Kali ini gue mau angkat bicara soal Tawuran nih. Sebagai veteran anak STM, gue udah ngerasain berbagai pengalaman "keras"nya jadi anak STM. Iya, dulu gue nakal banget.. Gue suka ngerampas hak orang lain. Mulai dari perampasan batagor, sampe perampasan kekasih, pernah gue lakuin. Dan tawuran adalah salah satu hal yang dulu gak bisa terhindarkan bagi anak STM kayak gue.


 Padahal, kadang gue nggak tau duduk perkaranya, dan langsung berangkat ikut tawuran atas nama Solidaritas. Saat itu pengetahuan gue soal solidaritas masih sangat cetek. Padahal solidaritas itu artinya "Perasaan senasib". Nah, "senasib" di sini yang kudu dimengerti. Kalo temen lo kelaperan, dan elo ada duit, ya beliin makanan kek, karena elo bisa ngerasain penderitaan dia. Tapi kalo "Senasib" di sini contohnya temen lo lagi malakin anak sekolah lain, ya bukan berarti lo kudu ikut-ikutan malakin anak sekolah itu. Itu bukan solidaritas, tapi partner in stupidity.

Nah, langsung aja deh gue bahas tentang hal-hal yang bisa menyebabkan tawuran, biar pembaca-pembaca gue tercinta yang masih sekolah nggak ikut-ikutan kegiatan barbaris kayak gitu, dan tetep bisa baca blog gue di rumah, bukan di rumah sakit.

1. Pemalakan

Kasus pertama ini sering banget terjadi jaman gue STM dulu. Jadi gue diajakin temen gue buat nyegat anak sekolah lain karena (diduga) tuh orang kemaren udah malakin duit temen gue. Nah, dengan semangat solidaritas, gue dan beberapa temen gue berenti di pengkolan deket sekolah tersangka. Kita duduk-duduk di motor kayak tukang ojek nunggu lengganan. Begitu si tersangka keluar dari sekolahan, kita rame-rame gebukin tuh anak. Dan saat itu juga kita minta lagi duit yang kemaren dia palak dari temen gue. Apakah itu membanggakan? Dulu sih iya.. Tapi rasa berdosa masih nempel ampe sekarang kalo ngebayangin anak gue kelak digituin juga ama anak orang.

2. Penghinaan

Ini juga bisa banget mengobarkan emosi para kawula muda. STM gue dulu sering dihina ama anak-anak SMA gara-gara cewek yang sekolah di tempat gue hampir gak ada. So, banyak anak-anak SMA suka "nyindir" anak STM dan dibilang homo. Baik itu secara langsung, maupun via Friendster. Iye, jaman gue STM belom ada facebook, apalagi twitter. Nah, atas nama gengsi, kita pun berbondong-bondong ngedatengin tuh SMA buat ngebuktiin kalo orang-orang yang mereka bilang homo itu bisa bikin mereka ompong giginya. Seneng? Dulu sih iya.. Tapi sekarang nyesel juga kalo ngebayangin kelak gue kudu nambalin gigi anak gue yang diompongin ama anak STM.

3. Rebutan Tempat Tongkrongan

Sebagian anak SMA kan biasanya kalo balik sekolah, gak langsung balik. Suka nongkrong-nongkrong dulu sambil nyari kecengan. Kalo gue dulu, tiap balik sekolah suka nongkrong deket pangkalan bus. Berharap ada cewek yang ketinggalan bus dan mau gue anter balik. Tapi tiga taun gue nongkrong di situ, nggak pernah nemu satu pun cewek yang ketinggalan bus. Yang ada ibu-ibu penjual pisang di pasar yang minta dianter pulang gara-gara abis kecopetan. Kasian.

Nah, tempat tongkrongan yang "strategis" ini biasanya jadi lahan rebutan bagi anak-anak SMA. Bahkan di tempat gue nongkrong sering banget terjadi tawuran cuma gara-gara rebutan lahan itu. Dan biasanya tawuran itu diakhiri dengan preman pasar yang ikut ngamuk. Kalo preman pasar udah pada keluar, kita pulang, kita nangis, kita kehilangan nafsu makan.
4. Asmara

Gue juga pernah diajakin temen gue buat nyamperin sekolah lain CUMA gara-gara mantan dia yang masih dia cintai jadian sama cowok di sekolah itu. Nggak tau kenapa, dulu pas masih SMA, ngerasa jantan dan keren aja gitu kalo bisa ngegebugin anak sekolah lain rame-rame. Berasa gangster, berasa mafia, tapi kalo sekarang dipikirin ulang, gue cuma bisa ketawa. Betapa bodohnya.. Ngerasa gangster, tapi dikejar polisi aja langsung lari sambil berak-berak sampe kena kaki.

Itu tadi beberapa penyebab tawuran berdasarkan pengalaman gue. DAN ITU SEMUA NGGAK AKAN TERJADI KALO NGGAK ADA SALAH PENGERTIAN DARI KATA "SOLIDARITAS"! Nah, sekarang lanjut ke resiko dari tawuran nih yah.. Dari apa yang pernah gue alamin, gue udah beberapa kali kehilangan "sahabat" gara-gara tawuran. Sebut saja Supri, dulu doi ditemukan meninggal dengan kepala bocor. Kemungkinan dia kena lemparan batu atau kulkas.

Sedih sih sedih, tapi life must go on. Gue dan temen-temen nggak mau melakukan aksi balas dendam, selama pelakunya udah ditangkep. Semenjak kepergian si Supri, gue ngerasa trauma karena ngeliat tangisan orang tua Supri. Gue jadi mikir, mau kayak apa orang tua gue ntar? Mereka udah banting tulang nyari duit, rela hutang sana-sini buat bayar SPP (Meski kadang SPP-nya malah dipake modal tarohan bola). Begitu tau kalo anak yang udah mereka besarkan sekian lama, tewas sia-sia. Guys, if you die in such condition, it doesn't only kill yourself, but it also kills your parents' hope. Buat yang anak tunggal, bayangin deh gimana orang tua kalian kelak ngelanjutin hidup tanpa kalian? Cuma berdua di usia senja, tak ada lagi pelukan hangat dari anaknya? Siapkah kalian di akhirat sana terdiam dan merindukan kalimat orang tua kalian yang ini: "Dek.. Ayo makan dulu.. Ntar sakit loh"?

 R.I.P Dek Alawy, semoga gak ada lagi Alawy berikutnya di antara pelajar Indonesia.

Lagian, dari apa yang gue alamin, gue sangat yakin kalo usia muda adalah investasi paling berharga. Kalo kita salah gunain usia muda kita, pas menjelang dewasa atau tua, kita nggak akan punya apa-apa. Apa sih esensi dari tawuran? Mabok rame-rame di pengkolan? Bangga? Bikin cewek-cewek terpesona? Bodohnya.. What if I tell you, Girls love bad boys, but women love clever men.

Dengan komitmen mau ikut tawuran, pikirin resikonya deh. Ya kalo nggak tewas mengenaskan, kalo masih idup tapi jadi cacat? Ntah jari putus kek, kepala bocor kek, mata kecolok bambu runcing kek. Di luar sana banyak banget orang yang pengen punya kondisi tubuh sempurna loh. Jangan sia-siain kesempurnaan yang kalian miliki dengan cara konyol yang disebut "nyali". Gue ada temen yang ampe sekarang "terpaksa" kepalanya nunduk-nunduk sendiri tiap 1-2 menit gara-gara dulu kena benturan keras di kepala pas tawuran, dan ada syaraf di kepalanya yang rusak. Impian dia jadi polisi? Punah sudah. Terus buat yang pernah ngelakuin tawuran dan merasa gak apa-apa, inget.. Karma itu ada. :)

And please think about it, Your parents have done so many things to make you deserve a very better life than them. Orang tua kita udah banyak berkorban buat kita, ngapain kita pertaruhin nyawa kita cuma buat temen yang pengen menangin egonya?

Life is about choices.. Lo mau milih mana?

Kayak gini:

Dijamin Jomblo ampe lulus kalo udah pernah diginiin ama Polisi..

Atau kayak gini:

Kalo kayak gini sih, gak perlu nyari, gebetan pasti pada dateng sendiri.. 

Dan pesen gue buat adek-adek yang masih sekolah cuma satu:

"Biarkan nama kita dikenang karena prestasi, bukan karena mayat kita ngambang di kali." :)