Facebook, Twitter, MySpace, Mig33, YM, etc.. mereka adalah beberapa jenis aplikasi jejaring sosial dan juga messenger yang lagi booming akhir2 ini. Seolah2 sekarang tuh ada motto, “mending gak ibadah daripada gak update status di Facebook” (termasuk saya juga penganut motto tersebut). Emang fakta sih.. anak SD aja sekarang udah gak asing lagi kalo ditanya soal FB. Jadi inget pengalaman gw pas KKN kemaren di daeran Bantul. Btw, ngerti kan Bantul itu mana? Makanya gw ama beberapa temen seangkatan gw diterjunin di sono. Di kegiatan KKN tersebut, kelompok gw ngadain program Bimbel buat anak2 SD ama SMP (sayangnya yang buat SMP gagal dengan indahnya gara2 para siswa SMP tuh na’udzubillah malesnya kalo soal diajakin belajar). Nah, singkat cerita pas hari terakhir BimBel itu, gw ama anak2 laen pada pamitan gitu deh ama murid2 bimbel kita. Pas perpisahan itu, tuh anak2 SD pada minta tanda tangan (wadaw.. kayak artis ajah..), trus minta nomer hape (gw kasih.. wajarlah.. udah era globalisasi, banyak orang punya hape), yang terakhir, tuh bocah2 bau amis pada minta alamat Facebook. Buset dah.. sukses amat nih Mark Zuckerberg mempublikasikan aplikasinya ampe Bantul segala. Dari contoh di atas, kita bisa liat bahwa masyarakat kita sudah maju pesat tingkat pengetahuannya mengenai multimedia. Jaman gw kecil dulu yah, sekampung yang punya computer tuh cuma pak Camat doank.. lurah aja masih make mesin ketik manual yang bunyinya kayak tapal kuda! Nah, kalo sekarang? Hampir semua lapisan masyarakat punya hape, atau setidaknya tau lah computer itu gunanya apa (yang jelas bukan buat goreng telor).

Dengan adanya aplikasi social network yang udah meluas hingga ke daerah2 ini, memang ada dampak baik maupun dampak buruknya. Dampak baiknya, masyarakat kita jadi paham teknologi. Udah jarang lah ada orang gaptek! Orang gw ketemu mbah gw ajah sekarang bukan lagi ditanya “apa kabarmu le?”, tapi ditanya “Statusmu udah berapa yang nge-Like le?”. (itu Cuma contoh sadis ajah.. diragukan kebenarannya. Hehehe..) dampak buruknya? Akhir2 ini marak berita soal penculikan perawan2 desa yang disekap orang selama berhari2 dan akhirnya pulang dengan keadaan “ternoda” to? Kayak kasus yang di Bantul ama Sleman kemaren. Ada cewek yang dapet kenalan di Facebook dan akhirnya diajakin kopdar (kopi darat alias ketemuan), hingga berujung penyekapan tersebut. Modusnya gampang sih! Para KOLOR FACEBOOK (nama buat Kolor Ijo versi multimedia) itu memasang poto menarik (ganteng, bermobil, keliatan berduit) buat mancing korbannya yang notabene adalah perawan desa yang baru kenal FB dan baru bisa bales WALL post orang via box status update sendiri. Dengan iming2 diajakin jalan2 naik mobil keren, cewe mana sih yang ga doyan? Akhirnya tuh cewe mau aja diajakin pergi dengan orang yang baru dia kenal itu. Cerita selanjutnya?? Bisa anda tebak sendiri.. gw gak mau tulisan gw ini pelan2 berubah jadi stensilan porno.
Kalo diruntut lebih lanjut, fenomena social network ini memang berdasar pada kepekaan para kaum kapitalis buat nyediain sesuatu yang menurut mereka tuh bener2 dibutuhin oleh orang2 jaman sekarang. Sadisnya, tanpa kita sadari, kita tuh sebenarnya punya sifat exhibitionist juga. Dalam arti begini, apapun yang kita baru dapetin, maupun rasain, kadang ada dorongan yang besar juga buat nunjukin ke orang lain dengan niat buat berbagi, gak peduli kadang itu emang hal penting, maupun gak penting, pantes dibagi maupun enggak. Berikut adalah beberapa contoh jenis dan contoh update Facebook rata2 masyarakat Indonesia.
Status update yang memang penting dan darurat :
“Kakek gw masuk rumah sakit gara2 salah make Lem Alteco yang notabene dikira obat tetes mata.. minta do’a buat kesembuhan beliau ya kawan2”
Status kayak gitu akan mengundang ratusan atau setidaknya puluhan like maupun komen haru dari para teman di account tersebut. Do’a buat kesembuhan sang kakek pun terlontar dari seluruh penjuru WALL. Bisa dibilang status update kayak di atas masuk dalam kategori “PENTING”.
Ada juga status bodoh, atau sok bodoh, atau masa bodoh, atau emang bener2 BODOH :
“wew.. ternyata bumi itu bulat yah??”
“udah 3 hari boker encer mulu”
“ANTI KAPITALIS!!!” (lha geblek.. nulis anti kapitalis kok di Facebook)
Entah kenapa kok ya ada aja orang yang minat buat bikin status kayak gini.. maksutnya mau tampil beda gitu kah? Keliatan bodoh mah iya..
Selanjutnya adalah status Lebay yang rata2 dibuat oleh ABG maupun tante2 yang masih pengen tetep dianggep ABG dengan segala kerut di bagian tubuhnya :
“Ditinggal ke Lebanon .. jd janda mlm ini !! hufh .. sial !!”
“You mean anything f0r me .. l0ve y0u so much my "dick" .. get ready t0 make a new bullshit with You !! (excited)”
“Hiks.. gw gak sengaja makan kue bolu kesukaan kamu.. gw pantes mati.. PANTES MATIIII!!!!!!!!!! Huwaaaa!!!!!”
Kadang gw juga heran, kenapa ada aja orang yang suka pamer keLEBAYan mereka di depan umum. Apa iya, perasaan pribadi buat seseorang itu harus selalu dituangkan di atas tulisan yang dipublikasikan buat orang banyak? Apa sih tujuannya gitu.. biar keliatan romantis? Bikin orang mules mah iya..
Lanjut.. liat contoh update status orang yang kayak gini :
“4k0h tUcH suX4 b9d 4m4 k4M0 t4Uxz!!” (aku tuh suka banget ama kamu tau!!!)
Kalo dibaca dalam versi gw jadi : “empatKnolH tuch suksa BsembilanD empatMempat KempatMnol tempatUkzzz!!”
Contoh diatas adalah contoh postingan kaum ALAYerz. Apakah anda termasuk dari salah satu kaum ALAYerz? Kalo iya, silahkan gabung di Group ALAYerz di Facebook.. 
Gw prihatin aja dengan keadaan kayak gini. Dimana orang2 sangat antusias dalam memakai hal baru tanpa ngeliat resikonya. Ya contohnya kayak kasus Kolor Facebook itu. Harusnya kita lebih waspada saat menemui orang yang baru kita kenal. Setidaknya kita bawa temen kek, biar kita terhindar dari kasus semacam Kolor Facebook. Kita dididik buat jadi makin dewasa.. bukan makin idiot, kawan2!! JANGAN SEPENUHNYA LANGSUNG PERCAYA AMA ORANG YANG BARU ANDA KENAL DI DUNIA MAYA.. BISA2 ANDA JADI KORBAN KELAMIN MAUPUN KORBAN ATI!! Waspadalah.. waspadalah.. 