Oke..
Hujan malem ini yang mengguyur Jakarta, mendadak bikin gue agak males buat ngaco dan bercanda dengan kerasnya kota ini.. Mendadak gue rindu kampung halaman.. Yeah guys.. I'm trapped in the home-sick attack..

Dan faktor yang paling gue kangenin dari rumah adalah.. Masakan mama.. Mijitin mama.. Godain mama.. dan dikerokin mama.. Asli.. itu kenikmatan duniawi banget..

Dan mungkin buat kalian yang udah baca postingan gue yang "Kawan, Lihatlah Gue Dari NOL", bakal penasaran.. kenapa gue bisa sekeras kepala itu untuk tetep berjuang menjadi penulis? Itu semua adalah berkat didikan Mama gue.. :)

Berawal dari kemaren malem, gue ngetweet kalo bulan depan gue bakal pergi ke Singapore dan Batam..


Lalu salah satu temen di Twitter nanya, ngapain ke Batam??

Yap.. mungkin dia belom beli buku pertama gue SHITLICIOUS, so dia nggak tau kalo keluarga gue ada di Batam..


Terus ada yang nanya lagi, lebih detail.. mungkin masih belom percaya bahwa Spesies Medhog mempesona kayak gue, punya keluarga di luar jawa.. So, gue jelasin deh..

Yap.. Jawaban itu sempet bikin kaget beberapa temen di twitter.. dan mengira gue becanda.. Padahal gue nggak ada niat sama sekali buat becanda.. Gue cuma mencoba jujur bahwa gue ini anak dari pedagang jamu keliling.. Iya.. nyokap gue itu seorang pedagang jamu keliling.. Buat yg masih belom yakin, silakan cek Postingan INI. Banyak juga yang bilang,

"kok nggak malu sih nyebutin profesi mama yang cuma penjual jamu?"

Gue malah ketawa baca pertanyaan kayak di atas.. Nothing's wrong right? Itu pekerjaan halal.. Nggak munafik, setiap daging yang ada di tubuh gue, dulu juga berasal dari jamu yang beliau gendong keliling panas-ujan.. Terus kalo gue malu ama profesi beliau, kebayang nggak, betapa sedih dan kecewanya beliau kalo ampe tau anaknya malu mengakui ibunya sendiri?

Setidaknya itu pekerjaan yang lebih mulia daripada para pedagang kehormatan negara demi duit.. dengan jalan Korupsi.. Orang-orang macam ini yang harusnya MALU!! So, buat gue pedagang jamu keliling itu pekerjaan yang lebih mulia daripada menjadi pejabat bermobil mewah, tapi hobby ngasih makan keluarganya dengan duit haram.. Yap.. Gak ada berkahnya.. Ujung-ujungnya cuma bakal jadi penyakit.. Nggak heran banyak pejabat yang meninggal karena sakit.. Lha wong darahnya kotor.. hehehe

Tapi ada juga temen yang nyoba becandain nama nyokap gue.. Gue sempet kaget.. Mau marah sih iya.. tapi gue mencoba memahami.. Gue biasa dikenal sebagai komedian. So, gue nggak mau kebawa emosi dan marah2 ke dia.. Mending gue tegur baik2 aja.. Mungkin waktu itu, dia khilaf..


Dan untuk memberi dia sedikit pengertian.. Dan buat temen2 lain, betapa berharganya nyokap gue buat gue, akhirnya gue berniat buat nyeritain sebuah kisah yang sebenernya berat banget buat gue tulis.. Karena itu adalah pengalaman yang "nggak biasa".. Tapi dengan niat Lillahita'ala mau berbagi hal bermanfaat, gue pun mulai nyeritain kisah inspiratif gue yang udah gue alamin bareng nyokap.. Dan SUMPAH DEMI ALLAH.. ini kisah nyata.. nggak ada yang mau gue lebih-lebihkan atau kurangin.. Niat gue cuma berbagi manfaat.. :)

And the story begins..

Yap.. Beliau dulu merintis kariernya sebagai penjual jamu gendong di proyek2 perumahan gitu di daerah tangerang..


Gue sempet ikut ke Jakarta dulu.. cuma nggak betah aja, karena saat mama kerja, gue dikunci di dalem rumah kontrakan.. Akhirnya gue pulang.. ikut eyang ajah..

Selain itu, tiap gue ada pembagian raport, selalu dan selalu diambilin ama tetangga.. Orang tua gue nggak pernah ada.. Padahal gue juga pengen ditemenin di podium tiap dapet juara kelas.. Gue sakit ati donggg..

Yap.. Saat puber tiba, anak mana sih yang nggak mulai aneh2?? Apalagi gue.. gue yang nggak pernah dinasehatin orang tua.. dan bebas ngapain aja tanpa teguran mereka..

Iyap.. Gue sengaja bikin piercing di berbagai bagian tubuh.. dan aneh2 ini cuma pemikiran sesaat remaja labil biar dapet perhatian dari ortu.. jangan ditiru.. gue nyesel kok.. sumpah.. itu nggak ada gunanya.. ngerugiin diri sendiri..

Yeap.. I mean STM.. Gue dulu sekolah di STM.. Karena dulu belom kepikiran bakal bisa kuliah.. karena keluarga gue bukan keluarga mampu.. P.S : it should be "Debt-Collector" #MahasiswaGagal

Hmm.. Soal ini banyak yang nggak percaya loh.. Banyak yang nuduh gue cuma mendramatisir.. Mau buktinya? Jangan ilfeel yah~

Liat 2 foto di atas.. Perhatiin mata kanan gue.. Yap.. Bekas cidera kecelakaan taun 2003 itu pun masih ada sampe sekarang.. Gue nggak malu.. gue bangga.. Tuhan ngasih kenang-kenangan yang bakal selalu bikin gue inget untuk tidak selalu mendongakkan kepala gue waktu ketemu orang.. Menjadi orang yang cacat fisik, lebih baik daripada jadi orang yang cacat moral.. :)

Iya.. itu penebusan dari hal2 yang gue inginkan dari nyokap gue waktu gue kecil.. Yap.. semua kekecewaan dan penasaran akan rasa sayang beliau ke gue itu musnah semua.. Finally I realize that she loves me so much! :)

Gak heran kalo duit segitu banyak abis, karena gue harus mengalami operasi plastik & penataan tulang wajah.. Dan nyokap bertekat dan nekat buat ngumpulin tuh duit dengan segala cara..

Yap dude.. My mom did it! She earned so much money with her own.. :)


Anak macam apa yang nggak remuk hatinya melihat ibunya ditertawakan tetangga karena pakaian beliau yang nggak semewah tetangga2nya di hari raya.. dan waktu itu gue inget banget.. mama masih sempet beliin gue kemeja dan celana jeans baru buat lebaran.. Man!! Gue nyesek banget rasanya liat pengorbanan beliau!!

Mungkin buat orang yang biasanya, mereka nggak mau menaruh harapan lagi pada anak cacat.. bekas pemakai obat-obatan terlarang.. dan hampir nggak punya masa depan ini.. But she still believes me.. She knows that I would be something.. someday.. :)

Semoga "alasan baik" itu adalah untuk membantu membawa nyokap gue menuju hidup yang lebih baik.. dan biar beliau nggak susah-susahan lagi kayak dulu-dulu..




She means a lot to me dude.. Semoga orang2 yang suka menggunakan ibu sebagai bahan ejekan.. Bisa menyadari kesalahannya.. Sebelum semua terlambat.. Gunakan segala organ tubuh titipan Tuhan ini untuk melakukan hal-hal baik, jangan sampe Tuhan berhenti mempercayaimu untuk memakainya lagi..


Yap.. Sebenernya ceritanya panjang banget.. Ada kisah masa2 kecil gue yang nyesek.. Hubungan gue ama bokap tiri.. Kenapa mata gue kudu diplester terus.. dll.. Tunggu aja di Buku baru gue #SKRIPSHIT ! Doain biar bisa jadi buku bermanfaat yak! :)

Oh iya.. Di twitter banyak yang request poto mama gue.. Dengan segala kerendahan hati, gue mau ngasih liat ke kalian, mama gue.. wanita tercantik, terbaik di hati gue.. Mama Atun..

Yap.. gue selalu nempelin poto beliau di binder kesayangan gue.. biar setiap hari gue mau mulai kuliah, gue bisa ngucapin selamat pagi dan biar gue semangat buat belajar.. Di binder itu juga, gue tempelin nasehat beliau yang dulu pernah diucapkan ke gue.. Itu adalah nasehat yang selalu bikin gue giat belajar dari SD..

Sampai hari ini.. Gue belom bisa ngebales apa-apa buat nyokap gue.. Gue kadang heran.. Beliau suka keras kepala.. Setiap gue nyoba ngasih sesuatu tanpa seizin beliau.. beliau bakal marah-marah.. Ini adalah contoh simpelnya.. suatu hari, (maaf bukan bermaksud untuk Riya'/pamer) gue pernah menyisihkan sedikit rezeki gue buat beliau tanpa bilang dulu.. Apakah gue dapet ucapan makasih? Enggak!!


Translate: "Mas, mama tak suka kalo cara mas begini. Pesan mama, jangan diulangi lagi. Kumpulkan uang mas, biar cepat tercapai tujuan mas"

*Speechless*

No more words I could say.. I just.. Love her.. All the things I do, I just wanna make her proud of her choice for giving me the "second life"..

Oke.. kayaknya cukup deh ya.. ngomongin nyokap.. Gue udah nggak kuat lagi guys, buat nyeritain malaikat tanpa sayap ini.. Nggak bakal muat untuk dibahas semua di sini.. it's just.... too much..

Oke.. Postingan kali ini sampe sini aja dulu ya.. terlalu banyak kalo gue cantumin semua cerita2 soal mama2 kalian yang luar biasa.. gue speechless bacanya.. Mungkin lain kali, gue bakal majang tuh cerita2 di sini.. Pas hari ibu mungkin? Juz remind me then!

Yap! Thanks for reading my post.. Gue nggak ada niat buat Riya' atau pamer atas apa yang udah dilakukan nyokap gue.. Gue cuma mau berpesan bahwa ibu itu malaikat tak bersayap.. Dia adalah sosok yang paling sering didengar Tuhan.. Raihlah hati ibumu.. dan jaga sebaik-baiknya.. Niscaya hidupmu pun akan jauh lebih baik.. Semoga postingan ini bermanfaat buat hidup kalian.. Karena nggak ada kebahagiaan yang lebih bisa bikin gue puas, selain bisa menjadi makhluk yang berguna buat orang lain!

Wassalam!! :)

P.S. : Mau berbagi kisah keren soal mama kalian juga?? Share aja di comment box yah!! :D