.

Dia Bukan Lagi Dia
Kalo orang ilfeel, biasanya udah nggak akan peduli lagi sama orang yang di-ilfeel-in. Misal dia yang dulunya santun, selalu nyoba jaga perasaan kalian, tiba-tiba jadi jutek, gak care, gak peduli sama apa yang dia katakan itu bakal nyakitin hati kalian apa enggak, artinya dia emang udah ilfeel. Kalo udah gitu, udahlah.. putusin aja.. Ngapain pacaran kalo udah gak bisa ngedapetin kenyamanan dari pasangan?

Nah, kayaknya itu dulu aja sih beberapa gejala pacar ilfeel yang bisa gue jabarin di sini. Semoga dengan ngebaca postingan ini, kalian bisa jadi waspada sama kelakuan pacar. Kalo ada di antara kalian punya pengalaman lain soal gejala pacar yang ilfeel, silakan share di comment box di bawah ya!! Gue cuma berharap kalian nggak bakal ngerasain sakitnya digantungin, dicuekin, dan pelan-pelan ditinggalin. Mending buru-buru putusin sebelum diselingkuhin!

Dadaaaahhhh!!!