Kemaren malem gue sempet "nyampah" di timeline twitter nyeritain sejarah pembuatan buku gue.. Sengaja gue cerita di atas jam 12 malem karena gue takut ada pihak yang merasa terganggu ama tweet2 gue.. Tapi gak disangka, alhamdulillah banyak juga yang ngerasa terinspirasi.. Terus, tadi siang banyak yang mention untuk ditulis di blog, biar bisa dibaca ama siapa aja. So, gue bakal ceritain secara lebih mendetail mengenai proses terciptanya buku pertama gue, SHITLICIOUS di sini..

*kuncir rambut*

Jadi, Buku ShitLicious nggak dibuat dalam waktu singkat. Iya, berawal dari minat gue yang bawaannya suka cerita, gue jadi suka nyeritain apapun yang gue alami setiap saat kepada orang2 sekitar. Karena hobby itulah, gue jadi demen buat nulis. Karena apa? karena kalo kita cerita secara lisan, suatu saat orang bisa aja lupa ama apa yang udah kita bicarakan sebelumnya. Tapi kalo kita mau menuliskan cerita kita, orang nggak bakal lupa karena mereka pasti memperhatikan setiap detail tulisan kita. In case, mereka lupa.. ya tinggal buka aja tulisan kita lagi.. Itulah kesaktian sebuah tulisan.. Tulisan itu adalah mesin waktu yang sesungguhnya. Karena tulisan mampu membawa cerita2 masa lalu untuk dipelajari oleh generasi penerus kita di masa depan..

Dari SMP sebenernya gue udah demen nulis, yah.. meskipun saat itu gue cuma punya modal "niat" tanpa "ilmu", sehingga tulisan2 gue jadi random banget. Misal awalnya niat nulis cerpen kisah2 percintaan gitu, tapi endingnya bisa bablas ke cerita soal Kamen Rider.. iya.. random banget..

Menjelang SMU, gue udah mulai tekun bikin cerpen dengan lebih terstrukturisasi. Menggunakan teknik kerangka karangan seperti diajarkan di pelajaran bahasa Indonesia, dan iseng2 gue suka ngirim buat majalah2 remaja gitu..

Terus kenapa bisa gue bikin buku ShitLicious?

Sebenernya bikin buku waktu itu belom jadi target gue sih.. Berawal dari Euforia gue karena akhirnya bisa kuliah di Jogja, gue jadi pengen nulis setiap detail cerita gue selama di Jogja. Soalnya, keluarga gue itu keluarga yang pas-pasan.. Dulu nggak pernah mikir kalo gue bakal sempet dikuliahin. Tapi ketika nyokap ngeliat ketekunan gue buat belajar dan ngeliat progress gue selama sekolah, beliau bilang,

"Kecerdasan kamu itu sangat disayangkan kalo akhirnya kamu cuma jadi pedagang kaki lima kayak anak-anak tetangga nak.."

Iya.. di kampung gue rata-rata anak mudanya cuma lulus SMP atau SMU lalu pergi merantau dan jadi pedagang kaki lima. In case they're lucky enough, mereka bakal kerja jadi kuli pabrik.

Terus gue bilang ke nyokap,

"Iya ma.. Alit janji, kalo mama mau ngasih kesempatan Alit buat kuliah, Alit nggak bakal ngebebanin hidup mama.. Alit bakal berusaha nyari makan sendiri dan nyari biaya sendiri.."

Dan nyokap pun ngasih kepercayaannya.. Iya.. Gue akhirnya kuliah.. Gue seneng banget.. itu lah kenapa gue pengen nulis setiap detail cerita2 gue selama kuliah, biar kelak cerita2 itu bisa jadi satu bukti bahwa gue bisa menikmati setiap detail impian gue yang mampu gue capai agar nanti anak cucu gue pun bisa ngebaca cerita2 itu tanpa perlu gue dongengin secara lisan..

Berawal di semester 1 kuliah gue, gue udah mulai getol buat nulis di Binder cerita2 gue. Kenapa di Binder? soalnya waktu itu gue belom punya PC/Laptop.. selama satu semester gue tulis semua cerita gue sampe 1 binder penuh.. Sampe akhirnya suatu hari, binder gue itu ketinggalan di kelas setelah gue kuliah.. Gue baru inget malemnya.. Pas esok harinya gue cek di kelas, binder gue udah nggak ada.. Itu nyesek banget..

Beberapa hari kemudian, gue ama @ragilrahasto, sohib gue dari jaman OSPEK pergi ke gramedia dan melihat sebuah buku berjudul : "KAMBING JANTAN -catatan pelajar bodoh-".

Gue beli tuh buku dan gue baca.. Dari buku itulah gue mulai tau bahwa ternyata ada Diary Maya bernama BLOG. Dari situ gue juga bisa memetik pelajaran bahwa kalo gue nulis di Diary Maya, gue nggak bakal ngalamin lagi binder ilang di kelas. Sejak saat itulah gue mulai nyeritain semua yang gue alamin di BLOG.

Awal gue ngeblog tuh di Friendster. Kenapa? Karena waktu itu gue masih gaptek. Jaman awal gue kuliah tuh internet masih belom sebooming sekarang. Jadi mungkin cuma orang2 berkelas doank yang bakal ngerti buat make Domain, hosting, blablabla.. Tapi gue sih cuek aja.. gue nggak peduli dimana gue nulis, yang penting tulisan gue bisa dibaca kapan aja dimana aja..

Gara2 gue mulai hobby ngeblog, gue jadi sering ke warnet. Iya.. gue belom punya PC.. Setelah gue pertimbangin dengan matang, gue pun ngejual motor gue satu2nya buat ngerakit PC.. Sehingga setelah motor terjual, praktis gue kuliah dan kerja dengan mengandalkan sepeda BMX..

Selama kurang lebih 2.5 taun gue rutin ngeblog di FS, sebenernya hampir nggak ada progress yang bisa dibanggain loh.. Komen sepi.. misal ada komen pun paling dari temen2 sekelas yang gue paksa baca.. jadi dalam 2.5 taun gue nulis, ada lebih dari 30 post, dan komen yang bisa dihitung pake jari. Iya.. kala itu, baca2 blog (blog walking) masih hal tabu untuk anak2 Jogja.. he he he..

Sampe akhirnya gue niatin buat meng-eksport tulisan2 di blog gue itu buat dijadiin word document. Biar apa? Biar kalo suatu saat Friendster bangkrut, gue tetep nggak kehilangan tulisan2 gue.. Gue simpen deh dokumen cerita2 itu di PC dan gue convert juga jadi PDF..

Sampe suatu hari, ada temen gue dateng ke kost buat ngerjain tugas kelompok. Iseng2 pas buka "My Documents" di PC gue, dia liat PDF yang judulnya "My Jogja Stories". Karena dia penasaran, dia pun buka PDF itu dan menyimak tulisan di sana. Beberapa menit setelah dia baca, mulutnya berbusa, badan menggelinjang, dan Alhamdulillah mengalami stroke ringan. Setelah kejadian itu, dia minta izin ke gue buat ngopy tuh PDF untuk dibawa pulang. Gue kasih deh.. Gue seneng aja kalo ada yang mau ngebaca tulisan gue..

Beberapa minggu setelah temen gue ngopy PDF itu, gue dapet email dari seseorang yang isinya :

"Hai Litt..
Kenalin namaku Devi.. Aku anak UPN angkatan 2004. Aku ngirim email ini cuma untuk bilang terima kasih ke kamu, karena berkat "My Jogja Stories"mu, aku bisa bangkit kalo lagi down pas garap skripsi. Oiyah.. aku dapet PDF itu dari temenmu, si Esa.. Dan syukurlah, sekarang aku udah wisuda.. makasih ya!!^^"

*JLEB!!*

Baca email itu, gue nggak ngerti kudu seneng apa nangis. Di satu sisi, gue ngerasa dihargai karena dia udah baca tulisan2 iseng gue. Di sisi lain, gue ngerasa kalo gue udah dilangkahi dengan dia wisuda duluan.. it's so kampret, you know?

semenjak gue dapet email itu lah, gue jadi pede buat show-off karya gue ke temen2. Gue sadar, kalo dulu tulisan gue nggak dilirik gara2 gue nulis di blog, how if gue ngeprint tuh tulisan dan gue kasih liat ke mereka?

Dan bener aja.. setelah tulisan gue jadi print out, anak2 mau ngebacanya.. Naskah setebal 140an HVS itu udah digilir ama anak2 kampus.. dan udah dicoret2 komentar2 mereka.. Gue seneng banget.. Btw, gue masih nyimpen tuh naskah keramat.. berikut penampakannya..

Kiri, print out pertama.. bekas dipinjem orang sekampus.. Kanan Print out baru. dan udah diedit terus dijilid rapi biar nggak rusak..

ini kondisi print out pertama yang udah dikomenin dan dipipisin temen2 kampus..

Dari komen2 itulah, banyak juga yang ngusulin buat ngajuin tuh Naskah ke Penerbit. Gue malah kaget.. Penerbit?? Buku?? Gue bakal jadi penulis?? That sounds great!!

Berbekal kepercayaan diri itulah, gue akhirnya ngibrit ke gramedia buat nyari alamat2 penerbit di bagian belakang cover novel2 di sana. Dari proses hunting itu, gue dapet beberapa alamat penerbit buku di Indonesia. Tanpa nunggu besok2, gue telponin satu2 penerbit itu dari wartel buat nanya apa aja sih syarat kirim naskah? gimana prosedurnya? blablabla..

Ternyata sebagian besar penerbit meminta pengirim naskah untuk memprint-out naskahnya di kertas HVS untuk kemudian dikirim ke penerbit via post.. Iya.. Gue pun ngeprint naskah gue jadi beberapa jilid untuk gue kirim ke penerbit.. Penerbit pertama yang gue coba adalah Gramedia, Gagas, dan Lingkar Pena (kalo gak salah)..

Dari penerbit itu bilang, bahwa keputusan diterima atau nggak naskah kita, perlu 4 bulan masa evaluasi. So, kalo naskah kita diterima, kita bakal dihubungin. Kalo nggak diterima, kita bakal dikacangin.. Dan kenyataannya.. selama 4 bulan lebih gue nunggu, ternyata gue "DIKACANGIN"..

Gue masih belom nyerah berkat support dari anak2 kampus. Gue pun nyoba ngehubungin penerbit2 lain dan ngirim lagi naskah gue ke mereka. Dan seperti biasa, gue kudu nunggu beberapa bulan.. Dan seperti biasa juga.. gue DIKACANGIN lagi..

Saat itu gue hampir nyerah.. impian buat jadi penulis mulai pudar karena kenyataannya naskah gue ditolak terus.. Terus iseng2 gue buka2 lagi naskah print out yang penuh komentar anak2.. gue senyum2.. Komentar2 positif dan do'a2 luar biasa yang mereka goreskan pake pena, bikin semangat gue berkobar lagi.. Gue pun memberanikan diri buat nyari penerbit lagi..

Seperti proses2 sebelumnya, Gue kudu ngeprint naskah gue dan gue kudu ngirim naskah gue via post.. Iya, gue lakuin hal itu lagi dan nunggu.. nunggu.. dan nunggu.. sampe akhirnya gue sadar bahwa gue udah DIKACANGIN lagi.. Damn! bener2 susah untuk menembus penerbit kalo kita emang belom jadi apa2 ya? Beda kasus lah kalo kita udah punya nama.. misal artis sinetron, presenter, atau blablabla.. mereka ngajuin ke penerbit pasti gampang diterima.. Tapi that's life with its' own rules..

Tapi buat gue, Hidup itu bagai film.. Kita harus menganggap bahwa diri kita ini tokoh utama, dimana memang kita perlu banyak perjuangan demi sebuah happy ending..

Kalo kamu merasa bahwa kamu itu hanya "Figuran" dalam hidup ini, maka jangan menyesal bahwa kamu nggak bakal dapet apa2 dalam ending "film" kehidupan ini..

Setelah percobaan ketiga yang gagal, dan gue hampir nyerah, secara nggak sengaja gue baca sebuah novel teenlit dan melihat alamat penerbitnya. Gue nemu alamat Gradien Mediatama, ternyata di Jogja.. Gue telpon deh.. gue tanya soal prosedur pengiriman naskah. Ternyata di Gradien, prosedurnya lebih simpel.. Gue nggak perlu ngeprint naskahnya.. cukup kirim via email..

Dengan penuh pengharapan dan do'a, beberapa minggu kemudian om Khun, dari gradien nelpon gue dan bilang kalo naskah gue diterima.. Gue nggak bisa ngegambarin perasaan gue sendiri waktu itu. Random banget.. Penulis? gue jadi penulis? IYA GUE JADI PENULIS!!!

Tapi om Khun meminta untuk ngerubah format tulisan gue yang awalnya Pure Copas dari Blog, untuk dicari "benang merah" dari tulisan gue. Benang merah itu artinya Tema buku ini rata2 ngomongin soal apa? Karena hal itulah, akhirnya gue bedah total naskah gue, gue sendiriin postingan2 khusus soal Cinta, kuliah, etc.. dan setelah gue baca2 ulang, gue sadar bahwa rata2 tulisan gue itu membahas soal keapesan gue selama hidup di Jogja.. Lalu terpilih lah judul "SHITLICIOUS", because sometimes, Shit is Delicious.. Hal nggak enak, kadang bisa dinikmati juga dari perspektif yang berbeda.. tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya..

Beberapa bulan setelah proses editing rampung, akhirnya ShitLicious terbit juga.. Gue lega.. karena gue secara resmi udah punya titel "Penulis".. :)

Tapi ujian buat gue belom berhenti.. Beberapa bulan setelah ShitLicious terbit, ternyata tuh buku return dari beberapa Toko Buku. Karena apa? Karena Nggak Laku.. Kok Bisa?? Nggak munafik yah.. Pembaca sekarang jarang yang mau nyoba2 baca buku yang ditulis oleh orang yang sama sekali nggak mereka kenal.. sedangkan gue? waktu itu yang kenal gue cuma anak2 kampus dan tukang tambal ban depan kost..

Karena ShitLicious cuma laku beberapa ribu eksemplar, royalti yang gue dapet pun sangat2 kecil untuk ukuran penulis novel.. Iya.. royalti pertama yang gue terima cuma 2,7 juta.. Nggak percaya? percayalah kawan..

Gue nggak kecewa dengan hal itu.. karena buat gue, "Jadi penulis itu kadang memang pahit kalo orientasi kamu adalah royalti.. tapi jadi penulis itu akan selalu manis kalo orientasi kamu adalah prestasi"

Maksutnya gini.. Buat gue, jadi penulis itu udah sebuah cita2.. kalo toh akhirnya gue bisa bikin buku dengan segala jerih payahnya, namanya gue udah bisa meraih cita2.. itulah yang gue sebut "Prestasi"!

Namun Tuhan akhirnya melirik usaha keras gue selama ini. Entah kesambet apa, gue iseng2 main twitter dan nulis celotehan2 random di sana. Dan kebetulan ada temen gue yang iseng nulis celotehan2 gue di Kaskus. Semenjak saat itu, jumlah follower gue naik drastis.. dan gue mulai dilirik oleh orang.. Karena hal itu juga, orang2 mulai penasaran ama buku gue.. dan mereka pun mencari2 buku gue.. Tapi sayang, karena di sebagian toko buku udah return, mereka nggak bisa nemuin buku gue, kecuali beli dari toko buku online seperti bukabuku.com, bukukita.com, atau kutukutubuku.com..

Alhamdulillah, di 6 bulan kedua masa peredaran buku gue, terjadi peningkatan yang signifikan dalam hal jumlah penjualan. Meski itu via jalan Online.. Dan sekarang, stok ShitLicious di gudang udah abis.. Tapi sayang, penerbit merasa kesulitan juga untuk cetak ulang karena bila toko buku udah me-return sebuah judul buku, mereka nggak mau menerima buku yang sama dari penerbit.. Sehingga ShitLicious nggak cetak ulang.. So, buat kalian yang udah dapet ShitLicious, you're the lucky one.. coz it's limited edition.. Buat yang nggak dapet.. Tunggu karya gue berikutnya ya.. :)

Tapi gue juga udah bersyukur, berkat shitlicious gue mulai dikenal banyak orang. Dari shitlicious gue bisa kenal orang2 luar biasa seperti Bena, Poci, Aan, dan Orang2 hebat lain, termasuk kalian! Dari ShitLicious juga gue jadi serius ngeblog sampe sempet bisa pergi keluar negeri secara gratis. Dan dari shitlicious lah gue jadi punya keluarga dunia maya.. kalian keluarga gue guys.. Gue nggak mau nyebut kalian fans.. Silakan ngefans ama karya2 gue.. tapi tetep anggaplah gue sebagai teman, biar gue nggak takabur akan segala prestasi yang udah gue raih..

So, gue sengaja nulis panjang2 gini, biar kalian juga belajar dari pengalaman orang lain.. Kesuksesan itu nggak seperti indomie yang bisa kalian nikmati dengan proses instant.. Kesuksesan adalah anak dari ketekunan dan kesabaran..

Kalo kalian sedang berjuang, jangan sekali2 kalian ngeliat orang2 yang udah sukses dan enak2an di atas sana.. karena itu bakal bikin kalian makin down.. Kalo kalian merasa hampir nyerah, liatlah ke belakang.. udah berapa jauh kalian jalan, udah berapa banyak support yang dikasih orang2 ke kamu.. dan udah berapa banyak pengorbanan yang udah kalian lakuin.. sehingga kalian bakal nyadar, itu semua nggak boleh diakhiri cuma gara2 sandungan2 kecil..

P.S :
Sore tadi gue terharu banget karena ada pembaca ShitLicious yang dateng jauh2 dari Medan ke Jogja cuma buat ketemu gue. Namanya Upay.. anak Hukum USU.. Gue pengen ketawa pas liat reaksi dia ketemu gue pertama kali.. tangannya gemeteran banget.. Yap.. gue sangat merasa dihargai oleh Upay.. Gue seneng banget ama segala pengorbanan dia.. dan inilah kawan.. Royalti yang tak ternilai harganya sebagai penulis yang bisa kamu nikmati setelah kamu bisa menjalani segala pengorbanan dengan ketekunan dan kegigihan.. :)

@upayaw and Me.. B-)

Oke, itu aja yang bisa gue share ke kalian hari ini. Semoga tulisan panjang gue di atas, bisa bermanfaat ya guys.. :)

Oiyah.. sekarang gue lagi nulis naskah calon Buku baru gue, SKRIPSHIT (Kisah Sesat Mahasiswa Abadi), Doain semua prosesnya lancar ya Guys!

I Love U!!^^