Halo guys,
Apa kabar kalian jumat ini?? gue tau, sebagian dari kalian pasti lagi cengar-cengir di kamar sambil ngeliatin hasil jarahan dari mesjid tadi siang.. Ada Bata, Ardiles, New Era, Yongma, Miyako, dan Alphard.

Gue juga ngerti, sebagian dari kalian lagi nekuk-nekuk muka sendiri gara2 kehilangan benda yang disayang tadi siang.. (baca : SENDAL)

Jadi, bisa disimpulkan bahwa hari jumat itu bisa jadi hari paling menyayat hati bagi sebuah benda yang bernama SENDAL..

So, gara-gara masalah sendal ini, hati gue jadi terketuk untuk bangkit dan melakukan sesuatu. yap! kali ini gue bakal bagi-bagi tips buat kalian.. tips apakah itu?

Tips menulis & menerbitkan buku tepatnya..

Loh?? apa hubungannya ama Sendal lit??

Ga ada.

Yap.. Menulis itu kaya akan manfaat.. entah apapun bentuk tulisan itu.. Tulisan itu lebih canggih dari mesin waktu. Karena tulisan lah yang sudah membawakan secara detail sejarah untuk kita kenang kembali sekarang.. so, gue pengen banget nanemin semangat buat kalian yang pengen banget mulai nulis..

Tapi lit, gue kan udah berumur?? Anak kedua gue udah jadi sarjana 3 kali loh..

So what?? ga ada kata terlambat buat nulis. Sebenernya sih ada satu hal yang bisa membuat kalian dikatakan "terlambat untuk menulis".. itu adalah saat kalian Meninggal.. yap.. orang meninggal ga bakal bisa nulis, kecuali si @poconggg .. yap.. Gue salut ama semangat Mayat labil satu itu.. dia punya semangat tinggi buat nulis, meskipun dia ga punya.... (okeh, kalian tau lah apa benda terlarang itu..)

Firstly, tanamkan dulu dalam hati kalian, kalian mau nulis untuk apa.. yang paling dasar sih.. nulis itu untuk berbagi dengan orang lain.. duluuuu banget jaman gue awal-awal ngeblog, gue punya motivasi nulis itu buat dibaca lagi apa aja petualangan gue selama di jogja, karena kuliah di jogja itu emang impian gue dari jaman masih suka ngupil pake sendok makan.. eh.. belakangan tuh blog malah bisa nangkring di Gramedia dengan title SHITLICIOUS.. he he he

Tapi semua itu ga kebetulan terjadi gitu aja.. Semua perlu proses.. proses itu perlu kesabaran, kegigihan dan eksistensi yang luar biasa.. kalo Tukul bilang, kesuksesan itu perlu "kristalisasi ingus" (baca : UPIL)

Oke, daripada berkepanjangan dan garing, here are some tips that are nice to have for u :

1. Ambil langkah pertama
Untuk membuat sebuah buku, mulai lah bergerak. Jangan mimpi untuk bisa melompat. Langkah sekecil apapun itu lebih baik daripada cuma bermimpi untuk bisa melompat dan mengimbangi orang-orang yang sudah berada di level yang tinggi. Maksudnya gini, ketika kamu udah punya kemauan untuk menulis, maka mulailah menulis. entah apa itu tulisan kamu, puisi kek, cerpen kek, cergam kek. Jalani aja.. itung2 sebagai penjajakan buat kamu sendiri untuk menentukan sebenernya karakter tulisan kamu itu kemana sih.. dimana2 memulai itu emang berat, tapi kalo udah dijalani, rasa berat itu akan ilang pelan2 kok.. Banyak yang nanya,

"Bang, aku punya ide buanyak buat ditulis, tapi bingung gimana nulisnya. Gimana?!"

Jawabannya simple, "Mulai nulis!"

Gak ada ide cerita yang lebih buruk dari ide cerita yang nggak direalisasikan dalam tulisan.

Jam terbang itu ngaruh banget sama gaya tulisan. Dengan sering dan rutinnya kamu nulis, gaya tulisanmu lama-lama bakal ketemu. Gimana enaknya, nyamannya, sehingga pelan-pelan tulisanmu bakal kerasa lebih "hidup". :)

2. Eksistensi dan konsistensi pasti mewujudkan mimpi
Hal yang paling susah dalam proses menulis adalah kemampuan untuk mempertahankan konsistensi. yap! banyak banget penulis2 di luar sana yang udah bikin blog, tapi males banget bikin posting. kadang seminggu sekali, kadang sebulan sekali, bahkan kadang kudu nunggu Cinta Fitri tamat, baru dia mau nulis lagi.

Itu ga baik, sodara2.. motivasilah dirimu sendiri untuk terus menulis. entah sependek apapun itu.. karena, menulis pun membutuhkan jam terbang. saat kamu mulai jarang menulis, dan jam terbangmu mulai menurun, kamu bakal ngerasa kaku buat nulis dan bakal lebih malas lagi buat nulis.. Misal abis mandheg nulis lumayan lama, begitu nyoba mulai nulis lagi, pasti gaya tulisannya bakal berbeda lagi.. Percayalah, eksistensi dan konsistensi pasti akan membuahkan hasil..

3. Berbagi ga pernah rugi
Tiap kali kamu bikin tulisan, ga usah ragu buat minta komentar ke temen/sodara/kak Seto. Hal ini dilakukan dengan harapan biar kamu dapet feedback (komentar) dari mereka. komentar itu penting.. karena itulah satu2nya cermin yang kita miliki untuk melihat hasil karya kita dari sisi lain.. kita ga bakal bisa menilai tulisan kita sendiri. Dalam mencari komentator, carilah orang2 yang mengerti genre tulisan kamu.. jangan sampe kamu nulis soal Geografi, tapi kamu minta komentar ama Dr.Boyke.. yang ada tema tulisan kamu bakal berubah arah jadi "Pemahaman Topografi Payudara Wanita"..

Gabung di Komunitas Blogger bisa jadi salah satu cara agar dapet feedback. Manfaatin notes facebook juga boleh banget. Banyak jalan deh asal mau usaha sih..

4. Invasi ke penerbit
Langkah ini diambil buat kalian yang menargetkan tulisan kalian buat jadi buku.

Bikin buku?? wow.. sapa yang nolak?? Ya, jadi penulis, bikin buku, terkenal.. Tapi yang harus kamu inget saat kamu berkeputusan buat nerbitin buku kamu adalah : Jadi penulis itu kadang pahit saat Orientasi kamu adalah royalti, dan Jadi penulis itu manis saat Orientasi kamu adalah Prestasi.

So, ketika kamu mutusin buat jadi penulis, pliss singkirin jauh2 pemikiran soal seberapa gede Royalti yang akan kamu dapetin ketika buku kamu terbit, karena itu adalah bom waktu yang bakal membunuh ekspektasi dan semangat  nulis kalian suatu saat nanti kalo ternyata buku kamu gak laku.. Jangan pernah mengaca pada penulis2 senior yang udah sukses di atas sana. itu akan membuat kamu lebih lemah.. itu yang bakal bikin kamu jadi cepet nyerah.. karena, kenyataan itu selalu akan lebih kejam dari bayangan kita..

Oke, itu tadi soal pemahaman tentang persiapan diri sebelum jadi penulis buku.. Sekarang beranjak ke bagaimanakah menerbitkan buku?? Simple aja sih, rajin2 mampir ke toko buku (gramedia, Gunung Agung, etc), untuk melihat2 nama penerbit yang ada di sampul2 buku disitu. Sesuaikan genre yang kamu tulis dengan penerbitnya. jangan sampe kamu nulis tulisan gokil, tapi kamu tawarin ke penerbit sekelas Balai Pustaka yang nerbitin buku2 edukatif. Penerbit sekarang biasanya lebih mudah untuk dikontak karena mereka aktif di social media, or at least mereka punya official website buat nyari-nyari info. Jaman kalian ini udah enak.. apa-apa online!

Kalo udah dapet nama2 penerbit, hubungin deh satu2.. via telpon juga gak apa2.. tanyakan syarat2 pengiriman naskah, (jumlah minimum halaman, genre2 yang diterima penerbit itu, cara pengajuan naskah, etc). Dan saat semua syarat bisa kamu penuhin, silahkan bombardir penerbit2 itu dengan naskah kalian!! Muahahaahahaha!!

5. Berdiri.. terinjak..berdiri lagi..terinjak lagi..
Saat naskah udah dikirim ke penerbit, satu2nya hal yang bisa kamu lakuin adalah menunggu. menunggu keputusan antara ditolak atau diterima. dalam tahap ini, lagi2 gue saranin, jangan sampe kalian bayangin soal penulis2 yang udah sukses di atas sana. karena, yang bisa kamu lihat dari situ adalah mereka udah sukses dengan gampang, tanpa kalian tau gimana perjuangan mereka dulu sehingga sampe ke situ.

Kalo kamu cukup beruntung sih, bisa aja pada percobaan pertama, naskah kamu langsung diterima ama penerbit. Tapi keberuntungan itu mahal guys.. Dan ketika naskah kamu ditolak, jangan nyerah dulu.. Kalo naskah ditolak, pasti ada bagian yang harus dibenahi. Penerbit yang baik, bakal ngejelasin bagian-bagian mana aja dari naskah kamu yang menurut mereka kurang layak dan harus dibenahi. Sabar.. Dulu gue butuh 1.5 taun dan beberapa kali ngirim ke penerbit loh sampe SHITLICIOUS terbit.. kebayang kan gimana beratnya? so, jangan bayangin ketika shitlicious udah terbit ajah, tapi pikirin how great the strugle that I had to do.. :3)

Saat naskah kamu ditolak, satu hal yang paling utama harus kamu lakuin adalah merevisi.. karena menulis itu layaknya membuat sebuah patung dari sebongkah batu. Gak ada patung yang langsung jadi dalam sekali pahat.. maka, yakinlah.. saat naskah kamu ditolak, berarti penerbitnya belom cocok ama wujud "patung" kamu.. Asahlah lagi dan lagi sampe bener2 mulus.. pastilah suatu saat ada penerbit "khilaf" yang mau nerima naskah kamu.. :p Writing is a process of rewritingSsSsssss..

6. The last breath
Ini langkah terakhir dalam menerbitkan sebuah buku. dan kita anggap di sini, buku kamu udah terbit. Tapi meskipun begitu, jangan anggap level ini sebagai level dimana kamu mulai bisa duduk ngupil dan bersantai ngemil sekrup crispy sambil menanti royalti.. gak!! justru di level inilah kamu bener2 dituntut untuk berjuang sekuat sisa tenaga kamu. Gue bilang gitu karena memang sangat beralasan. Sekarang kamu logika aja deh, buku kamu terbit, lalu.. apakah orang2 diluar sana mau buang duit mereka buat buku kamu, while they don't know about u at all?

Hah! wake up.. Mentang2 buku kamu terbit, terus kamu mikir bahwa buku kamu pasti laku?? Ga ada kesuksesan yang bisa langsung dicapai tanpa perjuangan.. Lagi2, jangan memandang Penulis yang udah sukses dan mencapai puncak kesuksesan karier mereka. Banyak banget faktor yang mempengaruhi kesuksesan orang.. bisa karena keberuntungan, kecerdasan, dan macem2.. Tapi, gue yakin semua faktor itu bisa dikalahin ama Ketekunan..

So, di level ini kamu kudu bener2 berjuang membuat kamu dikenal ama orang2.. bikin mereka tau siapa kamu, apa buku kamu dan bikin mereka yakin kalo mereka pantas buat buang duit mereka buat beli buku kamu.. Lagian jaman sekarang kan udah enak, banyak social media yang bakal ngebantu kamu membuat jaringan pertemanan yang nantinya, bakal jadi tempat kamu promoin diri kamu sendiri.. Tunjukin ke mereka kalo kamu tuh spesial.. Kalo bisa sih bikin orang-orang kenal lo sejak sebelum lo bikin buku. Ngeksis di blog misal.. Biar orang-orang familiar sama tulisan lo dulu.. Baru deh ditawarin buku.. Hihihihihi! ;)

Dan hal itu sangat menuntut kerja ekstra keras dan konsistensi yang luar biasa..

Yang penting sih.. tetep percaya diri.. kayak kata pepatah sesat : Gak Narsis, Gak Eksis..

Oke, gue kira cukup segitu aja yang bisa gue share buat kamu2 semua di sini.. semua yang gue tulis diatas adalah berdasarkan pengalaman yang udah gue jalanin sendiri..

Buat yang mau tau gimana proses gue berjuang buat jadi penulis dari NOL, bisa cek POSTINGAN INI.

see you next time with the better posts, guys!

Dan inget..

KONSISTENSI DAN EKSISTENSI PASTI MEMBUAHKAN HASIL...